Sukses

14 Wisata Kuliner Palembang Lezat, Kaya Olahan Ikan

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Palembang menjadi surga bagi penikmat kuliner. Ibu kota provinsi Sumatera Selatan ini punya ragam kuliner yang tak akan mengecewakan siapapun yang mencicipinya. Wisata kuliner Palembang identik dengan pempeknya.

Selain pempek, ada banyak wisata kuliner Palembang yang juga tak boleh dilewatkan. Andalan wisata kuliner Palembang adalah aneka olahan ikan. Wisata kuliner Palembang kebanyakan dipengaruhi oleh budaya Melayu dan Tionghoa.

Wisata kuliner Palembang banyak ditemukan di sepanjang jalan kota Palembang. Beberapa wisata kuliner Palembang bahkan sudah terkenal dan jadi tujuan utama para pencinta kuliner Nusantra.

Berikut 14 wisata kuliner Palembang, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (24/09/2020).

2 dari 7 halaman

Wisata kuliner Palembang yang Khas

Pempek

Wisata kuliner Palembang pertama yang harus dituju adalah mencicipi pempek. Kuliner berbahan dasar ikan laut dan tepung sagu ini menjadi makanan wajib saat berada di Palembang. Banyak restoran hingga warung yang menawarkan menu pempek di Palembang.

Salah satu warung pempek yang melegenda adalah Pempek Pak Raden yang berada di Jl. Brigjen HM. Dhani Effendi No.80-82, 24 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang. Pempek Pak Raden bahkan sudah memiliki cabang di beberapa kota besar di Indonesia.

Selain Pempek Pak Raden, kamu juga bisa menikmati Pempek SAGA Sudi Mampir. Di sini ada menu spesial Pempek Panggang. Pempek SAGA Sudi Mampir berlokasi di Jalan Merdeka, 22 Ilir, Bukit Kecil, Palembang.

Tekwan

Tekwan merupakan kuliner khas Palembang yang mirip pempek. Tekwan berbahan dasar ikan dan sagu yang dibentuk bulat dan dihidangkan bersama kaldu udang. Tekwan disajikan bersama soun dan jamur kuping sebagai pelengkap. Wisata kuliner Palembang untuk menikmati kuliner ini adalah Pempek Lince yang berada di Jl. Tugumulyo No.2398, 20 Ilir D II, Ilir Timur I, Palembang.

3 dari 7 halaman

Wisata kuliner Palembang yang Lezat

Laksan

Laksan merupakan olahan pempek lenjer tebal, dipotong melintang dan kemudian disiram kuah santan pedas. Sekilas tampilan laksan mirip dengan lontong sayur. Salah satu warung laksan yang terkenal di Palembang adalah Laksan Kaito yang berada di alan Kapten Anwar Arsyad, No. 999, Palembang.

Godo-Godo

Kuliner mirip pempek lainnya yang harus dicoba adalah Godo-Godo. Dari namanya, jangan terkecoh menganggapnya kuliner ini adalah Gado-gado, ya. Godo-Godo dibuat dengan adonan mirip pempek namun menggunakan udang sebagai bahan dasarnya. Godo-Godo biasa dinikmati bersama kuah pempek yang terbuat dari cuka dan gula merah. Godo-Godo bisa ditemukan di pedagang gorengan keliling di pinggiran jalan kota Palembang. Godo-Godo juga bisa ditemukan di Pasar Cinde.

4 dari 7 halaman

Wisata kuliner Palembang Bersantan

Burgo

Burgo merupakan kuliner berbahan dasar tepung beras dan tepung sagu yang dibentuk mirip dadar gulung yang kemudian diiris dan dinikmati dengan kuah santan. Tempat paling nikmat menikmati burgo adalah di Warung Aba yang berlokasi di Jl. Dr. M. Isa No.26 /15, Kuto Batu, Ilir Tim. II, Kota Palembang.

Lakso

Lakso mirip dengan burgo dengan kuah lebih kental dan gurih. Tekstur lakso juga lebih menyerupai mi. Warung Aba masih menjadi destinasi yang paling pas untuk menikmati Lakso.

5 dari 7 halaman

Wisata kuliner Palembang

Martabak Palembang

Palembang juga punya martabak khasnya sendiri. Salah satu martabak yang melegenda di Palembang adalah Martabak Har. Martabak ini sudah berdiri sejak 1947. Martabak Har punya ciri khas siraman saus kari dengan rempah yang gurih dan pedas.

Sate Sapi Cucuk Manis

Di Palembang, kamu juga bisa menemukan olahan sate sapi. Sate sapi cucuk manis mempunyai tekstur daging yang padat dan lembut. Tempat untuk menikmati Sate Sapi Cucuk Manis adalah di warung Wak Din di Jl. Mayjen HM Ryacudu, 7 Ulu, Seberang Ulu I, Kota Palembang.

Es Kacang Merah

Selain olahan pempek dan aneka ikannya, Palembang juga terkenal dengan Es Kacang Merah. Hidangan ini banyak ditemukan di banyak restoran atau warung sebagai hidangan penutup. Es Kacang Merah yang terkenal adalah “Es Mamat” yang berada di komplek Lapangan Hatta ataupun Es Kacang Merah Cinde yang berada di daerah pasar Cinde Palembang.

6 dari 7 halaman

Wisata kuliner Palembang Berbahan Mi

Mie Celor

Mie Celor merupakan kuliner berbahan dasar mie kuning dengan ukuran agak besar mirip mie soba dari Jepang. Mie ini disiram dengan kuah kental kaldu udang dan daging udang. Mie Celor 26 Ilir Haji Syafe’i sering menjadi rujukan wisata kuliner Palembang warga sekitar.

Bakmi Alun

Bakmi Alun berada di daerah pasar Sayangan di Jl. Mesjid Lama No.144B, 17 Ilir, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang. Bakmi yang buka pada saat sore menjelang malam ini juga menjajakan es kembang tahu palembang.

Bakmi Aloi

Bakmi Aloi merupakan salah satu kuliner bakmi terkenal di Palembang. Bakmi Aloi punya pilihan topping mi beragam mulai dari babi, ayam, hingga jamur. Bakmi Aloi berada di Jl. Dempo Luar No.410 A, 15 Ilir, Ilir Tim. I, Kota Palembang.

7 dari 7 halaman

Wisata kuliner Palembang Olahan Ikan

Pindang Ikan

Palembang juga terkenal dengan olahan pindangnya. Pindang ikan patin khas Palembang disajikan bersama kuah santan dengan rasa asam, manis, pedas dan gurih. Pindang ikan bisa dinikmati di warung atau restoran pindang seperti RM Pindang Meranjat di daerah Meranjat.

Pindang Tulang

Selain ikan, pindang di Palembang juga bisa berbahan dasar iga sapi. Pindang Tulang ini memiliki kuah yang cukup membakar lidah. Tempat terkenal untuk menikmati pindang tulang adalah di RM Pindang Sri Melayu yang berada di Jl. Demang Lebar Daun No.1, Demang Lebar Daun, Ilir Bar. I, Kota Palembang.