Sukses

Cara Ganti Password Gmail saat Lupa, Lewat HP dan Laptop

Liputan6.com, Jakarta Cara ganti password Gmail kadang dibutuhkan oleh beberapa orang. Hal ini biasanya terjadi saat kamu sudah lama tidak membuka Gmail dan memang jarang menggunakannya. Apalagi jika kamu memiliki password yang sangat rumit dan tidak menyimpannya. 

Jika kamu lupa dengan password Gmail, mengganti kata sandi akun email Google ini tidak begitu sulit. Setelah menggantinya, pastikan password Gmail baru kamu memiliki keamanan yang cukup dengan menrapkan tips yang tepat.

Cara ganti password Gmail tidak begitu sulit, asalkan kamu memenuhi syaratnya. Terkadang, kamu perlu mengganti password Gmail secara berkala agar akunmu tidak mudah dibobol orang lain. Syaratnya hanya dengan mengakses Gmail dengan memasukkan alamat email dan password sebelumnya. Jadi, kamu tidak perlu panik jika lupa password Gmail.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/9/2020) tentang cara ganti password Gmail.

2 dari 6 halaman

Cara Ganti Password Gmail dengan Akses Laman Google

Cara ganti password Gmail yang lupa pertama adalah dengan mengakses laman Google, sebagai berikut:

1. Masuk ke laman browser accounts.google.com.

2. Setelah itu, apabila kamu lupa kata sandi, maka bisa memilih tulisan lupa password atau kata sandi yang terletak di bawah kolom login atau kolom password.

3. Kemudian masukkan alamat Gmail yang biasa kamu gunakan ke akun Google.

4. Kemudian klik tombol berikutnya dan masukkan kembali password lama yang pernah digunakan. Kata sandi lama di sini maksudnya adalah apabila kamu pernah mengganti kata sandi Gmail sebelum lupa dengan password baru.

5. Selanjutnya ikuti proses yang diberikan oleh Google sampai selesai.

Mengikuti semua prosedur dilakukan untuk verifikasi bahwa kamu memang benar pemilik akun tersebut atau bukan. Oleh karena itu, kamu tetap harus mengisi yang benar dan jangan asal mengisi saja. Langkah ini pun dilakukan untuk memudahkan proses selanjutnya.

Setelah selesai namun tetap tidak berhasil melakukan cara ganti password Gmail ini, masuk lagi kea kun yang kamu miliki. Kamu akan diberikan beberapa pertanyaan serta pemulihan alamat email, dan juga nomor handphone pemulihan.

3 dari 6 halaman

Cara Ganti Password Gmail dengan Nomor Handphone Pemulihan

Cara ganti password Gmail selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan nomor handphone. Sama seperti langkah sebelumnya, yaitu kamu harus masuk terlebih dahulu pada halaman recovery akun, kemudian memilih pilihan untuk menggunakan nomor handphone.

Berikut cara ganti password gmail dengan nomor HP pemulihan:

1. Akses laman accounts.google.com/signin/recovery.

2. Sampai ketemu laman form baru yang meminta nomor handphone. Isi semua yang diminta seakurat mungkin.

3. Masukkan nomor handphone lalu klik “SEND” atau “Kirim”.

4. Lalu cek handphone dan buka SMS kamu. Dalam beberapa saat seharusnya kamu sudah mendapat SMS dari Google yang berisi kode. Jika belum, kamu bisa meminta Google untuk mengirimkan ulang.

5. Masukkan kode, lalu “Next” atau “Selanjutnya”. Jika sudah mendapat kode dari Google, kembali ke browser lalu masukkan kode yang berjumlah 6 digit. Cukup masukkan angkanya saja, huruf G- sudah otomatis ada di browser. Kemudian klik "Next".

6. Lalu akan muncul laman untuk ganti password. Masukkan password baru yang kamu inginkan sebanyak dua kali. Pastikan yang pertama dan kedua sama persis. Buat password yang kuat tetapi mudah diingat.

4 dari 6 halaman

Cara Ganti Password dengan Menjawab Pertanyaan Keamanan

Cara ganti password Gmail lainnya bisa dilakukan dengan menjawab pertanyaan keamanan yang terkait saat pembuatan alamat Gmail. Cara ini merupakan alternatif yang bisa kamu lakukan, saat kamu lupa password Gmail.

Berikut cara ganti password Gmail dengan menjawab pertanyaan keamanan:

1. Sama dengan sebelumnya, kamu juga harus masuk terlebih dahulu pada halaman Google recovery. Kemudian masukkan alamat Gmail yang biasa kamu gunakan. Setelah itu akan muncul halaman untuk menuliskan password lama.

2. Kamu bisa skip bagian tersebut dan klik pilihan “Coba Pertanyaan Lain”.

3. Kemudian skip langkah-langkah yang ada, hingga kamu sampai pada halaman dengan perintah untuk menjawab pertanyaan keamanan.

4. Pertanyaan keamanan ini masih berkaitan dengan pertanyaan yang pernah kamu jawab saat membuat sebuah akun Gmail.

5. Selanjutnya kamu diharuskan untuk memasukkan bulan dan juga tahun saat kamu membuat Gmail tersebut dan klik “Berikutnya” atau “Next”.

6. Setelah memasukkan bulan dan tahun, pada halaman selanjutnya kamu diminta untuk menuliskan password baru. Lalu kamu bisa menggunakan akun Gmail kembali dengan password baru yang sudah kamu buat.

5 dari 6 halaman

Cara Ganti Password Gmail di Smartphone Android

Kamu juga bisa menerapkan cara ganti password Gmail secara berkala dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Langkah pertama, masuk ke aplikasi Gmail kamu.

2. Lalu di pojok kiri atas, sentuh ikon tiga garis untuk membuka menu.

3. Langkah ketiga, setelah menu tersebut terbuka, usap layar ke atas hingga kamu menemukan pilihan Setting. Sentuh menu tersebut.

4. Setelah terbuka, pilih menu Manage My Account.

5. Kemudian pilih menu Sign-in & Security.

6. Kamu bisa mengubah password dengan menyentuh menu Password.

7. Masukkan sandi baru yang ingin digunakan pada kolom New Password.

8. Masukkan kembali sandi baru yang sama pada kolom Confirmation sandi baru. Jika sandi cocok tekan ubah sandi.

6 dari 6 halaman

Tips Membuat Password Gmail yang Aman

Agar keamanan akun Gmail lebih maksimal, pastikan password atau kata sandi yang kamu buat memiliki tingkat kesulitan yang sulit untuk ditebak. Berikut beberapa tips membuat password agar akun Gmail tetap aman:

1. Gunakan kata atau karakter yang mudah diingat.

2. Gunakan kombinasi huruf kecil, huruf besar, dan angka.

3. Minimal gunakan huruf dan angka.

4. Sandi Gmail selalu menggunakan minimal 8 karakter. Semakin panjang dan banyak kombinasi semakin kuat.

5. Jangan gunakan nama, tanggal lahir, alamat rumah, nama hewan piaraan atau kata lain yang mudah ditebak.