Sukses

7 Wisata Kuliner Jakarta Pusat yang Bikin Ngiler

Liputan6.com, Jakarta Berwisata kuliner memang cocoknya ke berbagai pelosok wilayah Indonesia. Meski begitu, bagi yang ada di ibu kota tak perlu begitu memaksa. Sebenarnya kalau mau mencari, masih ada wisata kuliner Jakarta Pusat yang selalu bikin ngiler pengunjungnya.

Wisata kuliner Jakarta Pusat ini tak hanya kental dengan makanan khas Betawi. Ada jajanan kaki lima yang begitu menggugah selera. Ada pula masakan modern yang cocok banget dikunjungi anak muda yang suka kulineran sekaligus nongkrong.

Menu yang disuguhkan di wisata kuliner Jakarta Pusat ini memang terlihat biasa saja. Ada pempek, sate, soto, steak, bubur, dan lain sebagainya. Sangat terlihat familiar dan biasa saja. Padahal kalau sudah mencicipi, dijamin bakal bikin ketagihan datang untuk menyantapnya berulang-ulang.

Berikut Liputan6.com ulas wisata kuliner Jakarta Pusat dari berbagai sumber, Sabtu (26/9/2020).

2 dari 7 halaman

Pempek

Ada pempek yang bikin ngiler di kawasan Jakarta Pusat. Wisata kuliner Jakarta Pusat yang satu ini pun sudah terkenal sejak lama. Pempek Megaria namanya, berada di daerah Metropole.

Menu paling favorit pempek di sini adalah pempek Kapal Selam. Harganya dibandrol dengan harga Rp24.000. Kalau datang berdua cukup bawa Rp 50.000-Rp 70.000 saja.

Alamat lengkapnya ada di daerah Metropole 21, Jalan Pegangsaan Timur No 21 setiap pukul 12:00-21:00. Cocok didatangi bagi para pecinta makanan manis, karena di sini pempeknya enggak terlalu pedas.

3 dari 7 halaman

Sate Maranggi

Tak hanya sate Madura yang patut dicoba. Bagi yang sedang berada di Jakarta Pusat, jangan lupa mampir ke Sate Maranggi. Wisata kuliner Jakarta Pusat yang satu ini letaknya ada di Pasar Modern Grand Wisata.

Meskipun tempatnya sederhana, Sate Maranggi milik Ibu Yayah ini enak sekali rasanya. Tepatnya ada di Pasar Modern Grand Wisata Blok PR1 No 19, Jalan Raya Mustika Jaya, Duren Tiga.

Ketika berkunjung ke sini, wisatawan akan diberi suasana tenang yang menawan. Seolah sedang tak berada di kota Jakarta. Pilihan satenya juga tak hanya sate ayam. Ada sate sapi, kambing, dan ayam.

Bila datang dua orang, setidaknya harus menyiapkan Rp 100.000 karena rata-rata per orangnya akan menghabiskan kurang lebih Rp 50.000. Jangan lupa untuk mengunjungi tempat ini pukul 11:00-22:00.

4 dari 7 halaman

Joni Steak dan Fish Streat

Joni Steak

Para penggila steak, ketika berada di Jakarta Pusat jangan lupa mampir ke Joni Steak. Wisata kuliner Jakarta Pusat yang satu ini terkenal dengan keempukan daging steak-nya. Cocok buat kulineran, nongkrong, dan sekadar mengisi waktu luang.

Tenderloin Steak yang dijual di sini dibandrol dengan harga Rp 70.000 saja. Untuk makan steak berdua, hanya perlu membawa bujet sekitar Rp 200.000 saja. Tempat ini buka pukul 11:00 – 24:00, cocok banget dimasukkan dalam list  kuliner malam di Jakarta Pusat.

Fish Streat

Para pecinta ikan, wajib datang ke Fish Steat. Wisata kuliner Jakarta Pusat ini emang bikin ngiler wisatawan. Tak hanya menu ikannya, tetapi juga tempat nyaman yang cocok untuk nongkrong atau sekadar mengisi waktu luang.

Alamat Fish Streat ada di Jalan Pinang Emas 1, Blok UT No 14. Menu populernya Fish n Chips yang dibandrol dengan harga Rp29.000. Jika datang berdua, cukup membawa Rp 70.000 saja.

Menu pertama adalah Fish n' Chips plus minum yang dijual dengan harga Rp 42.845 (dari harga asli Rp45.100). Kemudian ada Small Platter plus minum yang bisa kamu santap cukup dengan Rp45.000 (dari harga asli Rp55.000).

Ketiga adalah satu porsi Fish & Creamy Pasta plus satu minum, dijual dengan harga Rp 43.296 (harga asli Rp 52.800). Menu terakhir adalah Fish & Marinara dan satu minum, bisa dicoba dengan harga Rp 39.688 (dari harga asli Rp 48.400).

5 dari 7 halaman

Soto Betawi

Bosan mencicipi masakan kaki lima kekinian, mulailah beralih ke makanan khas ibu kota. Salah satunya ada Soto Betawi, terkenal nikmat dan segar ketika disantap di siang hari. Wisata kuliner Jakarta Pusat ini sangat legendaris.

Cobalah kunjungi Soto Betawi H. Ma’ruf. Warga asli Betawi yang menjual Soto Betawi tentu bikin ingin berkunjung ke sini. Lokasinya berada di daerah Komplek Taman Ismail Marzuki.

Tempat makan ini terkenal legendaris karena sudah berdiri cukup lama. Rasa sotonya cukup lezat, dan meski tempatnya tidak terlalu besar, kamu tak perlu takut akan mengantre. Selain soto, kamu juga bisa menikmati menu andalan lainnya seperti laksa hingga sate betawi.

6 dari 7 halaman

Bubur Kwang Tung

Bagi yang suka makan bubur, kamu bisa mengunjungi Bubur Kwang Tung yang ada di Pecenongan, Senopati, dan Kelapa Gading. Wisata kuliner Jakarta Pusat yang menyuguhkan bubur ini sudah sangat terkenal.

Jangan berpikir bahwa bubur di sini hanya bubur yang diberi topping ala kadarnya. Bubur Kwang Tung menyajikan menu dengan isi yang melimpah. Selain itu, kamu juga bisa menikmati menu lainnya seperti nasi goreng dan cah kalian yang tak kalah enak.

Bubur Kwang Tung buka 24 jam dan menyajikan makanan berupa bubur seafood, seperti kepiting, ayam, udang, ikan, sapi, dan lain-lain.

Selain menu bubur, menu lainnya yang juga ada di rumah makan tersebut adalah chinese food, dll. Kuliner Jakarta Pusat malam hari ini tentunya sangat cocok jika kamu ingin mencari bubur hangat di malam hari.

7 dari 7 halaman

Nasi Goreng Kambing

Nasi goreng memang menu makanan biasa saja, di seluruh daerah di Indonesia pasti ada. Hanya saja di Jakarta Pusat, ada yang namanya nasi goreng kambing. Bagi yang lagi ada di ibu kota, cobalah mampir ke wisata kuliner Jakarta Pusat ini.

Ada menu Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih. Termasuk salah satu nasi goreng paling terkenal di Jakarta. Wisatawan bisa menumakan menu nasi goreng ini di malam hari.

Daya tarik lain yang dimilikinya ada pada penjualnya menggoreng nasi dengan panci dan porsi yang sangat besar. Untuk bisa mencicipi lezatnya Nasi Goreng Kambing legendaris ini, langsung datang ke kawasan Kebon Sirih. Buka jam 4 sore dan tutup sekitar jam 2 atau 3 subuh.