Sukses

7 Cara Meredakan Sakit Gigi pada Anak, Kenali Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Cara meredakan sakit gigi pada anak sering kali membuat orang tua khawatir. Hal ini disebabkan karena anak bisa mengalami berbagai gejala seperti, gigi terasa nyeri dan berdenyut, gusi di sekitar gigi bengkak, hingga demam atau sakit kepala. 

Apalagi, pemberian obat sakit gigi pada anak-anak tidak boleh sembarangan. Penanganan sakit gigi pada anak membutuhkan perhatian khusus. Tentunya kamu tidak mau anak mengeluh kesakitan sepanjang hari karena gigi yang bermasalah.

Cara meredakan sakit gigi pada anak bisa menggunakan beberapa bahan alami. Namun, hal ini hanya hanya bersifat sementara untuk meredakan rasa sakit gigi anak. Kamu tetap harus memeriksakan gigi anak pada dokter agar lebih aman. Apalagi bila sakit gigi tidak kunjung reda setelah melakukan langkah-langkah meredakannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/9/2020) tentang cara meredakan sakit gigi pada anak.

2 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Gigi pada Anak

Penyebab sakit gigi pada anak dan orang dewasa sebenarnya tidak jauh berbeda, yaitu kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut, hingga pola makan yang kurang baik, seperti kurang asupan serat. Sakit gigi sering kali terjadi pada anak yang suka makan makanan manis atau berkadar gula tinggi.

Selain itu, penyebab sakit gigi pada anak juga bisa dipengaruhi oleh kondisi kesehatan tertentu. Namun, penyebab sakit gigi pada anak satu ini tidak begitu serign terjadi jika dibandingkan dengan masalah kerusakan gigi yang diakibatkan oleh makanan.

Tumbuh Gigi Baru

Penyebab sakit gigi pada anak juga bisa dipengaruhi oleh tumbuhnya gigi baru untuk menggantikan gigi susu. Hal ini terkadang membuat gusi sobek atau tanggalnya gigi terlalu lama.

Gigi Berlubang 

Terlalu sering mengonsumsi permen, cokelat, dan makanan manis lainnya dapat membuat gigi anak berlubang. Jika tidak dilakukan perawatan, lama kelamaan kerusakan gigi akan semakin dalam sehingga mencapai lapisan dentin gigi dan menimbulkan rasa sakit jika terkena makanan.

Gigi berlubang, terutama pada gigi geraham, sering menjadi tempat terselipnya makanan. Hal ini menjadi salah satu penyebab sakit gigi pada anak. Gigi berlubang juga dapat disebabkan karena gigi yang kurang bersih.

3 dari 4 halaman

Cara Meredakan Sakit Gigi pada Anak

Cari Gigi yang Menjadi Sumber Rasa Sakit

Cara meredakan sakit gigi pada anak yang pertama adalah mencari sumber rasa sakitnya. Kamu harus mencari bagian gusi yang bengkak, kemerahan, gigi yang berubah warna menjadi lebih gelap, atau gigi yang patah.

Bila kamu telah menemukan gigi yang goyang, berubah warna atau patah, maka kemungkinan itu adalah penyebabnya. Jika kamu menemukan gigi berlubang yang berisi sisa makanan, maka sebaiknya ajak anak untuk menyikat gigi tersebut sampai bersih.

Tapi jika tidak menemukan gigi yang bermasalah, maka mulailah memperhatikan hal lainnya. Bisa saja anak tergigit lidahnya, luka di bagian dalam pipinya, sariawan pada gusi, lidah, atau bagian dalam bibir.

Kumur dengan Air Garam Hangat

Salah satu cara meredakan sakit gigi pada anak yang sudah cukup dikenal adalah kumur dengan air garam hangat. Caranya mudah saja, anak hanya perlu berkumur selama 30 detik dengan air garam hangat, dan boleh diulang sesering mungkin hingga sakit gigi terasa reda.

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu membersihkan area gigi yang sakit, membunuh kuman jahat di dalam mulut yang berada di sekitar gigi yang infeksi, serta mempercepat penyembuhan sakit gigi. Walaupun begitu, efeknya hanya bersifat sementara saja.

Kompres Air Dingin

Kompres air dingin juga bisa dilakukan sebagai cara meredakan sakit gigi pada anak. Caranya dengan menempelkan kompres dingin di bagian luar pipi dekat dengan gigi yang sakit selama 15 menit, lalu istirahat 20 menit dan seterusnya. Bila tidak punya kompres es, maka kamu bisa membalutkan beberapa es batu dengan handuk kecil.

4 dari 4 halaman

Cara Meredakan Sakit Gigi pada Anak

Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh memiliki kandungan yang dapat menimbulkan efek mati rasa pada gigi dan gusi yang sedang sakit. Cara meredakan sakit gigi pada anak satu ini juga cukup mudah. Kamu bisa menuangkan sedikit minyak cengkeh ke kapas, lalu tempelkan atau selipkan di bagian gigi yang sakit. Minyak cengkeh bertindak sebagai bius lokal sehingga sakit gigi dapat mereda dan kemudian hilang.

Bawang Putih

Bawang putih juga bisa digunakan sebagai cara meredakan sakit gigi pada anak. Hal ini karena bawang putih memiliki kandungan saripati yang dapat meredakan sakit gigi. Cup dengan menggeprek bawang putih, lalu letakkan pada gigi yang sedang sakit. Kemudian, tinggal menunggu sampai rasa sakit reda.

Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis yang tinggi mampu dipakai sebagai cara meredakan sakit gigi pada anak. Caranya menggunakannya juga mudah, cukup potong-potong jeruk nipis menjadi potongan kecil, lalu letakkan tepat pada bagian gigi yang sakit. Biarkan selama beberapa menit, kemudian ganti jika masih diperlukan.

Minum Obat Antinyeri Khusus untuk Anak

Cara meredakan sakit gigi pada anak tentunya juga bisa menggunakan obat antinyeri khusus anak. Hal ini dapat kamu lakukan jika rasa sakit gigi pada anak tidak hilang selama 24 jam. Namun, kamu juga harus segera periksakan ke dokter gigi.

Meminum obat-obatan pereda nyeri hanya boleh dilakukan sementara saja sampai kamu bisa mengantarkan anak untuk diperiksa ke dokter gigi. Hal ini karena tanpa perawatan gigi yang tepat, maka sakit gigi dapat kambuh kembali, bahkan dengan rasa sakit yang jauh lebih kuat.