Sukses

6 Tanda Tanaman Kelebihan Air, Bisa Bikin Akar Rusak

Liputan6.com, Jakarta Tanda tanaman kelebihan air bisa dilihat dari fisiknya. Kamu akan melihat beberapa tanda pada tanah, daun, hingga pada batang. Kondisi ini dapat membuat tanaman yang kamu tanam rusak dan tidak bisa tumbuh sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, kamu harus mengenali cara merawat tanaman sesuai dengan jenisnya. Hal ini disebabkan karena setiap tanaman memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda, sehingga diperlukan penyiraman yang tepat agar tanaman tidak rusak. 

Tanda tanaman kelebihan air bisa dilihat dari perubahan yang terjadi pada tanah, daun, hingga batang. Penyiraman pada tanaman harus dalam komposisisi yang pas, tidak kurang dan tidak lebih. Apalagi, akar tanaman membutuhkan keseimbangan air dan oksigen untuk tumbuh subur. Saat ada terlalu banyak air, akar tanaman pada dasarnya akan tenggelam.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/9/2020) tentang tanda tanaman kelebihan air.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Tanda Tanaman Kelebihan Air

Tanah Basah

Tanda tanaman kelebihan air yang pertama tentunya adalah tanah basah. Jika tanah masih terasa lembap dari sesi penyiraman sebelumnya, bisa jadi tanah terlalu jenuh dengan air. Kamu bisa mengenalinya dengan mengecek kondisi tanah satu inci di bawah permukaan.

Hal ini biasanya sering terjadi jika kamu menggunakan pot yang tidak ada lubang drainasenya. Adanya lubang drainase pada pot tanaman yang kamu gunakan dapat mencegah kelembapan berlebih pada tanaman.

Selain itu, tanah yang berwarna hijau adalah tanda adanya ganggang yang tumbuh karena kelebihan air. Kalu mendapati kondisi ini, kamu harus membeli tanah baru.

Daun Layu

Selain tanah yang basah, tanda tanaman kelebihan air selanjutnya adalah daunnya layu. Daun layu dan lunak merupakan salah satu tanda kamu terlalu banyak menyiram air. Selain itu, jika tanaman kekurangan air, tanda pada daun yang bisa kamu kenali adalah daun layu dan cenderung kering.

 

3 dari 4 halaman

Tanda Tanaman Kelebihan Air

Akar Busuk

Dalam mengenali tanda tanaman kelebihan air, kamu harus memperhatikan akar tanaman. Jika akar tampak busuk, terlihat gelap, dan lembek saat disentuh, berarti tanaman terlalu banyak air. Terlalu banyak air membuat asupan oksigen ke akar berkurang.

Tanah tanaman juga bisa mengeluarkan bau asam, karena bakteri penyuka air terbentuk di sekitar akar. Kamu bisa mengenali tanda tanaman kelebihan air ini dengan melihat hama di skitar tanaman. Hal ini karena hama menyukai tanah yang lembap.

Bintik Coklat pada Daun

Tanda tanaman kelebihan air selanjutnya adalah adanya bintik cokelat pada daun. Jika daun menyerap terlalu banyak air sel-selnya akan menjadi jenuh dan pecah, menyebabkan terbentuknya bintik-bintik coklat.

Namun, bintik-bintik berwarna gelap pada daun juga bisa menjadi tanda tanaman terlalu kekurangan air. Untuk membedakannya, tanaman yang sepanjang tepi daunnya menjadi berwarna cokelat biasanya menandakan tanaman kekurangan air, sementara bercak di tengah daun merupakan tanda tanaman kelebihan air atau terlalu sering disiram.

4 dari 4 halaman

Tanda Tanaman Kelebihan Air

Batang Lembut dan Licin

Batnag yang lembut dan licin juga bisa menjadi salah satu tanda tanaman kelebihan air.Hal ini terutama pada tanaman alocasia. Kondisi ini terjadi karena tanaman mengambil terlalu banyak kelembapan, sehingga mulai mengembang dan kehilangan kekencangan.

Muncul Jamur

Muncul jamur juga merupakan tanda tanaman kelebihan air. Tumbuhnya jamur pada tanaman dan tanah juga dapat menjadi pertanda tanaman terlalu sering disiram. Hal ini karena jamur menyenangi tempat yang lembap, contohnya seperti tanaman hias yang terlalu sering disiram.

Itulah beberapa tanda tanaman kelebihan air atau terlalu sering disiram. Kamu harus memperhatikan berapa banyak dan seberapa sering harus menyiram tanaman agar tanaman tetap tumbuh dengan sehat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.