Sukses

9 Cara Mengecilkan File PDF dengan Mudah di HP dan Laptop

Liputan6.com, Jakarta Cara mengecilkan file PDF online bisa dilakukan di laptop maupun di HP. Cukup dengan menyiapkan file PDF yang ingin dikecilkan, lalu membuka situs yang dapat memperkecil ukuran PDF, kamu sudah bisa mendapatkan file PDF yang lebih ringan.

Dokumen dengan format PDF biasanya diperlukan dalam mendaftar kerja di sebuah perusahaan atau instansi pemerintahan. Banyak perusahaan yang meminta format PDF dengan ukuran yang ringan sekitar 100-300 Kb, sehingga kamu harus mengecilkan ukuran file PDF yang biasanya mencapai 1 MB terlebih dahulu.

Cara mengecilkan file PDF ini bisa dilakukan secara online dan offline. Berbagai situs yang menyediakan fitur memperkecil ukuran file PDF ini bisa kamu pakai dengan mudah. Bahkan, dalam menggunakannya kamu tidak perlu membayar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/9/2020) tentang cara mengecilkan file PDF.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan File PDF

Menggunakan PDF Compressor

Cara mengecilkan file PDF yang pertama yaitu menggunakan website PDFCompressor. Kamu dapat masuk ke situs pdfcompressor.com, kemudian klik Unggah File dan pilih dokumen yang akan kamu kompres, atau drag and drop dokumen yang dipilih langsung ke browser seperti penerapan di situs lainnya.

Setelah itu, kamu cukup menunggu beberapa saat sampai proses kompres selesai. Terakhir, tinggal unduh file yang sudah dikompres ke laptop atau smartphone. Pada cara mengecilkan ukuran file PDF dengan PDF Compressor, hasilnya dapat langsung kamu share ke jaringan sosial atau dikirimkan melalui email. 

Menggunakan iLovePDF

Cara mengecilkan file PDF selanjutnya adalah dengan membuka situs iLovePDF atau ilovepdf.com. Setelah situs terbuka, kamu tinggal klik ‘Pilih file PDF’ yang berada di tengah layar untuk memilih dokumen atau file yang ingin diperkecil ukurannya. Kamu juga bisa langsung drag and drop file PDF ke tampilan situs sebagai cara mengecilkan ukuran PDF. Nantinya, tampilan selanjutnya tetap akan sama.

Situs iLovePDF memberikan tiga opsi agar hasil dan ukuran sesuai dengan keinginan yakni kompresi ekstrem untuk kualitas rendah, kompresi yang disarankan untuk kualitas bagus, dan kompresi rendah untuk kualitas tinggi.

Setelah kamu memilih opsi yang diperlukan, klik Kompres PDF. Kemudian setelah selesai proses kompres, file PDF dapat diunduh secara otomatis ke komputer atau smartphone.

3 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan File PDF

Menggunakan SmallPDF

Cara mengecilkan ukuran file PDF selanjutnya adalah dengan membuka situs SmallPDF atau smallpdf.com. Setelah masuk ke website SmallPDF, klik Choose File yang ada di tengah layar untuk memilih dokumen yang ingin kamu kecilkan ukurannya. Seperti cara mengecilkan ukuran file PDF pada iLovePDF, kamu juga bisa langsung drag and drop file PDF ke tampilan browser.

Setelah itu kamu tinggal menunggu proses unggah dan kompres selesai. Setelah proses kompres selesai, kamu akan diperlihatkan informasi tentang berapa persen dari dokumen asli yang telah dikompres dan ukuran baru file tersebut.

Kemudian kamu bisa mengunduh file langsung ke komputer atau smartphone atau bisa juga mengeditnya lebih lanjut hingga menghasilkan ukuran yang diinginkan.

Menggunakan SodaPDF

Situs web SodaPDF atau sodapdf.com juga bisa menjadi salah satu cara mengecilkan ukuran file PDF. Caranya juga tidak sulit, pertama pilih file yang ingin dikompres dengan klik Choose File yang ada di tengah layar.

Kamu juga dapat memilih file yang ada di Google Drive dan Dropbox. Sama seperti ilovepdf, situs ini menghadirkan layanan untuk mengompres PDF sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Kamu akan ditawarkan 3 opsi kualitas kompresi, yang pertama yaitu low quality untuk hasil ukuran paling kecil, good quality untuk hasil ukuran menengah, dan high quality untuk kompresi paling minimal dan ukuran paling besar.

Tidak hanya bisa digunakan secara online, SodaPDF ini tersedia juga dalam aplikasi, sehingga ketika kamu tidak terkoneksi dengan internet, kamu masih bisa mengecilkan file PDF.

4 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan File PDF

FreePDFConvert

Selain situs di atas, membuat cara mengecilkan ukuran PDF menjadi terlihat mudah. Situs ini tampilannya sangat sederhana, ringan dan ramah pengguna. File PDF yang ingin Anda kompres bisa langsung diunggah atau melalui cloud storage google drive dan dropbox.

Langkah pertama, Anda bisa menuju ke halaman https://www.freepdfconvert.com/id/kompres-pdf. Lalu klik pilihan tombol ‘Pilih File PDF’. Selanjutnya tunggu hingga proses unggah dan kompresi selesai sebelum mengunduh file yang diinginkan.

CleverPDFClever

PDF dikenalkan pada tahun 2017 dan salah satu situs yang cukup baru di bidang penyediaan jasa kompresi PDF. Tampilan situs ini sangat sederhana dengan kombinasi warna dasar putih dan biru. Situs ini menyediakan fitus unggah melalui Google Drive atau DropBox. Ada tiga pilihan kompresi pada situs ini, yaitu minimal, rendah, sedang, maksimal, dan custom.

Cara menggunakan situs ini untuk mengecilkan PDF sangat mudah, yaitu dengan membuka halaman https://www.cleverpdf.com/id/compress-pdf. Selanjutnya klik ‘Pilih File’ dan tunggu hingga proses mengunggah dan pengecilan ukuran selesai.

HiPDF

Cara mengecilkan ukuran PDF juga bisa menggunakan situs HiPDF. Situs ini memiliki banyak pilihan pengunggahan file. Selain langsung diunggah dari PC, situs ini juga mendukung file yang berasal dari Google Drive, Dropbox, Box, dan One Drive. Situs ini cukup berat bagi beberapa PC atau ponsel. Terutama di saat melakukan pengunggahan file.

Untuk melakukan proses pengecilan file dari situs ini, Anda bisa menuju ke https://www.hipdf.com/id/compress-pdf. Lalu klik ‘Pilih File’ dan tunggu proses unggah selesai. Ada tiga pilihan hasil file yang ditawarakan, yaitu kompresi tinggi kualitas rendah, kompresi bagus kualitas bagus, dan kompresi rendah kualitas tinggi.

5 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan File PDF

Menggunakan Microsoft Word

Selain cara mengecilkan ukuran file PDF secara online, kamu juga bisa menerapaknnya secara offline. Bahkan, kamu hanya perlu menggunakan Microsoft Word 2013. Cara ini tentunya akan sangat memudahkan, karena hampir semua laptop atau PC memiliki Microsoft Word.

Cara mengecilkan ukuran file PDF di Microsoft Word 2013 pun tidak sulit, pertama buka MS Word, kemudian Pilih File-Open dan cari file PDF yang ingin kmau kompres. Ketika kamu membuka file PDF di Office, maka secara otomatis akan dijadikan format dokumen word terlebih dahulu. Jika ada pop up pemberitahuan, klik Ok untuk melanjutkannya.

Setelah dokumen terbuka, Save As file tersebut kembali menjadi PDF, dengan cara pilih File-Save As atau CTRL+S. Selanjutnya pilih Save as type: PDF dan Optimize for: Minimum size (publishing online), kemudian klik Save untuk menyimpan.

Adobe Acrobat Pro

Cara mengecilkan file PDF selanjutnya bisa menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat Pro. Aplikasi ini merupakan aplikasi online ringan di PC yang bisa kamu gunakan untuk memperkecil ukuran file PDF.

Caranya juga cukup mudah, Buka aplikasi Adobe Acrobat XI ProPilih menu “File”, lalu pilih file yang ingin dikompres. Selanjutnya, klik “Save As Other”, lalu klik “Reduced Size PDF”. Kemudian, jika muncul pemberitahuan, klik “Ok”. File PDF sudah dikompres, kemudian save file.

Itulah beberapa cara mengecilkan ukuran file PDF yang bisa kamu terapkan baik secara online maupun offline.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.