Sukses

18 Manfaat Teh Hijau yang Baik untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Teh hijau memang sejak lama dikenal sebagai jenis teh yang memiliki berbagai manfaat. Teh hijau sendiri sudah terbukti akan mengandung berbagai zat antioksidan seperti enzim, asam amino, dan polifenol yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Selain itu, teh hijau juga memiliki kandungan vitamin B, folat, mangan, potassium, magnesium, dan kafein. Maka dari itu dengan mengonsumsi teh hijau secara teratur dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan Anda.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum informasi dari berbagai sumber mengenai apa saja manfaat teh hijau yang bisa didapatkan oleh tubuh dari sisi kesehatan, Rabu (23/9/2020).

2 dari 8 halaman

Manfaat Teh Hijau yang Pertama

1. Mencegah penuaan dini

Manfaat Teh Hijau yang pertama yaitu dapat mencegah penuaan dini. Hal tersebut karena teh hijau memiliki kandungan polifenol yang dapat mencegah radikal bebas penyebab penuaan dini.

2. Meredakan stres

Salah satu tumbuhan dari spesies Camellia sinensis ini memiliki kandungan theanin yang dapat memberi efek menenangkan. Padahal, stres juga dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit kronis.

Untuk mendapatkan manfaat teh hijau untuk meredakan stres tersebut, maka Anda bisa seduh teh hijau pada suhu 70-75 derajat Celsius. Kemudian tambahkan madu atau lemon agar penyerapan cathecin semakin optimal.

3. Menjaga kesehatan mata

Kesehatan mata yang menurun biasanya disebabkan oleh glukoma. Dengan kandungan antioksidan pada teh hijau dapat memberi perlindungan terhadap gangguan penglihatan. Itulah mengapa sangat baik untuk mengonsumsi teh hijau secara teratur agar kesehatan mata selalu terjaga.

3 dari 8 halaman

Manfaat Teh Hijau Selanjutnya

4. Menyehatkan jantung

Teh hijau memiliki kandungan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Itulah mengapa dengan mengonsumsi teh hijau dengan rutin maka dapat membantu menyehatkan jantung. 

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Salah satu jenis gangguan tidur yaitu insomnia, dapat menyerang semua orang. Padahal, kekurangan tidur dapat memicu berbagai macam penyakit seperti serangan jantung, gangguan pencernaan bahkan berat badan tidak ideal. Dengan kandungan catechin pada teh hijau, maka akan membantu untuk membuat tidur menjadi lebih lelap. Sehingga tubuh dapat istirahat secara optimal.

6. Menjaga kesehatan kulit

Berdasarkan penelitian dari Medical College of Georgia, manfaat teh hijau dapat membantu mengeluarkan racun dari kulit, menyamarkan noda, membuat kulit kenyal, hingga mengurangi inflamasi atau peradangan.

4 dari 8 halaman

Manfaat Teh Hijau yang Tidak Kalah Penting

7. Meredakan lingkaran mata hitam

Adanya lingkaran hitam di sekitar mata dapat menjadi pengganggu penampilan. Biasanya lingkaran hitam karena kurang tidur, mata Lelah, bahkan menjadi tanda penuaan. Dengan konsumsi teh hijau akan membantu samarkan lingkaran hitam pada mata. Hal ini karena kandungan antioksidan dan thanin yang ada di dalam teh hijau tersebut. Zat alami ini juga berguna untuk menghilangkan garis halus yang ada di sekitar mata.

8. Menurunkan risiko kanker

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat teh hijau tersebut untuk menurunkan risiko kanker. Sebab, kanker dapat timbul karena kerusakan oksidatif dan daapt menjadi penyebab kanker payudara, kanker usus, hingga kanker prostat. Itulah mengapa dengan konsumsi teh hijau secara teratur akan menurunkan risiko kanker yang dapat mengancam nyawa.

9. Menurunkan risiko diabetes

Teh hijau berguna untuk meningkatkan kinerja insulin dan mengurangi kadar gula dalam darah. Hal ini akan sangat berguna bagi penderita diabetes. Maka dari itu, bagi Anda yang merupakan keturunan dari penderita diabetes, ada baiknya untuk mengonsumsi teh hijau secara teratur.

