Sukses

6 Potret Terbaru Kota Wuhan Usai Hadapi Covid-19, Gelar Festival hingga Masuk Sekolah

Warga kota Wuhan kembali bangkit dan menjalani kehidupan normal usai diteror pandemi Corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Sejak virus pandemi Corona Covid-19 mulai meluas ke beberapa negara di dunia, Kota Wuhan, China sebagai lokasi pertama ditemukannya kasus tersebut sempat menjadi kota mati. Selama 76 hari, Kota Wuhan menghadapi situasi sulit akibat Covid-19 yang menelan ratusan ribu jiwa. Setidaknya ada 11 juta warga Wuhan terisolasi akibat kebijakan lockdown. 

Kini kota yang berada di provinsi Hubei ini mulai menunjukkan kegiatan mereka. Sebelumnya pada Maret 2020, pihak berwenang China menghentikan seluruh aktivitas penerbangan internasional karena menyebarnya COVID-19 secara global. Namun kini menurut laporan media nasional China, CCTV News, sebuah penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai Korea Selatan, T'way telah mendarat di Bandara Internasional Tianhe, Wuhan pada 16 September 2020.

Selain itu hampir 1,4 juta siswa melanjutkan kelas di sekitar 2.800 taman kanak-kanak, sekolah dasar dan sekolah menengah di seluruh kota. Pembukaan kembali sekolah menengah dilakukan sejak Mei 2020 lalu. Hal itu juga berlaku bagi kampus yang telah membuka semester baru pada September 2020.

Tak hanya kegiatan tersebut, Wuhan bahkan telah menggelar berbagai kegiatan hiburan serta festival. Beberapa waktu lalu beredar foto ribuan warga Wuhan memadati sebuah acara festival musik tanpa mengindahkan protokol kesehatan kembali yang digelar hingga akhir Agustus 2020. Selain itu, Wuhan juga baru saja menggelar festival besar yakni Wuhan Beer Festival  2020.

Usai dihantam pandemi Corona Covid-19 dan mengklaim tak ada lagi ditemukannya kasus baru, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 6 potret terbaru Kota Wuhan yang mulai ramai, Rabu (23/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Ribuan siswa SMA di Wuhan mengikuti pembukaan semester baru pada 1 September 2020 lalu. Sekitar 1,4 juta siswa kembali masuk sekolah.

3 dari 7 halaman

2. Sempat buat heboh, ribuan warga Wuhan menonton acara musik di sebuah taman air atau water park pada 15 Agustus 2020 lalu.

4 dari 7 halaman

3. Festival musik lainnya digelar pada 4 Agustus 2020 tampak disambut antusias usai pencabutan kebijakan karantina, dihadiri ribuan penonton.

5 dari 7 halaman

4. Tak hanya acara musik, masyarakat juga baru saja menggelar Wuhan Beer Festival 2020. Acara ini diharapkan sebagai bentuk stimulasi ekonomi.

6 dari 7 halaman

5. Dalam acara tersebut terlihat ribuan pengunjung memadati lokasi festival meski beberapa tampak tak menggunakan masker.

7 dari 7 halaman

6. Selain itu, pemerintah China juga mulai membuka bandara internasional termasuk Beijing dan Shanghai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.