Sukses

7 Cara Sembuhkan Pilek dengan Bahan Alami yang Ampuh dan Aman

Alih-alih mengonsumsi obat kimia, lebih baik terapkan cara sembuhkan pilek dengan bahan alami

Liputan6.com, Jakarta Pilek merupakan kondisi ketika hidung mengalami infeksi karena virus atau bakteri. Meski pilek sebenarnya bisa sembuh sendiri, tetapi cara sembuhkan pilek dengan bahan alami juga perlu dijadikan antisipasi. Tentu saja, agar infeksi tak semakin parah dan tubuh bisa kembali produktif seperti sedia kala.

Pilek memang termasuk kondisi medis yang cukup ringan. Hanya saja ada beberapa kondisi yang perlu diwaspadai. Terutama ketika pilek sampai sebabkan seseorang kesulitan bernapas, nyeri dada, dan batuk berdarah. Nah, di sinilah peran penting cara sembuhkan pilek dengan bahan alami. Meringankan, melegakan, dan cegah keparahan.

Alih-alih mengonsumsi obat kimia dari apotek, lebih baik terapkan cara sembuhkan pilek dengan bahan alami. Bisa gunakan jahe, kunyit, garam, bawang, dan masih banyak lagi lainnya. Bahan-bahan ini memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang ampuh atasi pemulihan pilek.

Berikut Liputan6.com ulas cara sembuhkan pilek dengan bahan alami dari berbagai sumber, Jumat (24/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Teh Herbal

Teh herbal bisa dipakai sebagai cara sembuhkan pilek dengan bahan alami. Tak hanya pilek, tetapi juga batuk. Teh ini dibuat dari jahe, chamomile, atau lemon.

Bahan ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi memang cocok untuk sembuhnya pilek. Jahe sudah lama dipakai sebagai pengobatan tradisional China.

Jahe bisa bantu hilangkan sumbatan pada sistem pernapasan. Chamomile bersifat antivirus dan antibakteri yang menenangkan. Sementara lemonnya mengandung vitamin C yang baik untuk sistem imun.

3 dari 7 halaman

Sup Ayam

Sup ayam tak hanya lezat, tetapi juga berkhasiat. Salah satunya bisa dipakai sebagai cara sembuhkan pilek dengan bahan alami. Manfaat ini berasal dari sifat menghangatkan, vitamin, dan mineral yang dimiliki.

Kandungan-kandungan ini sangat baik untuk meningkatkan sistem imun. Tak hanya itu, tetapi sifat menghangatkannya sangat ampuh legakan sumbatan saluran pernapasan. Melegakan hidung, tenggorokan, dan encerkan dahak.

Walaupun sudah teruji, perhatikan juga porsi konsumsinya. Seimbangkan juga dengan konsumsi buah dan sayuran agar asupan nutrisi bisa lebih seimbang. Jika dalam 2 atau 3 hari mengonsumsi tak kunjung reda, segera periksakan kondisi ke dokter.

4 dari 7 halaman

Cuka Apel

Cuka apel ini terbukti kaya akan khasiat. Salah satunya bisa digunakan sebagai cara sembuhkan p cara sembuhkan pilek dengan bahan alami ilek. Banyak ahli gizi berpendapat bahwa cuka sari apel bagus untuk mencegah batuk dan pilek.

Hanya saja porsinya harus diperhatikan betul. Jangan berlebihan dan jangan kurang. Tujuannya agar dosis tepat bisa memengaruhi proses pemulihan pilek dengan maksimal.

Cuka apel ampuh menghindarkan tubuh dari infeksi virus. Begitu juga dapat mengencerkan dahak dan sumbatan lendir di hidung. Hingga dapat membuat saluran pernapasan lebih cepat lega.

Selain itu, cuka sari apel mengandung mineral penting, seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, klorin, dan natrium. Kandungan ini sangat penting untuk mengatur fungsi tubuh. Bagi yang enggak tahan dengan rasa asamnya, bisa menambahkan madu.

5 dari 7 halaman

Jahe dan Bawang Putih

Jahe

Jahe memiliki sifat menghangatkan dan antibakteri. Sehingga sangat cocok dipakai sebagai cara sembuhkan pilek dengan bahan alami. Sifat-sifat inilah yang kemudian dapat melegakan saluran pernapasan saat sedang pilek.

Coba konsumsi jahe dengan mencampurkan madu dan lemon. Jahe ampuh hilangkan racun berlebihan dalam tubuh. Sementara madu dan lemonnya akan membuat rasa jahe lebih bisa dinikmati dan tak terlalu pedas.

Caranya, ambil satu sendok makan jahe segar parut. Letakkan dalam mangkuk air panas mendidih. Biarkan selama lima menit. Saring air menjadi secangkir air jahe hangat. Tambahkan satu sendok makan perasan lemon segar dan satu sendok makan madu.

Bawang Putih

Bawang putih termasuk bumbu dapur yang ampuh bikin hidung lega. Bahkan banyak orang mengatakan bahwa bawang putih adalah makanan super penangkal bakteri. Jadi memang cocok dijadikan sebagai cara sembuhkan pilek dengan bahan alami.

Kupas empat sampai lima siung bawang putih. Hancurkan perlahan, lalu tumis, serta tambahkan ke hidangan favorit untuk bisa dikonsumsi. Selain menumis, bisa jadikan bawang putih ini sebagai jus. Hanya perlu tambahkan tomat dan lemon agar lebih nikmat dikonsumsi.

6 dari 7 halaman

Garam

Tak hanya bawang putih yang bisa dipakai sebagai cara sembuhkan pilek dengan bahan alami, tetapi garam juga bisa. Garam ini obat alami pilek yang sudah didukung oleh sejumlah penelitian medis.

Hanya perlu menjadikan garam sebagai obat kumur. Berkumur dengan garam bisa membantu mencairkan lendir di hidung dan tenggorokan. Jadi memang ampuh digunakan untuk cegah gejala pilek menjadi semakin parah. Bahkan berkumur dengan air garam bisa bantu cegah pilek yang dialami tertular dengan orang lain.

Hanya perlu melarutkan setengah sendok garam dalam satu gelas air air hangat. Lalu, kumur-kumur air garam beberapa detik. Jangan ditelan, tetapi buang airnya. Lakukan saat tenggorokan gatal dan merasa gejala pilek mengganggu sekali.

7 dari 7 halaman

Cokelat Panas

Cokelat panas tak hanya memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Ternyata, cokelat panas ini bisa digunakan untuk meredakan pilek. Cara sembuhkan pilek dengan bahan alami ini juga mudah sekali dipraktikkan. Manfaat ini dipengaruhi sifat antioksidan yang dimiliki cokelat panas.

Sebuah studi di Inggris pernah meneliti kaitan antara batuk dan teobromina, salah satu senyawa yang ditemukan dalam kakao. Dibandingkan dengan kodein, teobromina ditemukan lebih efektif dalam menekan batuk. Para peneliti menduga bahwa teobromina di sini bekerja di saraf vagus, yang dapat memicu batuk.

Meski skala studi di atas tergolong kecil, secangkir cokelat panas yang terbuat dari susu rendah lemak dan dark chocolate (paling tidak 70 persen kokoa) bisa mendatangkan manfaat antioksidan. Tak hanya itu, susu panas pada minuman yang dikabarkan pertama kali ditemukan di Belanda ini juga diketahui bisa bikin tidur lebih nyenyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.