Sukses

CorelDRAW adalah Software Desain yang Mudah Digunakan, Ketahui Kelebihannya

Liputan6.com, Jakarta CorelDRAW adalah software yang banyak digunakan untuk mendesain beragam jenis grafis. Secara sederhana, CorelDRAW adalah pengolah gambar. Software ini kerap digunakan untuk mendesain poster, infografis, foto, dan beragam jenis visual lainnya.

CorelDRAW adalah pengolah grafis yang sebenarnya menggunakan basis vektor. CorelDRAW adalah software yang dinilai mudah digunakan untuk pemula sekalipun. CorelDRAW memiliki fitur praktis yang mudah dipahami. CorelDRAW adalah software yang banyak digunakan untuk belajar desain.

CorelDRAW adalah rangkaian grafis yang kuat, menyediakan banyak fitur bagi pengguna untuk mengedit grafis. Fitur-fitur dalam CorelDRAW adalah termasuk penyesuaian kontras, penyeimbangan warna, menambahkan efek khusus seperti batas ke gambar, dan mampu bekerja dengan banyak layer dan banyak halaman.

Berikut ulasan mengenai CorelDRAW dan kelebihannya yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (28/9/2020).

2 dari 5 halaman

Mengenal CorelDRAW

CorelDRAW adalah program perangkat lunak untuk mengedit grafik vektor. Grafik vektor dibuat dalam paket grafik dan terdiri dari objek. Setiap objek dapat diedit secara terpisah, artinya bentuk, warna, ukuran, dan posisinya dapat diubah.

CorelDRAW dikembangan oleh perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Ottawa, Kanada. CorelDRAW memungkinkan pengguna untuk melakukan hal-hal seperti menambahkan efek khusus seperti bingkai ke gambar, selain memungkinkan penyesuaian kontras, penyeimbangan warna, dan lainnya.

Pengguna modern rangkaian program CorelDRAW dapat memilih dari beberapa versi termasuk satu yang dirancang untuk pengguna rumahan dan pelajar, satu untuk desainer grafis profesional, dan satu lagi ditujukan untuk ilustrasi teknis.

CorelDRAW adalah software yang tersedia untuk diunduh di situs web CorelDRAW. Pengguna dapat mencoba perangkat lunak dengan versi uji coba gratis dan dapat membeli langganan tahunan, atau dengan sekali bayar.

3 dari 5 halaman

Sejarah CorelDRAW

Corel Corporation didirikan oleh Michael Cowpland. Beliau lahir pada 23 April 1943 di Bexhill, Inggris. Michael Cowpland lulus Bachelor of Engineering di Universitas Imperial, London sebelum akhirnya memutuskan untuk pindah ke Kanada lalu meraih gelas master Ph.D. dari Carleton University, Kanada.

Sebelum Michael Cowpland mendirikan Corel, dirinya bersama Terry Mathews pernah mendirikan sebuah perusahaan telekomunikasi bernama Mitel Corporation yang sempat sukses besar sekitar tahun 70-an sampai awal 80-an. Sayang, perusahaan tersebut terpaksa berakhir karena masalah pada manajemen, ekspansi, serta pengembangan perusahaan yang gagal.

Lalu, tepat pada tahun 1984 perusahaan tersebut dibeli oleh British Telecom, dan dengan kucuran dana segar, Cowpland mencoba peruntungan kembali dengan mendirikan COwpland REsearch Laboratory atau yang lebih dikenal dengan singkatan Corel. Pada masa-masa awal, Corel hanya fokus pada pengembangan printer laser yang ditujukan untuk komputer pribadi.

Seiring berjalannya waktu, Corel mulai mengalami kesulitan untuk menembus pasar karena harus bersaing dengan produsen printer lainnya, belum lagi adanya beberapa produsen ptinter di Asia yang berani memasarkan produknya dengan harga murah dibandingkan produk dari Corel.

Dengan segala keadaan yang kurang menguntungkan tersebut, akhirnya Corel merubah arah dengan memproduksi perangkat lunak yang dapat mendukung proses kerja, kaitannya dengan dekstop publishing.

Sekitar tahun 1987 Corel memutuskan untuk melakukan rekrutemen para programmer antara lain adalah Pat Beirne dan Michel Bouillon, yang ditugaskan untuk menyusun perangkat lunak CorelDRAW. Selama dua tahun lamanya, pada tahun 1989 CorelDRAW akhirnya diperkenalkan ke publik dan meledak di pasaran. Hingga saat ini CorelDRAW adalah produk yang banyak digunakan dan dicintai para desainer grafis.

4 dari 5 halaman

Kelebihan CorelDRAW

CorelDRAW adalah salah satu andalan software para desain grafis. Software ini sangat mudah digunakan dan bisa dipelajari dengan cepat. Berikut kelebihan CorelDRAW:

Mudah untuk digunakan

CorelDRAW memberi kemudahan bagi para penggunanya saat dioperasikan. Salah satunya dengan fitur help dan bantuan online. Tampilan dari CorelDRAW juga sangat memanjakan mata dan membuat segala fiturnya mudah dipelajari.

Format file untuk import dan export cukup lengkap

CorelDRAW bisa menggunakan banyak format untuk keperluan import maupun export data. Bahkan CorelDRAW menyediakan format AI. Hal ini memungkinkan pengguna CorelDRAW membuka filenya di Adobe Illustrator. Adobe Illustrator adalah salah satu rivalnya. Namun sayang, hal tersebut tidak berlaku sebaliknya, dari Adobe Illustrator ke CoreDRAW.

Banyak tools yang bisa digunakan

Tools yang disediakan pada CorelDRAW sangat beragam dan memiliki fungsinya masing-masing. Beberapa tools yang ada di CorelDRAW adalah selection, editing, dan juga pemberian efek. Itulah mengapa pengguna CorelDRAW akan dimudahkan untuk menghasilkan gambar yang bagus dan menarik. Para pengguna CorelDRAW juga bisa menggunakan berbagai tollbox tersebut sesuai kebutuhan tanpa harus ragu dengan kualitasnya.

5 dari 5 halaman

Kekurangan CorelDRAW

Meski punya banyak kelebihan, CoreDRAW juga punya sejumlah kekurangan. Berikut kekurangan dari CoreDRAW:

Ukuran file besar

Salah satu kekurangan dari CorelDRAW adalah ukuran file yang besar. Hal ini menuntut para penggunaan harus memiliki PC yang spesifikasinya mumpuni serta kapasitas RAM yang tinggi. Sebab ukuran file mentah yang dihasilkan cukup besar. Terutama jika desain yang dibuat cukup kompleks.

Sulit membuat tabel

Hal ini dikarenakan CorelDRAW menggunakan basis vektor, sehingga membuat tabel di CorelDRAW relatif sulit dan membutuhkan beberapa klik agar hasil tabel sesuai keinginan.

Color Space perlu dikoreksi sebelum digunakan

Kemudian salah satu kekurangan yang cukup dirasakan pada CorelDRAW adalah akurasi warna dari palet yang disediakan. Sebab tak jarang, warna yang digunakan justru tidak sesuai dengan hasil cetakan.