Sukses

Iklan adalah Bentuk Promosi dalam Pemasaran, Kenali Jenis-Jenisnya

Iklan bisa ditemui di mana saja tanpa disadari.

Liputan6.com, Jakarta Iklan adalah bentuk promosi yang bisa ditemukan di mana saja. Dalam pemasaran iklan adalah alat penting untuk mempromosikan sebuah produk. Dunia periklanan kini makin berkembang pesat dengan beragam strateginya.

Iklan selalu ada, meskipun orang mungkin tidak menyadarinya. Di dunia yang sekarang ini, periklanan menggunakan setiap media yang memungkinkan untuk menyampaikan pesannya. Iklan adalah bagian yang tak terlepaskan dalam pemasaran.

Iklan adalah aktivitas pemasaran yang tergolong sangat tua. Iklan sudah ada sejak zama Yunani Kuno. Kini ada banyak jenis dan bentuk iklan yang digunakan sebagai alat promosi.

Iklan adalah metode yang dijamin untuk menjangkau audiens. Tujuan utama iklan adalah memperkenalkan produk dan mengajak audiensnya untuk menggunakan produk tersebut. Iklan adalah metode promosi yang terus berkembang.

Berikut ulasan mengenai iklan, pengertian, fungsi, dan jenis-jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(23/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian iklan

Iklan adalah kegiatan promosi yang bertujuan untuk menjual produk atau jasa kepada khalayak sasaran. Iklan adalah salah satu bentuk pemasaran tertua yang mencoba memengaruhi tindakan audiens targetnya untuk membeli, menjual, atau melakukan sesuatu yang spesifik.

Tujuan iklan adalah untuk memperkenalkan, mengingatkan dan memengaruhi publik agar mau membeli barang dan jasa yang di tawarkan perusahaan. Tanpa usaha promosi melalui iklan, perusahaan tidak dapat secara maksimal memperkenalkan, mengingatkan dan memengaruhi publik untuk membeli barang atau jasanya.

Iklan berbeda dari jenis pemasaran lain karena berbayar. Dengan iklan, pembuat iklan memiliki kendali penuh atas konten dan pesan yang ingin disampaikan.

3 dari 6 halaman

Fungsi iklan dalam pemasaran

Mempromosikan produk

Membuat iklan produk adalah langkah pertama yang penting dalam siklus hidup produk. Iklan berfungsi sebagai pengantar produk untuk para calon konsumennya. Iklan juga bisa menjadi cara yang bagus untuk memperkenalkan nama perusahaan atau merk ke audiens.

Memberi informasi

Iklan membuat konsumen sadar akan merek atau produk baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat produk, serta memfasilitasi penciptaan citra merek yang positif. Iklan juga memfasilitasi pengenalan produk baru.

Membujuk audiens

Salah satu ciri iklan adalah adanya pesan persuasif. Tujuan utama iklan adalah membujuk pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan.

Pengingat

Iklan menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen. Iklan yang efektif juga meningkatkan konsumen terhadap merek yang sudah ada dan pembelian sebuah merek yang mungkin tidak akan dipilihnya.

4 dari 6 halaman

Fungsi iklan dalam pemasaran

Penambahan nilai

Iklan memberi nilai tambah yang berupa inovasi, penyempurnaan kualitas atau mengubah persepsi konsumen. Periklanan yang efektif menyebabkan merek dipandang sebagai lebih elegan, lebih bergaya, lebih bergengsi dan bisa lebih unggul dari tawaran pesaing.

Pendampingan

Pada saat lain periklanan adalah pendamping yang memfasilitasi upaya-upaya lain dari perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran.

Kompetisi

Periklanan memungkinkan seseorang mengadu bisnisnya dengan pesaing di panggung publik. Bagaimana ia dan pesaingnya bereaksi sangat penting karena hal itu membentuk pasar.

5 dari 6 halaman

Jenis-jenis iklan: iklan tradisional

Sejak internet masuk dalam kehidupan, periklanan telah dibagi menjadi dua bidang: periklanan tradisional dan periklanan digital. Berikut contoh iklan tradisional:

Iklan cetak

Iklan cetak adalah iklan yang ada pada media cetak seperti majalah, surat kabar, poster, atau selebaran. Hingga kini iklan cetak masih jadi cara yang efektif untuk memperkenalkan sebuah produk atau jasa.

Baliho

Baliho banyak ditemukan menjulang tinggi di kota-kota di seluruh dunia. Baliho atau papan reklame dapat menjadi iklan produk statis atau bergerak untuk hampir semua hal.

Iklan Televisi

Iklan televisi adalah cara paling populer untuk menampilkan produk kepada orang-orang selama lebih dari 50 tahun. Daya tariknya hanya sedikit menurun sejak pemasaran digital dan seluler mulai populer. Namun, jenis iklan ini masih tetap efektif sebagai media promosi.

Iklan Radio

Iklan radio, meskipun hanya audio, tanpa gambar untuk dipasangkan, masih sangat efektif. Ada dua audiens yang berbeda: audiens yang lebih tua dan mereka yang mendengarkan radio selama perjalanan kerja mereka. Membuat iklan yang pendek dan langsung ke intinya akan membuat pendengar tetap tertarik.

 

6 dari 6 halaman

Jenis-jenis iklan: iklan digital

Iklan Media Sosial

Platform Media Sosial semakin populer dan menjadi media periklanan yang sangat efektif saat ini. Menempatkan iklan promosi di situs yang disukai ini sangat bagus karena Anda dapat menargetkan demografi lebih dekat daripada sebelumnya. Dengan iklan media sosial, pengiklan bisa memilih kelompok usia, minat, lokasi, dan banyak lagi hanya dengan beberapa klik.

Iklan Penelusuran dan Tampilan

Iklan melalui mesin pencari juga menjadi jenis iklan yang sangat efektif pada masa saat ini. Jenis iklan ini memanfaatkan penggunaan iklan pencarian dan tampilan yang disesuaikan dengan pencarian kata kunci. Bentuk iklan promosi ini sangat bagus untuk penargetan ulang dan pemasaran ulang kepada orang-orang yang pernah mengunjungi situs web pengiklan.

Periklanan Seluler

Penggunaan seluler telah berkembang sepuluh kali lipat dalam waktu yang singkat. Iklan yang memprioritaskan seluler dapat mencakup iklan SMS, iklan aplikasi, dan iklan situs web yang ditujukan untuk pengguna seluler.

Pop-up

Menggunakan popup yang menyertakan iklan juga menjadi iklan digital yang menjanjikan. Pop-up yang memberikan kode diskon atau tautan ke produk persis yang dicari calon konsumen dapat membuat perbedaan besar bagi pelanggan potensial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.