Sukses

Tips Mencuci Handuk dan Waktu yang Tepat untuk Menggantinya

Banyak orang belum tahu cara mencuci handuk dan waktu menggantinya yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Tips mencuci handuk perlu benar-benar diperhatikan setiap orang. Banyak orang tidak sadar betapa pentingnya mencuci dan menjaga kebersihan handuk setiap kamu menggunakannya. Padahal, handuk digunakan setiap hari setelah mandi.

Tips mencuci handuk sesuai dengan waktunya, dan menggantinya pada saat yang tepat perlu kamu terapkan. Hal ini mungkin sering kali dianggap sepale banyak orang, namun jika tidak rutin dibersihkan atau tidak diganti setelah beberapa waktu, handuk yang kotor dapat menimbulkan penyakit.

Handuk bisa menjadi sumber kuman yang tentunya berbahaya bagi tubuh. Bahkan, handuk merupakan salah satu media yang disukai bakteri, jamur, dan mikroba lainnya utnuk berkembang biak. Menjaga kebersihan handuk mandi yang bersentuhan langsung dengan kulit menjadi sangat penting.

Selain itu, kamu juga tidak boleh menggunakan handuk bersama-sama dengan orang lain, untuk menghindari kuman berpindah anatar penggunanya. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/9/2020) tentang tips mencuci handuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Waktu yang Tepat untuk Mengganti Handuk

Menurut pakar waktu yang tepat untuk mencuci handuk adalah setelah tiga-empat hari pemakaian. Seperti Liputan6.com kutip dari KlikDokter, Philip Tierno, seorang ahli mikrobiologi dan patologi dari New York University School of Medicine mengatakan handuk sebaiknya digunakan maksimal 3 kali. Itupun dengan catatan kamu bisa mengeringkannya dengan baik. Hal ini karena handuk yang lembap, basah, dan tidak kering sempurna akan menjadi media yang baik untuk pertumbuhan kuman dan jamur.

Anjuran ini menjadi tidak berlaku apabila handuk yang digunakan sudah berbau. Aroma tak sedap biasanya berasal dari pertumbuhan mikroba pada handuk yang kotor tersebut. Jika kondisinya demikian, handuk harus segera dicuci menggunakan detergen.

Sedangkan handuk tangan, yang biasanya digunakan untuk mengelap tangan yang basah setelah mencuci tangan, sebaiknya dicuci lebih sering, yakni setiap 2-3 hari sekali. Namun, jika handuk digunakan bersama-sama, sebaiknya cuci setiap hari. Ini dikarenakan frekuensi penggunaannya yang lebih sering dibandingkan handuk mandi.

Aturan mengganti handuk mandi berbeda untuk handuk yang digunakan saat berolahraga di pusat kebugaran atau gym. Kamu sebaiknya segera mengganti handuk mandi tiap kali pakai. Demikian juga dengan handuk yang kamu gunakan ketika sakit, handuk mandi yang dipakai tamu di rumah, atau handuk yang sudah terjatuh di lantai, tidak boleh digunakan lagi dan harus segera dicuci.

Untuk menekan pertumbuhan jamur, biasakan untuk menjemur handuk sesudah dipakai. Bukan menumpuknya begitu saja karena membuat handuk lembap lebih lama seperti dikatakan pakar kesehatan dari New York, Keri Petersen.

Bila kamu biasa menjemur handuk di dalam kamar mandi dengan ventilasi udara terbatas usahakan agar pintunya dibuka. Aliran udara yang masuk mengurangi kelembapan di area basah ini.

3 dari 3 halaman

Tips Mencuci Handuk

Tips mencuci handuk mandi harus dilakukan hingga bersih dari kotoran dan kuman. Berikut tips mencuci handuk yang perlu diperhatikan:

- Saat mencuci handuk baiknya terpisah alias tidak dicampur dengan item yang lain. Telebih jangan dicuci bersamaan dengan pakaian atau lap yang terkontaminasi bakteri. Seperti liputan6.com kutip dari Medical Daily, pakar kebersihan, Lisa Ackerly, meyakini bila mencuci bersamaan akan membuat bakteri berpindah.

- Handuk mandi serta jenis pakaian yang langsung bersentuhan dengan kulit seharusnya dicuci dengan suhu tinggi dan menggunakan produk deterjen pencerah pakaian (oxygen bleach) yang aman. Jika memiliki kulit sensitif, kamu bisa menggunakan produk pencuci pakaian yang berbahan lembut dan terlabel "hypoallergenic".

- Handuk mandi yang dipakai bersama atau digunakan oleh orang yang mengalami infeksi, handuk mandi yang digunakan setelah olahraga, digunakan saat memasak, ataupun yang sudah kotor oleh cairan tubuh seperti urine, muntah atau tinja, sangat berisiko menyebarkan kuman. Oleh karena itu, handuk mandi yang berisiko tinggi ini disarankan untuk dicuci menggunakan suhu air 60 derajat Celcius dengan deterjen bubuk dan bahan pemutih (bleach).

- Setelah selesai mencuci handuk mandi, jemur di tempat yang kering atau terkena sinar matahari langsung, untuk membantu membunuh kuman.

- Hindari meninggalkan cucian atau handuk mandi yang sudah dicuci terlalu lama di mesin cuci, karena dapat menyebabkan berkembangnya kuman. Segera jemur atau pindahkan ke mesin pengering setelah proses pencucian selesai. Kemudian, pastikan untuk membersihkan permukaan handuk atau pakaian dari apa pun sebelum menyetrika dan melipatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.