Sukses

9 Makanan Kura-Kura Brazil Kecil dan Tips Memberikan Makan yang Tepat

Makanan Kura-Kura Brazil kecil harus mendukung pertumbuhan dan kesehatannya.

Liputan6.com, Jakarta Makanan kura-kura Brazil kecil perlu diperhatikan saat memeliharanya. Pasalnya, pemilihan dan pemberian makanan yang tepat sangat penting fungsinya untuk pertumbuhan kura-kura. Kamu perlu memikirkan nutrisi yang diperlukan oleh kura-kura untuk terus tumbuh.

Kura-kura Brazil merupakan hewan omnivora. Walapun pemakan segala, kamu tidak boleh sembarangan memberikan makanan kura-kura Brazil, khususnya yang masih kecil. Di alam liar, kura-kura ini memakan vegetasi air, ikan kecil dan bahan peluruhan seperti ikan mati dan katak.

Makanan kura-kura Brazil kecil harus mendukung pertumbuhan dan kesehatannya. Kamu bisa mendapakan makanan-makanan yang penuh nutrisi untuk kura-kura Brazil di alam, ataupun dengan membelinya di toko makanan kura-kura atau ikan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/9/2020) tentang makanan kura-kura Brazil kecil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Makanan Kura-Kura Brazil Kecil: Pelet, Buah, dan Sayur

Pelet

Makanan Kura-Kura Brazil Kecil yang paling praktis dan aman tentunya adalah pelet. Makanan ini banyak dijual di toko kebutuhan hewan. Pelet ini sudah dikemas dengan nutrisi yang dibutuhkan kura-kura. Biasanya tersedia jenis pelet sesuai umur kura-kura.

Berikan pelet sedikit demi sedikit sesuai dengan ukuran kura-kura. Hindari memberi pelet dalam jumlah banyak karena hanya akan membuat keruh air dan menyebabkan kura-kura sakit. Pelet juga tidak boleh diberikan terlalu sering. Kamu bisa menyelinginya dengan jenis makanan lain.

Buah dan Sayur

Kura-kura juga senang makan buah dan sayur. Buah dan sayur dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya. Buah yang cocok sebagai makanan Kura-Kura Brazil kecil adalah pepaya, pisang, apel, dan tomat. Sementara untuk sayuran, kura-kura menyukai sawi, selada, wortel, bayam, dan sayuran hijau lainnya.

Sayuran dan buah yang kaya kalsium baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tempurung kura-kura. Namun, pemberian buah dan sayur juga perlu diselingi makanan lain untuk meyeimbangkan nutrisinya. Terlalu banyak buah dan sayur hanya akan membuat kura-kura lebih sering BAB.

Kamu juga harus memastikan jangan sampai makanan untuk Kura-Kura Brazil di akuarium tersisa dalam waktu yang lama. Sayur dan buah ini akan membusuk dan bisa mengganggu kesehatan kura-kura.

3 dari 5 halaman

Makanan Kura-Kura Brazil Kecil: Tanaman Air, Serangga, dan Cacing

Tanaman Air

Di akuarium atau kolam, kamu dapat menambahkan tanaman air yang biasanya disukai kura-kura. Selain meningkatkan kualitas air, tanaman air ini juga bisa menjadi pilihan makanan Kura-Kura Brazil kecil.

Tanaman air ini seperti eceng gondok, selada air, atau tanaman yang biasa tersedia untuk akuarium. Kamu bisa mendapatkan tanaman air ini di sentra kebutuhan ikan hias terdekat.

Serangga dan Cacing

Di habitat bebasnya, kura-kura biasa makan serangga-serangga kecil dan cacing. Organisme ini menjadi mangsa kura-kura yang sangat digemarinya. Kamu bisa memberi serangga seperti jangkrik, belalang, semut, nyamuk atau jentik nyamuk. Selain itu, kamu juga bisa memberkan jenis cacing sutra, mealworm, atau cacing tanah.

Kamu bisa menangkap langsung menu makanan Kura-Kura Brazil kecil ini di sekitarmu. Jika ingin lebih praktis, kamu bisa membelinya di petshop atau kebutuhan ikan hias. Di sana kamu juga bisa menemukan cacing beku yang juga bergizi untuk kura-kura.

