Sukses

8 Manfaat Jeruk Sunkist untuk Kesehatan, Jaga Kehamilan

Liputan6.com, Jakarta Jeruk sunkist memiliki ciri khas kulit tebal, daging buah merekat, dan berwarna orange. Jeruk sunkist ini memiliki rasa manis dan asam yang menyegarkan. Tak hanya rasanya yang bikin ketagihan, tetapi ada segudang manfaat jeruk sunkist yang tak boleh terlewatkan. 

Manfaat jeruk sunkist untuk kesehatan ini berasal dari kandungan yang dimilikinya. Jeruk sunkist kaya vitamin C, serat, asam folat, dan zat besi. Kandungan jeruk sunkist ini pun bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Tak hanya mampu penuhi kebutuhan nutrisi harian. Kandungan jeruk sunkist ini pula yang menjadikan manfaat jeruk sunkist untuk kesehatan patut diandalkan. Mampu atasi anemia, sehatkan pencernaan, cegah kanker, hingga jaga kehamilan. Tak ayal harganya mahal dan disukai banyak orang.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat jeruk sunkist untuk kesehatan dari berbagai sumber, Kamis (24/9/2020).

2 dari 6 halaman

Kekebalan Tubuh dan Pencernaan

Sistem Kekebalan Tubuh

Jeruk sunkist memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Kandungan ini sangat cocok digunakan untuk jaga stamina tubuh pengonsumsinya. Bahkan manfaat jeruk sunkist untuk kesehatan ini bisa jaga sistem kekebalan tubuh.

Tak heran jika kemudian pengonsumsinya mudah terhindar dari berbagai jenis penyakit. Mulai dari penyakit yang ringan hingga yang membahayakan nyawa. Pada dasarnya, sistem kekebalan tubuh adalah kunci dari kesehatan yang dimiliki manusia.

Pencernaan

Memiliki sistem pencernaan yang terjaga, termasuk kunci produktivitas. Ajaibnya, manfaat jeruk sunkist untuk kesehatan bisa membantu menjaga saluran pencernaan ini. Hingga mampu atasi masalah susah buang air besar dan menghindarkan dari penyakit ambeien.

Manfaat ini berasal dari kandungan serat yang dimiliki jeruk sunkist. Mengonsumsi jeruk sunkist dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian tubuh manusia. Jadi memang ampuh menghindarkan dari berbagai masalah pencernaan.

3 dari 6 halaman

Jantung

Jeruk sunkist bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan jantung. Manfaat jeruk sunkist untuk kesehatan berasal dari senyawa pengontrol tekanan darah tinggi, sakit kepala, stres, dan depresi. Begitu juga terdapat kandungan serat cukup banyak dalam jeruk ini.

Menurut sebuah studi dalam Journal of Nutrition and Metabolism, mengonsumsi jeruk sunkist setiap hari dan diimbangi dengan olahraga, terbukti ampuh menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kesehatan jantung.

Secara angka, efek serat dalam menurunkan kadar kolesterol memang tidak besar, yakni hanya menurunkan kadar kolesterol total sebanyak 1,7 mg/dL dan kadar kolesterol jahat (LDL) sebesar 2,2 mg/dL melalui konsumsi 2–10 gram serat larut per hari.

Para pakar mengganggap penting peran serat terhadap penurunan kadar kolesterol. Banyak studi yang mengonfirmasi bahwa risiko penyakit jantung semakin kecil. Terutama bagi seseorang mengonsumsi serat dalam jumlah cukup setiap hari, seperti dalam jeruk sunkist ini.

4 dari 6 halaman

Obesitas dan Anemia

Obesitas

Memiliki masalah dengan berat badan memang termasuk beban. Selain mengganggu penampilan, juga ancam kesehatan dan membahayakan. Untungnya lagi ada manfaat jeruk sunkist untuk kesehatan yang bisa dipakai untuk menurunkan berat badan.

