Sukses

7 Tips Agar Nasi Tidak Cepat Basi dan Kering, Perhatikan Cara Memasak

Liputan6.com, Jakarta Tips agar nasi tidak cepat basi dan kering saat disimpan di rice cooker perlu diperhatikan. Penggunaan rice cooker saat memasak dan menyimpan nasi memang memberikan kemudahan. Apalagi, memasak nasi di rice cooker tidak membutuhkan waktu yang lama dan sangat praktis.

Namun, penggunaan rice cooker ini juga dapat membuat nasi cepat basi, berwarna kuning, bahkan cenderung kering. Oleh karena itu, kamu harus menerapkan beberapa cara sederhana agar nasi tidak cepat basi dan kering dalam rice cooker.

Tips agar nasi tidak cepat basi dan kering dilakukan dengan memperhatikan proses memasak. Mulai dari mencuci beras, penggunaan air yang tepat, mengaduk nasi saat memasak, hingga memasak nasi dalam porsi yang tepat perlu benar-benar kamu perhatikan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/9/2020) tentang tips agar nasi tidak cepat basi dan kering.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Tips Agar Nasi Tidak Cepat Basi dan Kering

Gunakan Jeruk Nipis atau Lemon

Tips agar nasi tidak cepat basi dan kering yang pertama adalah menggunakan jeruk nipis atau lemon. Sebelum memasak nasi, kamu bisa menambahkan beberapa tetes air jeruk nipis atau lemon ke dalam beras terlebih dahulu.

Penggunaan air jeruk nipis atau lemon selama ini dipercaya dapat membuat tekstur nasi menjadi semakin lembut dan sesuai dengan lidah. Warna nasi pun menjadi lebih putih dan tentunya tak akan mudah basi atau kering.

Cuci Beras Sampai Bersih

Mencuci beras hingga benar-benar bersih merupakan salah satu tips agar nasi tidak cepat basi dan kering yang sangat penting. Jadi, usahakan untuk mencuci beras hingga bersih sebelum memasak.

Mencuci beras hingga bersih tak hanya akan membuat nasi menjadi bersih dan putih. Lebih jauh, hal ini juga memungkinkan nasi yang dihasilkan akan semakin enak dan tak mudah basi serta kering.

3 dari 4 halaman

Tips Agar Nasi Tidak Cepat Basi dan Kering

Gunakan Air yang Cukup

Penggunaan air untuk memasak nasi di rice cooker juga sangat penting agar membuat nasi tidak cepat basi dan kering. Pastikan bahwa kamu memakai air yang cukup buat memasak nasi di rice cooker. Jangan sampai air yang digunakan kelebihan atau kekurangan.

Air yang berlebihan akan membuat nasi lembek dan mudah sekali basi. Sementara penggunaan air yang kurang, dapat membuat nasi menjadi kering dan keras. Jadi, selalu ikuti panduan pengisian air yang tepat saat memasak nasi.

Masak Buat Sekali Makan

Tips agar nasi tidak cepat basi dan kering selanjutnya adalah memasaknya untuk sekali makan saja. Hal ini sangat penting diterapkan agar nasi selalu fresh dan enak. Masak sekali makan tak hanya akan membuat nasi yang dimasak fresh dan enak, lebih jauh hal ini dipastikan akan mencegah nasi basi, nasi kuning atau nasi kering.

Nasi yang tetap fresh adalah nasi yang setelah masak langsung dimakan. Hindari menanak nasi di pagi hari sementara makannya di sore hari atau bahkan malam hari. Usahakan untuk masak di pagi hari buat makan pagi, masak siang buat makan siang dan seterusnya.

4 dari 4 halaman

Tips Agar Nasi Tidak Cepat Basi dan Kering

Aduk Nasi Saat Memasak

Jangan lupa buat mengaduk nasi saat proses memasak. Mengaduk nasi ini tujuannya agar nasi matang sempurna dan rata. Selain itu, mengaduk nasi saat proses memasak juga akan membuat tekstur nasi menjadi lebih lembut serta sesuai dengan lidah.

Kamu pun akan tahu apakah nasi akan kelebihan air atau kekurangan air. Mengaduk ini juga memungkinkan uap air yang ada di sela-sela nasi dapat tersebar rata.

Gunakan Rice Cooker Berkualitas

Tips selanjutnya agar nasi tak mudah basi dan kering adalah pastikan kamu menggunakan rice cooker yang berkualitas. Jangan sampai menggunakan rice cooker yang sudah rusak, atau beberapa bagiannya sudah tidak berfungsi.

Pastikan bahwa rice cooker yang kamu gunakan untuk memasak dalam kondisi baik dan terdiri dari elemen-elemen yang baik pula. Jangan sampai, rice cooker yang kamu pakai adalah rice cooker yang mengalami kerusakan baik di satu elemennya atau di beberapa elemannya.

Jaga Kebersihan Rice Cooker

Selain itu, pastikan untuk tidak menyimpan nasi dalam waktu yang lama dalam rice cooker. Bila ingin nasi tak kering, kamu bisa mencopot colokan rice cooker lalu membuka tutupnya dan membiarkan nasi dingin. Jika ingin makan nasi hangat, kamu bisa kembali memanaskan nasi.

Usahakan pula untuk selalu menjaga kebersihan rice cooker baik kebersihan di bagian dalam, juga kebersihan di bagian luar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.