Sukses

16 Usaha Kuliner yang Menjanjikan dan Layak Dicoba, Simak Kiat Suksesnya

Liputan6.com, Jakarta Saat ini sudah sangat banyak usaha kuliner yang menjanjikan. Mungkin tidak semua dari usaha kuliner yang menjanjikan tersebut cocok untuk dipasarkan di daerah Anda. Wajar saja, sebab lidah masyarakat di tiap daerah Indonesia memang terkenal berbeda-beda.

Hal tersebut terlihat dari berbagai macamnya makanan khas dari daerah tersebut. Sebagai contoh, saat berada di Jawa Tengah dan sekitarnya, makanan khasnya akan identik dengan rasa manis. Sebaliknya, di beberapa daerah lain cenderung suka pedas dan asin.

Maka dari itu, sebagai calon pebisnis harus memiliki kepekaan terhadap daerah di mana usaha kuliner yang menjanjikan tersebut akan dipasarkan. Sebenarnya meski namanya usaha kuliner yang menjanjikan, tapi risiko kurang diminati pasar sekitar sangt mungkin terjadi. Belum lagi jika makanan tersebut cenderung tidak sesuai budaya dan kebiasaan masyarakat sekitar.

Nah, sebagai pertimbangan apa saja usaha kuliner yang menjanjikan tersebut, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, berbagai jenis usaha kuliner yang menjanjikan yang hingga saat ini masih cukup eksis dan menarik untuk dicoba, Jumat (25/9/2020).

2 dari 5 halaman

Usaha Kuliner yang Menjanjikan dari Kategori Minuman

1. Kopi

Menjamurnya coffee shop di daerah-daerah sebenarnya cukup menjadi bukti kuat jika menjual kopi merupakan salah satu usaha kuliner yang menjanjikan. Sebab kopi cenderung memiliki penikmat yang segmennya luas dan bahan baku juga cukup awet.

 

2. Thai tea

Jenis minuman khas dari Thailand ini juga cukup menjamur di berbagai daerah. Hal ini karena selain rasanya yang enak, Thai tea juga cukup terjangkau dari segi harga dan digemari banyak kalangan. Bahan baku yang digunakan juga cukup mudah dan harganya terjangkau.

 

3. Boba

Hadirnya boba cukup membuat usaha kuliner di Indonesia menjadi semakin kreatif. Sebab boba yang notabene hanya sebuah topping, pada akhirnya menjadi hal wajib yang harus ada di jenis minuman tertentu seperti boba dengan gula aren. Bahkan, sejenis kopi dan Thai tea sudah menggunakan boba untuk menarik peminatnya.

 

4. Jus buah

Percaya atau tidak, meski terlihat bisnis recehan, namun membuka usaha jus buah cukup menjanjikan. Sebab saat ini sudah banyak orang yang menawarkan beraneka ragam jus buah dengan campuran yogurt dan berbagai bahan alami lain. Selain rasanya yang segar, mengonsumsi jus buah juga menyehatkan.

3 dari 5 halaman

Usaha Kuliner yang Menjanjikan Selanjutnya

5. Salad buah

Selain dengan di jus, berbisnis salad buah juga cukup menjanjikan. Anda bisa berkreasi dengan berbagi saus yang bisa ditambahkan dalam salad buah tersebut, seperti saus campuran susu kental manis yang ditambahkan parutan keju sebagai topingnya.

 

6. Makanan beku

Di masa yang serba digital seperti saat ini, sebenarnya bisa dimanfaatkan dengan menjual berbagai jenis makanan siap saji yang dibekukan. Beda dengan makanan beku yang dijual di supermarket, Anda bisa menjual makanan beku berupa masakan ala rumahan atau jenis-jenis jajanan seperti kebab dan empek-empek. Bisnis ini cukup menjanjikan karena produk yang dijual cenderung tahan lama.

 

7. Katering sehat

Ternyata kesadaran masyarakat akan hidup sehat semakin tinggi. Hal ini terbukti dengan menjamurnya berbagai bisnis catering sehat yang diproduksi rumahan. Cukup order melalui aplikasi delivery online, konsumen sudah bisa mendapatkan catering sehatnya.

 

8. Rice bowl

Rice bowl sebenarnya merupakan usaha kuliner yang menjanjikan karena konsep yang sederhana namun efektif. Biasanya rice bowl terdiri dari nasi dan lauk pauk seperti ikan sambal matah atau ayam bento yang menggugah selera.

4 dari 5 halaman

Usaha Kuliner yang Menjanjikan dan Tidak Kalah Menarik

9. Jajanan pinggir jalan

Hasrat untuk mengonsumsi camilan memang tidak mudah dibendung. Hal ini yang menjadi dasar penting mengapa berjualan jajanan dengan menu ala kaki lima bisa cukup menjanjikan. Sebut saja cilok, cimol, cilor, basreng, hingga sosis bakar. Semua makanan tersebut merupakan jenis makanan favorit yang banyak penikmatnya.

 

10. Kue kering

Mungkin kue kering lekat dengan momen Ramadan. Namun jika dikelola dengan sungguh-sungguh, bukan tidak mungkin jika berjualan kue kering akan menjadi usaha kuliner yang menjanjikan. Bahkan banyak juga pembuat kue kering yang berhasil membuka toko kuenya.

 

11. Homemade burger

Mungkin usaha kuliner yang menjanjikan satu ini terlihat kurang menarik. Padahal, apabila Anda mau mencoba untuk mencari resep yang tepat, maka burger tersebut bisa menarik bagi para konsumen terutama dari kalangan muda. Sebab anak muda haus akan hal baru. Selain itu, untuk menjualnya bisa dengan memanfaatkan aplikasi delivery online.

 

12. Bakso

Bakso merupakan salah satu menu makanan yang paling mudah dijual. Mengapa begitu? Sebab bakso adalah jenis makanan yang lekat dengan masyarakat Indonesia dan hampir semua masyarakat Indonesia cocok dengan rasa dari bakso tersebut. Anda cukup memberi sedikit modifikasi dari segi isian bakso agar lebih inovatif.

5 dari 5 halaman

Usaha Kuliner yang Menjanjikan Ini Jangan Dilewatkan

13. Pempek

Siapa yang tidak kenal pempek? Makanan ini sangat tersohor dan sayang jika tidak dijadikan salah satu pilihan usaha kuliner yang menjanjikan. Pempek cenderung mudah dijual dan cocok jika ingin dijadikan salah satu bisnis jangka panjang.

 

14. Siomay

Selain pempek, siomay juga tidak kalah terkenal. Makanan ini merupakan jenis makanan yang mudah digemari berbagai kalangan dan usia. Baik muda maupun tua bisa mengonsumsi siomay. Maka dari itu, Anda akan dimudahkan dari segi pemasaran.

 

15. Martabak

Selain makanan di atas, jangan lupakan martabak. Makanan ini selain nikmat, tidak perlu lagi diragukan kelarisannya. Anda bisa membuat usaha martabak dengan packaging yang baru dan menarik. Hal tersebut akan berguna untuk meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap produk Anda.

 

16. Mi ayam

Lalu usaha kuliner yang menjanjikan terakhir adalah mi ayam. Meski sering dianggap usaha menengah kebawah, nyatanya dengan modifikasi menu pada mi ayam bisa berdapak besar terhadap penjualan. Banyak sekali restoran mi ayam yang menawarkan menu unik dan berbeda dari menu mi ayam kaki lima.

Maka semua tinggal kembali ke Anda sendiri, mana usaha kuliner yang menjanjikan paling tepat.