Sukses

12 Cara Kompres Foto Mudah dan Cepat, Bisa Offline dan Online

Liputan6.com, Jakarta Cara kompres foto bisa sangat berguna bagi kamu yang ingin mengecilkan ukuran foto. Terkadang ukuran foto yang terlalu besar bisa sedikit menyulitkan. Foto bisa memakan banyak ruang di ponsel, tidak bisa diunggah, atau bahkan tidak bisa dibuka.

Salah satu solusi dari ukuran foto yang terlalu besar adalah mengompresnya. Kini ada banyak cara kompres foto yang bisa dilakukan. Cara kompres foto juga cukup mudah dilakukan.

Dengan cara kompres foto ini kamu bisa mengecilkan ukuran foto dengan praktis dan cepat. Cara kompres foto dapat dilakukan secara online maupun offline. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi tertentu, atau bahkan tanpa aplikasi.

Kamu bisa memilih cara kompres foto sesuai dengan kemampuan dan kebutuhanmu. Berikut cara kompres foto yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (27/9/2020).

2 dari 6 halaman

Cara kompres foto secara online

Jika kamu tidak mau ribet menggunakan aplikasi atau software pengedit foto, kamu bisa memanfaatkan situs kompresi foto yang bisa diakses gratis. Cara kompres foto secara online ini juga cukup mudah. Kamu cukup mengunggah foto yang ingin kamu kompres, sesuaikan ukurannya, dan tunggu proses kompresinya.

Berikut beberapa situs yang bisa mengecilkan foto secara online:

Situs compressjpeg.com

Di sini kamu dapat men-drag langsung gambar yang akan dikompres dan gambar akan secara otomatis diproses. Kamu juga dapat melihat preview dari gambar dan dapat mengubah ukuran dan kualitas foto sesuai yang kamu inginkan. Situs ini juga dapat meresize gambar dalam format PNG serta dokumen PDF juga, lho.

Situs photoresizer.com

Layaknya Photoshop namun lebih sederhana, kamu dapat memotong, membalik gambar (rotate/flip), memberi efek, menggambar shape seperti lingkaran dan persegi, menambahkan teks, dan menggambar apapun sesuai keinginanmu. Tampilan dari situs ini juga cukup menarik karena kamu akan mendapati tampilan kanvas di mana kamu dapat mengedit sendiri gambar sesuai keinginanmu.

Situs Resizemypicture.com

Resizemypicture.com memungkinkan kamu untuk mengubah ukuran gambar secara gratis. Format file yang didukung adalah JPG, JPEG, GIF, dan PNG. Cukup unggah gambar yang akan kamu resize ke situs ini, dan kamu dapat memperkecil atau memperbesar gambar dengan memilih opsi yang inginkan.

3 dari 6 halaman

Cara kompres foto secara online

Situs webresizer.com

Web Resizer adalah salah satu resizer gambar online terbaik yang dapat kamu pertimbangkan. Yang istimewa tentang Web Resizer adalah selain mengubah ukuran gambar, Web Resizer menyediakan berbagai fitur lain seperti kompresi gambar, rotasi gambar, efek, kontras, crop, dan lain sebagainya.

Situs photoenlarger.com

Sama seperti image enlarger, situs ini juga memungkinkan kamu untuk me-resize gambar berukuran lebih kecil menjadi gambar dengan ukuran yang lebih besar. Situs ini juga memberimu pilihan ukuran gambar serta kamu dapat melihat preview gambar setelah diresize.

Situs resize-photos.com

Seperti namanya, Resize Photos adalah salah satu resizer gambar berbasis web terbaik yang dapat kamu gunakan saat ini. Pada dasarnya situs ini adalah web gratis yang dapat digunakan untuk mengubah ukuran dan mengompresi gambar secara online.

Selain itu, Resize Photos juga memungkinkan kamu untuk menerapkan efek seperti border, refleksi, bayangan, keterangan gambar secara sederhana.

Situs resizeimage.net

Di situs ini kamu dapat memotong dan mengompresi gambar sekaligus. Kamu juga dapat mengatur proporsi gambar dan mengurangi ukuran file secara signifikan tanpa kehilangan kualitas gambar. Kamu juga dapat mengunggah gambar dalam format JPEG, PNG, GIF atau BMP.

