Sukses

12 Wisata Kuliner Padang Legendaris, Nikmati Hidangan Khas Minang

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Padang terkenal dengan masakan-masakannya yang kaya cita rasa. Masakan Padang memang sudah dikenal luas di seluruh Nusantara. Hampir di tiap kota, kamu dapat menemukan rumah makan Padang.

Jika kamu berkunjung ke negeri Minang ini, wisata kuliner Padang wajib dicoba. Mencicipi sate Padang, nasi Padang, hingga soto Padang di kota asalnya jadi agenda yang harus ada di daftar perjalanan. Di Padang, ada banyak wisata kuliner Padang yang legendaris.

Wisata kuliner Padang ini bisa ditemukan dengan mudah di sepanjang kota. Kamu juga bisa memilih wisata kuliner Padang pada siang atau malam hari. Wisata kuliner Padang yang legendaris ini sudah jadi andalan bagi warga setempat maupun wisatawan untuk kulineran.

Berikut 12 wisata kuliner Padang legendaris yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (27/9/2020)

2 dari 7 halaman

Wisata kuliner Padang

Soto Garuda

Soto Garuda berlokasi di Jl. S. Parman Kelurahan No.110, Lolong Belanti, Kec. Padang Utara, Kota Padang. Warung soto ini buka dari pukul 8 pagi sampai 9 malam.

Soto Garuda merupakan warung soto legendaris di Padang yang sudah berdiri sejak 1976 silam. Soto Garuda berisi potongan daging sapi dan paru goreng yang renyah.

Sate Danguang-Danguang

Kulineran di Padang tak lengkap jika tak mencicipi sate Padang. Salah satu sate Padang yang terkenal di kota ini adalah Sate Danguang-Danguang.

Sate Padang terbuat dari daging sapi yang empuk dan gurih disiram dengan kuah kekuningan. Sate Danguang-Danguang bisa ditemukan di Jl. Sudirman No.Kelurahan, Daya Bangun, Kec. Payakumbuh Bar., Kota Payakumbuh. Kuliner ini juga bisa ditemukan di Jalan Simpang Kinol, Padang.

3 dari 7 halaman

Wisata kuliner Padang

Pauh Piaman

Wisata kuliner Padang yang tak boleh terlewat selanjutnya adalah nasi Padang. Di kota ini kamu bisa merasakan hidangan nasi Padang di rumah makan Pauh Piaman.

Rumah makan ini merupakan rumah makan legendaris untuk menikmati masakan Padang. Salah satu menu andalan di rumah makan ini adalah gulai ikan. Rumah makan Pauh Piaman berada di Jl. Khatib Sulaiman No.63, Padang Utara, Kota Padang.

Lamun Ombak

Rumah makan Padang yang terkenal lainnya adalah Lamun Ombak. Di sini kamu bisa menikmati beragam masakan Padang mulai dari rendang, asam padeh, gulai otak, dang balado, dan banyak lagi.

Yang menarik dari rumah makan ini adalah seluruh proses memasaknya masih menggunakan kayu bakar. Rumah makan Lamun Ombak berada di Jl. Khatib Sulaiman No.99, Kota Padang.

4 dari 7 halaman

Wisata kuliner Padang

Katupek Pitalah Purus 3

Katupek pitalah adalah makanan khas Pitalah, Kecamatan Batipuah, Kabupaten Tanah Datar. Di Kota Padang, kamu bisa menikmati Katupek Pitalah Purus 3 yang terkenal.

Katupek Pitalah berisi potongan ketupat yang disiram dengan kuah kuning berisi nangka dan rebung. Katupek Pitalah Purus 3 berlokasi di Jl. Purus III No. 24, Padang Barat, Kota Padang.

Ongkrongan Turagari

Ongkrongan Turagari menjadi wisata kuliner Padang yang sangat populer di Padang. Di sini tersedia beragam kuliner khas Padang.

Sajian khas di tempat ini adalah lontong yang dihidangkan dengan sayur pakis atau jenis kari lainnya. Selain lontong, di sini kamu bisa menikmati aneka hidangan manis seperti bubur kacang hijau kolak pisang, bubur hitam dan lainnya. Ongkrongan Turagari berlokasi di Jl. Veteran No. 68, Kota Padang.

5 dari 7 halaman

Wisata kuliner Padang

Martabak Kubang Hayuda

Wisata kuliner Padang yang tak kalah populer adalah martabaknya. Di Padang ada martabak terkenal yang disebut martabak kubang atau martabak mesir.

Salah satu tempat legendaris untuk menikmati kuliner ini adalah Martabak Kubang Hayuda. Martabak Kubang Hayuda merupakan martabak telur yang berisi potongan daging dengan rempah yang kaya. Martabak Kubang Hayuda berlokasi di Jl. Moh. Yamin No.138, Belakang Olo, Padang.

Es Durian Ganti Nan Lamo

Wisata kuliner Padang selanjutnya adalah es durian. Di Padang, es durian merupakan salah satu primadona. Salah satu pelopor es durian di kota ini adalah Es Durian Ganti Nan Lamo yang sudah ada sejak 1960 silam. Es Durian Ganti Nan Lamo menyajikan es durian yang segar dengan buah durian pilihan yang didapat langsung dari Sumatera.

Es Durian Ganti Nan Lamo berlokasi di Jl. Hos. Cokroaminoto No.31B, Kec. Padang Barat, Kota Padang.

6 dari 7 halaman

Wisata kuliner Padang

Es Cendol Pattimura

Selain es durian, wisata kuliner Padang berupa minuman segar lainnya adalah es cendol. Keistimewaan es cendol ini adalah adanya ampiang atau beras ketan yang ditumbuk pipih. Ampiang dicampurkan dengan gula aren, cendol, santan, lopis dan es serut di atasnya.

Es Cendol Pattimura dapat ditemukan di Jl. Pattimura (seberang gedung RS Selaguri), Kota Padang.

Warung Kopi Nan Yo

Warung Kopi Nan Yo juga jadi salah satu destinasi wisata kuliner Padang yang populer. Di sini kamu bisa menikmati kopi khas Sumatera Barat yang legendaris dengan nuansa pecinan tempo dulu.

Warung Kopi Nan Yo bisa ditemukan di Jl. Niaga No. 205, Padang Barat, Kota Padang dan Jl. Pondok no. 88E Flamboyan, Padang.

7 dari 7 halaman

Wisata kuliner Padang

Simpang Kinol

Simpang Kinol merupakan tempat untuk menikmati ragam wisata kuliner Padang. Di sini terdapat banyak penjaja kuliner lokal yang kaya cita rasa dengan harga yang terjangkau. Di sini kamu juga bisa menemukan kuliner beragam budaya mulai dari Minang, India, dan Tionghoa.

Jembatan Siti Nurbaya

Tempat lain untuk menikmati wisata kuliner Padang adalah Jembatan Siti Nurbaya. Pada malam hari, Jembatan Siti Nurbaya bisa dijadikan tempat bersantai sambil menikmati kuliner khas yang nikmat. Di sini terdapat beragam kuliner dengan harga terjangkau.