Sukses

7 Cara Merawat Bulu Kucing Agar Tidak Rontok

Liputan6.com, Jakarta Tips merawat bulu kucing agar tidak rontok harus diperhatikan setiap pencinta kucing. Tentunya kamu tidak ingin melihat kucingmu kotor dan bulunya berantakan tidak karuan. Apalagi, jika bulu-bulu tersebut rontok dan bertebaran di rumah.

Oleh karena itu, cara merawat bulu kucing penting untuk kamu terapkan pada peliharaanmu tersebut. Memperhatikan makanan, kebersihan tubuhnya, dan memperhatikan kebersihan lingkungannya sangat penting dilakukan. Selain itu, menghindari kucing dari stres juga penting dilakukan agar bulu tidak rontok.

Tips merawat bulu kucing agar tidak rontok harus diterapkan secara teratur. Kamu mungkin pernah mendapati bulu kucingmu mudah rontok dan menempel di mana-mana. Bulu kucing juga bisa tumbuh tipis dan jarang karena perawatan yang tidak diperhatikan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/9/2020) tentang tips merawat bulu kucing.

2 dari 4 halaman

Tips Merawat Bulu Kucing Agar Tidak Rontok

Perhatikan Makanan Kucing

Tips merawat bulu kucing agar tidak rontok yang pertama adalah dengan memperhatikan makanan. Kesehatan kucing tergantung pada makanan yang dikonsumsinya. Bulu kucing terutama terdiri dari protein. Jadi, kebutuhan kucing akan protein sangat besar.

Makanan kucing yang baik adalah makanan yang jumlah karbohidrat, protein, dan lemaknya seimbang. Ini diperlukan untuk menjaga bulu yang lebih sehat dan lebih tebal.

Kamu bisa memberi kucing makanan basah dan makanan kering dan mengombinasikannya setiap hari. Kombinasi ini penting untuk memaksimalkan keseimbangan cairan pada kucing. Cairan yang seimbang dapat mencegah kering pada kulit kucing yang memicu kerontokan.

Jangan Biarkan Kucing Stres

Hewan juga bisa merasa cemas dan stres. Kucing yang stres, tekanan darahnya bisa naik, membuat nutrisi yang dikirim ke seluruh tubuh melambat. Hal ini juga dapat memengaruhi kesehatan bulu dan kulit kucing.

Jadi tips merawat bulu kucing yang kedua adalah menghindarkannya dari stres. Satu hal yang dapat kamu lakukan adalah memberinya banyak perhatian. Berikan perawatan yang cukup dan gizi yang seimbang.

3 dari 4 halaman

Tips Merawat Bulu Kucing Agar Tidak Rontok

Menyisir Bulu Secara Rutin

Tips merawat bulu kucing agar tidak rontok tentunya tidak akan jauh-jauh dari memperhatikan kebersihan tubuhnya. Salah satunya adalah menyisir bulu kucing secara rutin. Sering menyisir bulu bisa memisahkan bulu yang rontok dari tubuh kucing.

Bulu yang rontok, jika tetap menempel pada kucing bisa menghambat pertumbuhan bulu lainnya. Ini karena bulu yang rontok bisa menutupi permukaan kulit di mana bulu baru akan tumbuh. Bulu yang tidak disisir juga bisa menggumpal bersama kotoran lainnya.

Mandikan Kucing

Selain menyikat dan menyisir, kamu bisa memandikan kucing untuk menghilangkan sisa bulu yang rontok dan serpihan kulit mati. Kamu dapat memandikan kucing sebulan sekali. Tips merawat bulu kucing ini harus dilakukan dengan saksama.

Memandikan kucing harus dilakukan dalam jumlah sedang karena mereka memiliki minyak esensial yang bisa hilang jika sering dimandikan. Gunakan sampo yang dibuat khusus untuk kucing, dengan komposisi yang tidak berbahaya bagi kulit dan bulunya.

Jaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kucing sangat penting sebagai tips merawat bulu kucing. Agar kucing memiliki bulu lebat, pastikan untuk menjaga kebersihan tempat tinggalnya. Rumah atau kandang yang kotor bisa menjadi sarang parasit yang bisa merusak bulu kucing. Pastikan kucing merasa nyaman berada dikandang atau lingkungan sekitarnya.

4 dari 4 halaman

Tips Merawat Bulu Kucing Agar Tidak Rontok

Berikan Cukup Sinar Matahari

Tips merawat bulu kucing selanjutnya adalah dengan memberikannya cukup sinar matahari. Sinar matahari bisa menguatkan bulu dan menghilangkan jamur, bakteri, atau parasit yang bisa menempel pada bulu kucing. Kamu bisa membiarkan kucing berjemur di pagi hari paling tidak selama 10 menit.

Jaga Suhu Ruangan

Kucing memiliki mekanisme sendiri untuk menjaga panas tubuh dan terletak di bulu. Kucing memiliki suhu normal di antara 37 hingga 38 derajat celcius. Suhu di atas itu akan membuat kucing merontokkan bulunya untuk menjaga panas tubuh. Jadi pastikan untuk kucing tidak kepanasan setiap harinya.

Itulah beberapa tips merawat bulu kucing agar tidak rontok. Selalu jaga kesehatan dan kebersihan hewan peliharaanmu agar kamu tetap bisa bermain setiap hari dengannya.

Untuk memastikan bulu kucing selalu sehat, hal penting yang perlu diperhatikan asupan makanannya. Terlebih jika kucing termasuk masih kecil dan dalam masa pertumbuhan. Salah satu makanan yang bisa kamu berikan untuk kucing kesayangan adalah Muezza. Ada beberapa alasan kenapa harus memberikan Muezza untuk kucing kamu. Mulai dari kandungan nutrisi seimbang, dibuat dari bahan alami, dan punya 4 varian rasa favorit kucing.

Selain itu, Muezza merupakan makanan yang tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand, sehingga bisa membuat pemilik merasa lebih tenang dan nyaman. Makanan kucing Muezza bukan hanya memperkuat tulang dan gigi saja, tapi juga mencukupi kebutuhan nutrisi lengkap dan seimbang.

Untuk informasi lebih lengkapnya kamu bisa kunjungi Instagram @muezza.feed atau langsung melakukan pemesanan Muezza Cat Food di Shopee dan Muezza Feed di Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia