Sukses

9 Makanan Khas Sidoarjo Jawa Timur yang Enak dan Bikin Ketagihan

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Sidoarjo Jawa Timur identik dengan sajian aneka daging dan hewan pesisir. Racikan bumbu khasnya, membuat kamu akan puas dengan berbagai sajian yang unik. Kamu bisa menikmati kuliner Sidoarjo yang buka pada siang hari maupun kuliner malam.

Selain makan makanan berat, kamu juga bisa menikmati sajian ringan Sidoarjo yang tidak kalah enak. Bahkan, beberapa makanan khas Sidoarjo juga bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang saat berlibur.

Makanan khas Sidoarjo Jawa Timur disajikan dengan racikan bumbu yang khas, yang tentunya akan membuat kamu ketagihan mencicipinya. Berbagai sajian khas Jawa Timur seperti rawon juga bisa kamu temui, tentunya dengan racikan yang khas Sidoarjo.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/9/2020) tentang makanan khas Sidoarjo Jawa Timur.

2 dari 5 halaman

Makanan Khas Sidoarjo Jawa Timur

Rawon

Seperti yang telah banyak diketahui, sajian kuliner khas Jawa Timur adalah rawon. Di setiap sudut kota di Jawa Timur punya sajian rawon dengan masing-masing ciri khasnya. Begitu juga dengan rawon di Sidoarjo.

Rawon sebagai makanan khas Sidoarjo Jawa Timur ini berbeda dengan yang lainnya. Rawon disajikan dengan potongan daging yang ukurannya besar dan tentunya empuk. Ditemani dengan menu sampingan seperti tempe, sambal tauge, dan telur asin membuat rawonnya semakin nikmat.

Bila kamu penasaran dan tertarik mencoba sajian rawon dari Sidoarjo ini, kamu bisa datang ke Jalan Gajah Mada, Pekauman, Sidoarjo saat malam hari. Rawon Gajah Mada ini merupakan salah satu kuliner malam yang sangat diminati di Sidoarjo.

Lontong Kupang

Selain rawon, makanan khas Sidoarjo Jawa Timur yang harus banget kamu cobain adalah Lontong Kupang. Makanan ini merupakan sajian khas pesisir Jawa Timur. Maka tak heran, kalau makanan ini sangat disukai oleh semua orang di Sidoarjo.

Kupang merupakan sejenis kerang atau tiram. Namun kupang memiliki ukuran jauh lebih kecil daripada kerang atau tiram. Kupang biasanya hidup di pesisir pantai yang berlumpur.

Dalam satu porsi sajian Lontong Kupang terdapat kupang, lontong, kremes, dan sedikit kuah yang dicampur dengan petis serta bawang putih goreng. Apabila kamu berkunjung ke Sidoarjo, salah satu tempat untuk menikmati Lontong Kupang yang sudah terkenal adalah Lontong Kupang Pak Misari. Kupang di sini sangat digemari karena punya tekstur kupang yang kenyal, rasa petis yang nikmat, dan kuah gurih yang menyegarkan.

3 dari 5 halaman

Makanan Khas Sidoarjo Jawa Timur

Bandeng Presto

Makanan khas Sidoarja Jawa Timur berikutnya adalah bandeng presto. Bandeng presto merupakan makanan yang terbuat dari ikan bandeng yang dimasak dengan cara menggunakan panci presto. Fungsi dari presto sendiri ini untuk melunakkan duri-duri bandeng.

Sidoarjo merupakan penghasil ikan bandeng sehingga banyak olahan ikan yang dibuat dari bandeng, salah satunya adalah bandeng presto. Bandeng presto Sidoarjo memiliki cita rasa khas yang membuatnya digemari banyak orang.

Selain aroma dan rasanya yang menggugah selera, kamu pun tidak perlu repot-repot menghilangkan duri-durinya yang banyak karena sudah dimasak dengan presto. Kamu bebas memakan duri-duri tersebut karena sudah sangat lunak dan aman.

Bandeng Asap

Bandeng asap merupakan salah satu makanan khas Sidoarjo Jawa Timur yang sering menjadi oleh-oleh para wisatawan. Makanan ini menjadi salah satu komoditi utama produk olahan perikanan di Kota Sidoarjo.

Bandeng asap ini dibuat dengan cara dimatangkan melalui proses pengasapan. Setelah diasap dan dipilah, bandeng asap ini dijual dalam kemasan boks dan biasanya ditambah saus sebagai tambahannya agar lebih mantap saat dinikmati. Karena proses pengasapannya, maka makanan ini bisa bertahan dalam waktu yang lama untuk dijadikan oleh-oleh.

4 dari 5 halaman

Makanan Khas Sidoarjo Jawa Timur

Petis

Makanan khas Sidoarjo Jawa Timur selanjutnya adalah petis. Petis merupakan masakan yang terbuat dari cairan sisa perebusan ikan. Lalu cairan tersebut dipanasi hingga cairan kuah menjadi kental seperti saus yang lebih padat. Kemudian petis ditambah dengan gula merah atau gula batok yang menyebabkan warnanya menjadi cokelat pekat cenderung hitam dan rasanya manis.

Meskipun banyak daerah yang menghasilkan petis, masakan satu ini dikenal sebagai masakan khas dari Kota Sidoarjo. Petis paling enak digunakan untuk tambahan lontong kupang dan aneka gorengan.

Telur Asin

Telur asin merupakan makanan yang dapat dimakan langsung dan dapat dipadukan dengan makanan yang lain sebagai tambahan, seperti nasi rawon atau soto ayam. Telur asin terbuat dari telur bebek yang diolah dengan cara pengasinan dan diawetkan dengan memberi garam dan batu bata yang banyak kemudian direndam selama 10-14 hari agar rasa asinnya masuk ke dalam telur. 

Kota Sidoarjo juga merupakan salah satu penghasil telur asin, tepatnya di Desa Kebonsari Kecamatan Candi. Warga Kebonsari bahkan membuat telur asin menjadi beberapa rasa seperti rasa udang, rasa kepiting, dan rasa bawang. 

5 dari 5 halaman

Makanan Khas Sidoarjo Jawa Timur

Kerupuk Udang

Indonesia memiliki beberapa daerah sebagai penghasil kerupuk udang yang enak dan berkualitas, salah satunya adalah Kota Sidoarjo. Banyaknya produksi kerupuk udang di kota ini tak terlepas dari Sidoarjo sebagai penghasil udang. Rasa dari kerupuk udang Sidoarjo ini sangat enak, manis gurih, dan sangat cocok untuk camilan saat menonton TV atau teman saat makan.

Makanan khas Sidoarjo Jawa Timur ini merupakan makanan yang berbahan dasar adonan tepung tapioka dan udang yang sudah ditumbuk halus kemudian diberi bumbu dan penambah rasa. Kemudian adonan tersebut dikukus sampai matang lalu diiris tipis-tipis. Irisan tipis-tipis tersebut lalu dijemur hingga kering di bawah terik matahari selama kurang lebih 2 sampai 3 hari. Irisan kerupuk yang sudah kering pun siap untuk digoreng kapan pun.

Kue Lumpur Bakar

Makanan khas Sidoarjo Jawa Timur berikutnya bernama kue lumpur bakar. Kue dengan isi yang sangat lembut dan lembek, saat digigit memberikan kamu rasa yang sangat nikmat. Kue ini dibuat dengan proses dibakar sehingga dinamakan dengan kue lumpur bakar.

Ada dua rasa dari kue lumpur bakar, yaitu rasa original dan rasa kelapa. Walaupun hanya ada memiliki dua varian rasa, kamu tidak akan menyesal mencoba kue khas Sidoarjo yang menggugah selera ini.

Wader Kriyuk

Wader kriuk merupakan salah satu makanan khas Sidoarjo Jawa Timur yang sangat populer dan bisa dijadikan buah tangan oleh wisatawan. Hal ini tak terlepas dari banyaknya ikan wader di Sidoarjo. Makanan yang gurih dan sangat renyah ini umumnya disantap dengan sambal atau hanya dijadikan sebagai camilan saja.