4 dari 6 halaman

Cara kompres foto dengan paint

Jika kamu pengguna Windows di laptopmu, kamu bisa memanfaatkan software Paint. Cara mengecilkan ukuran foto ini cukup praktis karena kamu tak perlu menginstal software lainnya.

Jika kamu hanya perlu mengubah ukuran satu gambar pada satu waktu dan tidak ingin memasang aplikasi pihak ketiga, Paint adalah solusi pengubahan ukuran yang cukup baik. Berikut cara mengecilkan ukuran foto dengan Paint:

1. Di Paint, buka foto dengan membuka menu File, lalu klik menu "Open".

2. Temukan dan pilih foto yang ingin kamu ubah ukurannya, lalu klik tombol "Open".

3. Pada tab Home dari toolbar Paint, klik tombol "Resize".

4. Paint memberimu opsi untuk mengubah ukuran berdasarkan persentase atau piksel. Ini menggunakan persentase secara default. Kamu juga bisa menentukan ukuran yang kamu inginkan. Saat kamu mengetik nilai horizontal atau vertikal, Paint secara otomatis membuat nilai lain bagimu untuk mempertahankan dimensi gambar asli.

5. Pilih persentase yang kamu inginkan, atau dimensi yang diinginkan, lalu klik tombol "OK".

6. Foto sudah selesai dikecilkan ukurannya.

5 dari 6 halaman

Cara kompres foto dengan Photoshop

Jika kamu terbiasa menggunakan Photoshop, kamu bisa menggunakan cara kompres foto ini. Ada beberapa cara mengecilkan ukuran foto dengan Photoshop. Cara tersebut di antaranya adalah dengan Image Size, Canvas Size, Crop Tool, dan Transform Tool. Cara mengecilkan ukuran foto dengan Image Size adalah langkah yang paling mudah dan sederhana.

Cara mengecilkan ukuran foto dengan Image Size:

Cara termudah untuk mengubah ukuran gambar di Photoshop adalah melalui panel Image Size. Kamu dapat mengaksesnya melalui menu Image> Image Size yang terdapat di bilah menu atas.

1. Buka foto yang akan dikecilkan. Pilih menu Image> Image Size.

2. Di bawah opsi Fit To, kamu dapat memilih dari serangkaian ukuran gambar yang telah ditentukan sebelumnya. Pilih ukuran yang sesuai lalu tekan OK dan Photoshop akan menyesuaikan ukuran foto.

3. Kamu juga bisa mengubah ukuran foto dengan menyetting opsi Width, Height, dan Resolution.

4. Setelah selesai mengubah ukuran, pilih OK, dan Photoshop akan mengubah ukuran fotomu.

5. Klik save untuk menyimpan hasil editan.

6 dari 6 halaman

Cara kompres foto di HP

Bagi kamu yang ingin kompres foto di HP, kamu bisa memanfaatkan aplikasi yang ada. Banyak aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran foto di HP. Berikut aplikasi untuk mengecilkan foto di HP:

Photo Compress & Resize

Photo Compress & Resize membantumu mengurangi ukuran atau resolusi gambar dengan cepat. Photo Compress & Resize menggunakan teknik kompresi lossy yang cerdas untuk mengurangi ukuran file foto. Dengan mengurangi jumlah warna pada gambar secara selektif, lebih sedikit byte yang dibutuhkan untuk menyimpan data. Efeknya hampir tidak terlihat tetapi membuat perbedaan yang sangat besar dalam ukuran.

Image Size - Photo Resizer

Image Size - Photo Resizer merupakan aplikasi untuk mengubah ukuran gambar ke ukuran apa pun yang kamu inginkan. Aplikasi ini sangat ringan dan mudah digunakan.

Photo & Picture Resizer: Resize, Reduce, Batch

Jika kamu ingin mengurangi ukuran atau resolusi gambar dengan cepat, Smart Image Resizer adalah pilihan yang tepat. Photo Resizer memungkinkanmu mengurangi ukuran foto dengan mudah tanpa kehilangan kualitas. Kamu tidak perlu menyimpan gambar yang diubah ukurannya secara manual, karena foto secara otomatis disimpan dalam folder terpisah berjudul 'Pictures / PhotoResizer'.