5 dari 8 halaman

Manfaat Teh Hijau Bagi Tubuh

10. Meningkatkan fungsi otak

Teh hijau mengandung kafein yang berguna memblokir neurotransmitter penghambat atau sering disebut dengan Adenosine. Sebab, ketika proses ini berlangsung terjadi peningkatan dopamine dan norepinefrin yang akan membuat seseorang lebih fokus serta meningkatkan fungsi otak. 

11. Mengobati jerawat

Teh hijau juga kaya akan zat anti inflamasi, antiseptik, serta antibakteri. Hal ini berguna untuk mengempeskan jerawat dan mencegah peradangan. Dengan rajin konsumsi mengonsumsi teh hijau juga akan membantu mengurangi produksi minyak berlebihan pada wajah yang menjadi penyebab jerawat. 

12. Mencegah rambut rontok

Berdasara penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Korea dari National University College of Medicine, menemukan adanya epigallocatechin-3 gallat yang berguna untuk meningkatkan kekuatan dan kesuburan rambut. Bahkan kandungan panthenol dalam teh hijau juga dijadikan bahan campuran dalam serum dan sampo rambut.

6 dari 8 halaman

Manfaat Teh Hijau yang Banyak Diketahui

13. Turunkan kolesterol

Polifenol yang ada di teh hijau dapat menghalangi kolesterol diserap usus dan aka menyingkirkan kolesterol tersebut. Selain itu, kandungan antioksidan dalam teh hijau juga efektif mencegah penyempitan pembuluh darah. Agar hasilnya semakin maksimal, imbangi juga dengan pola makan yang teratur. 

14. Menurunkan berat badan

Manfaat teh hijau ini mungkin tidak perlu diragukan lagi. Sebab teh hijau sudah sangat terkenal berguna untuk menurunkan berat badan dengan cara membakar lemak serta meningkatkan metabolisme tubuh. Tentunya, agar hasil dari penurunan berat badan semakin optimal dan cepat, Anda harus mengimbanginya dengan olahraga teratur dan juga pola makan yang sehat. 

15. Mengecilkan pori-pori kulit

Terkadandg, pori-pori kulit yang terlalu besar sering membuat kurang percaya diri. Dengan menggunakan teh hijau, maka pori-pori pada kulit dapat mengecil. Anda cukup merebus teh hijau dan campur sedikit clay mask dengan tekstur padat. Gunakan sebagai masker dan tunggu hingga kering. Lalu, bilas dengan air hangat hingga bersih.

7 dari 8 halaman

Manfaat Teh Hijau yang Terakhir

16. Melindungi kulit dari paparan sinar UVA/UVB

Teh hijau dapat menangkal paparan sinar UVA/UVB yang menjadi penyebab penuaan dini, flek hitam hingga kerutan. Untuk memanfaatkan teh hijau, cukup dengan mengonsumsi secara rutin tiap hari, atau dijadikan masker wajah sebelum aktivitas.

17. Angkat sel kulit mati

Sangat wajar apabila terdapat sel kulit mati pada wajah, namun perlu dilakukan tindakan eksfoliasi dua kali seminggu. Teh hijau dapat dijadikan bahan eksfoliasi yang bermanfaat untuk kencangkan kulit dan membuat kulit lebih bersinar. Cara penggunaannya dengan mencampur teh hijau dan oatmeal kemudian beri sedikit air. Lalu simpan di kulkas dan gunakan sebagai scrub wajah.

18. Hilangkan komedo

Lalu, manfaat teh hijau yang terakhir adalah menghilangkan komedo membandel. Sebab adanya komedo ini dapat mengganggu penampilan. Cara menghilangkan komedo dengan teh hijau cukup mudah, yaitu dengan menggosok ampas teh hijau pada area hidung hingga komedo hilang. lakukan car aini dengan rutin agar hasilnya semakin maksimal.

8 dari 8 halaman

Cara menyeduh teh hijau

 

Ada banyak cara menyeduh teh hijau yang biasa dilakukan. Namun, secara umum berikut cara menyeduh teh hijau untuk mendapatkan hasil maksimal. 

- Didihkan secangkir air sampai mendidih dan kemudian biarkan dingin selama satu menit.

- Tambahkan satu sendok teh daun teh hijau dan biarkan selama 2-3 menit.

- Saring dan nikmati secangkir teh hijau.

- Dapat juga ditambahkan madu.