Manfaat ini berasal dari kandungan serat cukup tinggi dalam jeruk sunkist. Seratnya bisa membantu mengenyangkan perut pengonsumsi lebih lama. Jadi sangat efektif dijadikan menu penderita obesitas agar tak banyak dan sering makan.

Adanya serat di dalam usus bisa membuat penyerapan zat gizi melambat. Hal ini kemudian akan membuat nafsu makan berkurang dan jumlah kalori yang dikonsumsi menurun. Hingga dapat berdampak baik pada berat badan yang tak berlebihan.

Anemia

Anemia merupakan masalah yang kerap menghantui banyak wanita. Selain dihadapkan dengan menstruasi, kegiatan wanita kerap menjadikannya terserang anemia. Nah, agar bisa mencegah dan mengatasi cobalah konsumsi jeruk sunkist.

Manfaat jeruk sunkist untuk kesehatan ini bisa atasi anemia karena kandungan zat besinya. Zat besi ampuh meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh manusia. Satu buah jeruk sunkist mengandung sekitar 13 persen zat besi.

5 dari 6 halaman

Kehamilan

Bagi yang sedang mengandung dan tak ingin memiliki masalah terhadap kandungan, cobalah konsumsi jeruk sunkist. Jeruk sunkist memiliki kandungan asam folat cukup tinggi yang baik untuk jaga kesehatan kandungan.

Asam folat sangat baik untuk menjaga metabolisme protein dan vitamin dalam tubuh ibu hamil. Hal inilah yang kemudian dapat membuatnya ampuh menurunkan risiko berbagai komplikasi kehamilan. Manfaat jeruk sunkist untuk kesehatan ini pun tak boleh disepelekan.

Berdasarkan British Dietetic Association (BDA), asam folat disebutkan sebagai salah satu bahan terpenting dalam pembentukan sel darah merah, serta turut membantu sintesis dan memperbaiki DNA/RNA. Baik DNA maupun RNA merupakan asam nukleat, yang bersama lemak, protein, dan karbohidrat memiliki peran penting dalam kehidupan makhluk hidup.

6 dari 6 halaman

Diabetes dan Kanker Usus Besar

Diabetes

Ingin mengonsumsi makanan manis dan segar tetapi khawatir dengan diabetes yang dimiliki. Kini tak perlu khawatir lagi, ada manfaat jeruk sunkist untuk kesehatan yang bisa diandalkan menjaga kadar gula darah. Manfaat ini berasal dari kandungan serat yang dimiliki jeruk sunkist.

Studi selama lebih dari tiga dekade menunjukkan bahwa makanan tinggi serat, khususnya serat larut, memiliki indeks glikemik yang rendah. Serat larut akan memperlambat penyerapan glukosa sehingga tidak menimbulkan peningkatan kadar gula darah secara tiba-tiba setelah makan.

Bahkan, asam lemak rantai pendek yang dihasilkan dari proses fermentasi serat oleh bakteri usus juga akan memicu produksi hormon-hormon yang membuat kerja insulin lebih efektif. Hasil akhirnya, panel kontrol gula darah, seperti kadar gula darah puasa dan HbA1c, akan membaik.

Kanker Usus Besar

Kanker usus besar merupakan momok yang cukup menakutkan. Kanker ini termasuk penyebab kematian akibat kanker terbanyak nomor tiga di dunia. Untungnya ada manfaat jeruk sunkist untuk kesehatan yang bisa diandalkan.

Manfaat ini berasal dari kandungan serat yang dimiliki jeruk sunkist. Terdapat asam lemak rantai pendek yang merupakan hasil fermentasi serat oleh bakteri usus. Asam lemak ini memiliki efek antiperadangan dan antikanker.

Asam lemak dari jeruk sunkis ini pun bisa menjadi salah satu sumber energi utama sel usus besar. Kandungan ini juga sangat efektif mengoptimalkan gerak usus. Mampu meningkatkan pertahanan dinding usus dari berbagai penyakit, termasuk kanker.