Sukses

8 Kelebihan dan Kekurangan Internet, Gunakan dengan Bijak

Liputan6.com, Jakarta Kelebihan dan kekurangan internet bisa dirasakan saat ini. Internet telah mengubah kehidupan di dunia. Dengan internet, segala kebutuhan dan pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah.

Kelebihan dan kekurangan internet memengaruhi hampir sektor kehidupan. Internet dapat diakses hampir di mana saja dan di semua jenis media yang berbeda. Kelebihan dan kekurangan internet membuat orang sulit membayangkan dunia tanpa internet.

Kelebihan dan kekurangan internet juga memengaruhi cara berpikir, menjalankan bisnis, berkomunikasi, dan menghibur diri sendiri. Mengetahui kelebihan dan kekurangan internet bisa membuatmu lebih bijak menggunakannya.

Ada banyak kelebihan dan kekurangan internet yang patut dipertimbangkan. Berikut 8 kelebihan dan kekurangan internet, dirangkum Liputan6. dari berbagai sumber, Selasa (22/9/2020).

2 dari 8 halaman

Kelebihan internet

Akses informasi tak terbatas

Semua informasi yang dibutuhkan manusia kini dapat ditemukan dan dipelajari secara mendetail di internet. Ada jutaan situs web yang didedikasikan untuk semua jenis topik. Kekayaan informasi ini membantu orang untuk lebih memahami hal-hal yang mungkin tidak pernah mereka pikirkan atau pedulikan sebelumnya.

Menjembatani Kesenjangan Budaya

Komunikasi telah menjadi produk sampingan yang luar biasa lainnya dari internet. Semua orang di dunia dapat terhubung satu sama lain hanya dengan internet. Hal ini menghasilkan penerimaan dan pemahaman yang jauh lebih baik tentang budaya yang berbeda di seluruh dunia.

3 dari 8 halaman

Kelebihan internet

Pekerjaan, Bisnis, dan Pemasaran

Sejak internet menyebar, dunia bisnis berubah pesat. Kemampuan untuk menjangkau pasar yang luas, mengumpulkan penelitian berharga tentang pelanggan potensial, dan menjalankan bisnis di negara lain telah menciptakan ledakan bisnis virtual yang bisa dilakukan siapapun.

Orang sekarang juga memiliki kemampuan untuk mencari dan melamar pekerjaan sepenuhnya melalui internet, yang telah membuka pasar kerja dunia bagi banyak orang dengan keterampilan yang berharga untuk ditawarkan.

Hiburan tanpa akhir

Seiring dengan aspek ekonomi dan finansial dari internet, hiburan juga telah berubah karena internet. Film, musik, game, buku, atau perangkat lunak apa pun yang diinginkan bisa diakses dengan mudah di internet. Ini benar-benar mengubah cara orang menghibur diri sendiri.

4 dari 8 halaman

Kelebihan internet

Koneksi baru

Baik itu teman atau pasangan, orang membuat koneksi baru dengan orang yang mungkin belum pernah mereka temui sebelumnya. Ini memperluas pandangan akses untuk bertemu dan bergaul dengan orang baru.

Media Pendidikan

Kelebihan internet juga dapat dirasakan dalam dunia pendidikan, hal ini dibuktikan dengan banyaknya situs-situs yang menyediakan fitur pembelajaran secara online. Dengan begitu kegiatan pendidikan dapat berjalan tanpa perlu melakukan tatap muka langsung.

5 dari 8 halaman

Kelebihan internet

Media Pertukaran Data

Beberapa layanan internet dapat digunakan untuk melakukan pertukaran data dengan mudah dan cepat. Dengan bantuan teknologi GPS, internet juga dapat membantu memetakan dan mengarahkan orang ke hampir setiap tempat di dunia. Mesin pencari juga membantu seseorang memperoleh data yang mereka butuhkan.

Perbankan, Tagihan, dan Belanja

Internet menyediakan akses mudah untuk berbagai kegiatan transaksi. Internet menyediakan akses ke rekening bank untuk melihat saldo, melakukan transaksi, dan mengirim uang. Belanja online adalah kelebihan internet. Internet juga menyediakan akses mudah untuk membandingkan harga antar perusahaan, dan bahkan melihat pendapat orang lain tentang suatu produk melalui ulasan online.

6 dari 8 halaman

Kekurangan internet

Tempat berkembang biak bagi aktivitas ilegal

Kekurangan internet yang cukup besar adalah banyaknya aktivitas ilegal dan berbahaya. Pertukaran data ilegal misalnya, bisa memberikan wawasan tentang perampokan, serangan teroris, penculikan, dan banyak jenis kejahatan lainnya. Kejahatan lain yang meningkat karena internet adalah pembajakan. Dengan internet, orang yang tidak bertanggung jawab bisa mengunduh atau mendistribusikan materi seperti film atau musik, tanpa persetujuan dari pemiliknya.

Kerentanan informasi pribadi

Aktivitas kejahatan siber bisa meningkatkan pencurian data. Segala sesuatu yang Anda cari atau masukkan ke internet sepenuhnya dapat dilacak. Banyak informasi yang penting juga dimasukkan secara sukarela ke dunia maya, seperti informasi bank dan nomor jaminan sosial. Peretas dapat dengan mudah mengakses informasi ini dan melakukan penipuan serta pencurian identitas.

7 dari 8 halaman

Kekurangan internet

Dampak pada anak

Tidak ada cara untuk benar-benar memverifikasi usia di internet. Ini menjadi perhatian besar karena ada banyak konten yang tidak boleh diakses oleh anak-anak. Materi pornografi adalah yang paling menonjol, dan anak-anak dapat dengan mudah mengaksesnya. Selain menemukan materi yang tidak pantas secara online, anak-anak juga menghadapi risiko besar karena kemudahan berkomunikasi dengan orang lain.

Perjudian

Kekurangan internet yang tidak bisa dihindari, dengan kemudahan dalam berinteraksi dan berkomunikasi, dunia perjudian juga semakin meluas.

8 dari 8 halaman

Kekurangan internet

Kecanduan

Sekarang ini banyak sekali media sosial, gim daring serta media hiburan yang tersedia di internet. Seseorang bisa sampai lupa waktu menikmati layanan internet utamanya yang berhubungan dengan hiburan dan gim.

Kesehatan

Karena kecanduan internet, orang akan lebih sering melihat smartphone sehingga radiasi dari layar dapat berbahaya bagi kesehatan mata.

Berkurangnya Sosialisasi

Banyak orang sekarang ini lebih suka berhubungan dengan menggunakan internet dari pada bertemu secara langsung. Dari adanya perubahan sifat sosial tersebut mengakibatkan berubahnya pola berinteraksi di kalangan masyarakat.

Kekerasan atau gore

Violence and Gore ialah kekejaman dan juga kesadisan yang ditampilkan hanya untuk mencari keuntungan tanpa memikirkan dampak dari tersebarnya informasi.

 

Nah, itu tadi kelebihan dan kekurangan internet di masa sekarang ini. Pastikan Anda selalu mendampingi anak ketika sedang menggunakan media sosial.