 

4 dari 5 halaman

Makanan Kura-Kura Brazil Kecil: Daging, Telur, dan Tulang Sotong

Daging

Makanan Kura-Kura Brazil kecil bisa dari berbagai jenis daging yang sangat tinggi protein dan kalsium. Hal ini sangat penting untuk pertumbuhan kura-kura. Daging bisa berupa daging ayam, sapi atau ikan.

Kura-kura sangat suka daging mentah, tapi daging mentah masih mengandung banyak lemak yang bisa membuat kura-kura kegemukan. Daging mentah juga rentan terkontaminasi. Jadi kamu disarankan untuk memasak daging terlebih dahulu. Coba untuk merebus atau mengukus daging. Setelah matang, potong-potong daging sesuai ukuran mulut kura-kura.

Kamu juga bisa memberikan ikan kecil-kecil untuk kura-kura yang sudah agak dewasa. Ikan kecil-kecil bisa didapat dari sungai atau membeli anakan ikan mas di sentra ikan hias. Jangan memberi makan ikan beku, atau setidaknya tidak terlalu sering. Membekukan beberapa jenis ikan meningkatkan kadar enzim dalam ikan yang menghancurkan vitamin B1.

Telur

Telur kaya akan protein yang baik untuk kura-kura. Rebus telur dan potong sesuai ukuran kura-kura. Berikan sumber protein untuk kura-kura hanya setiap dua atau tiga hari untuk menghindari kegemukan.

Berikan telur dalam potongan-potongan kecil yang lebih mudah dimakan kura-kura, terutama kura-kura bayi. Kura-kura tidak memiliki gigi dan menggunakan rahangnya untuk memotong makanan menjadi potongan seukuran gigitannya.

Tulang Sotong

Tulang sotong adalah sumber kalsium yang sangat baik sebagai makanan Kura-Kura Brazil kecil. Kalsium adalah bahan utama untuk pembentukan tulang yang sehat, dan akan membantu mencegah penyakit tulang metabolik pada kura-kura. Tulang sotong adalah suplemen makanan yang luar biasa untuk kura-kura terutama ketika mereka tumbuh.

Di alam liar, reptil ini secara alami menyerap kalsium dengan mengonsumsi cangkang keong yang mereka temui. Tulang sotong dapat dibeli di toko-toko hewan termasuk di toko burung.

5 dari 5 halaman

Tips Pemberian Makan Kura-Kura Brazil Kecil

Setelah mengetahui makanan Kura-Kura Brazil kecil, kamu juga perlu tahu bagaimana cara pemberian makanan yang tepat. Berikut tips memberikan makan pada Kura-Kura Brazil kecil:

- Secara umum disarankan untuk memberi makan Kura-Kura Brazil kecil sekali sehari karena ia sedang berada dalam masa pertumbuhan dan membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral.

- Sebaiknya berikan makan kura-kura kecil pada sore hari dan pagi hari, yang merupakan waktu pemberian makan ideal. Hal ini karena pada waktu tersebut kura-kura kecil lebih aktif bergerak.

- Berikan makanan dengan jumlah yang dapat dihabiskan dengan membatasi pemberian makanan menjadi setiap 15 sampai 20 menit sekali.

- Jangan memberikan makanan secara langsung dari tangan.

- Pelet untuk Kura-Kura Brazil kecil perlu dipotong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil karena mulutnya berukuran lebih kecil dari kura-kura dewasa. Hal ini untuk menghindarinya dari tersedak.

- Buah-buahan yang ukurannya lebih besar dari buah blueberry perlu dihancurkan atau dipotong kecil-kecil agar Kura-Kura Brazil kecil tidak tersedak.

- Kamu perlu memberikan Kura-Kura Brazil kecil suplemen vitamin dan kalsium untuk memastikan ia mendapatkan nutrisi yang cukup. Berikan suplemen sebanyak tiga kali seminggu.

- Kunjungi dokter hewan untuk mengetahui masalah kesehatan yang menyebabkan kura-kura tidak mau makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini