Sukses

8 Wisata Kuliner Jombang Jawa Timur yang Enak dan Unik, Wajib Coba

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Jombang bisa menjadi pilihan tepat yang cukup dekat dengan Surabaya. Selain memiliki beberapa destinasi wisata kuliner yang menarik, kuliner Jombang juga harus kamu cicipi. Berbagai makanan yang enak dan unik bisa kamu nikmati di daerah ini.

Tidak berbeda jauh dengan daerah Jawa Timur lainnya, beberapa makanan seperti pecel, rawon, hingga urap menjadi pilihan kuliner yang menggugah selera. Namun, tentunya kuliner tiap daerah memiliki cita rasa masing-masing yang unik dengan rempah khas daerah. 

Wisata kuliner Jombang menjadi solusi makanan khas yang mampu menggoyang lidah. Mengunjungi beberapa tempat makanan legendaris yang namanya sudah terkenal tentunya menjadi kenikmatan tersendiri. Apalagi, dengan rasa makanan yang unik tentunya kamu akan ketagihan mencicipinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/9/2020) tentang wisata kuliner Jombang.

2 dari 5 halaman

Pecel Pincuk Bu Djiah dan Nasi Kikil Bu Tandur

Pecel Pincuk Bu Djiah

Wisata kuliner Jombang yang pertama adalah Pecel Pincuk Bu Djiah. Berlokasi di Jalan Wahid Hasyim, pecel pincuk ini merupakan salah satu kuliner legendaris di Jombang. Rasanya kurang jika jalan-jalan ke Jombang namun tidak mengunjungi Pecel Pincuk Bu Djiah.

Sama seperti pecel pada umumnya, pecel di sini terdiri dari beragam sayuran yang disiram saus kacang dengan rasa yang khas. Kamu bisa memilih nasi atau lontong. Lauk pauk yang ditawarkan pun lengkap, mulai dari tahu, tempe goreng, rempela ati goreng, empal daging, ayam goreng, telur ceplok, atau telur dadar.

Nasi Kikil Bu Tandur

Wisata kuliner Jombang selanjutnya juga legendaris, yaitu Nasi Kikil Bu Tandur. Bahkan, dikabarakan nasi kikil yang berlokasi di Jalan KH. Hasyim Asy'ari ini merupakan salah satu makanan favorit Presiden RI keempat, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Satu porsi nasi kikil biasanya terdiri dari nasi, kikil, nangka muda, dan paru yang disajikan menggunakan pincuk daun pisang. Menikmatinya di kala lapar tentunya akan memuaskan mulut dan perutmu.

 

3 dari 5 halaman

Sego Sadukan dan Ketan Merdeka

Sego Sadukan

Satu bungkus sego sadukan biasanya terdiri dari nasi, mi, ikan teri, serta irisan tempe, dan tahu. Wisata kuliner Jombang satu ini juga merupakan kuliner khas Jawa Timur. Cara penyajiannya menggunakan daun pisang sebagai wadah pembungkusnya.

Sego Sadukan banyak digemari karena tambahan sambal super pedasnya. Kamu juga dapat memilih beragam lauk tambahan yang ditawarkan, seperti telur, ayam, dan daging. Meski tampaknya sederhana, wisata kuliner Jombang ini berhasil membuat katagihan banyak orang.

Ketan Merdeka

Kudapan tradisional Ketan Merdeka satu ini sangat ramai dikunjungi saat pagi hari. Warung Ketan Merdeka berlokasi di Jalan Gusdur Nomor 29, Candi Mulyo.

Di wisata kuliner Jombang ini kamu bisa menikmati beraneka ragam ketan, seperti ketan hitam dan ketan putih. Seporsi ketan biasanya disajikan dengan dua macam bubuk yang berbeda warna, lalu ditaburi parutan kelapa.

4 dari 5 halaman

Ayam Panggang Urap dan Nasi Bali Daging

Ayam Panggang Urap

Wisata kuliner Jombang selanjutnya adalah Ayam Panggang Urap yang berlokasi di daerah Simpang Tiga Jombang. Menggunakan ayam kampung yang memiliki tekstur daging lembut dan empuk, menjadikan makanan ini semakin istimewa.

Ayam kampung tersebut dipanggang dengan olesan bumbu khas, sehingga rasa rempah-rempah terasa hingga ked aging ayam. Satu porsi ayam panggang urap semakin lengkap dinikmati bersama sepiring nasi.

Nasi Bali Daging

Nasi Bali Daging merupakan salah satu wisata kuliner Jombang yang cukup populer. Lauk-pauk yang biasanya menyertai hidangan Nasi Bali adalah daging, ayam, telur (rebus maupun goreng), tempe, bahkan tahu.

Nasi Bali Daging ini biasanya menggunakan daging khusus, yaitu pada bagian sanding lamur. Dengan rempah-rempah khas sebagai bumbunya, dijamin kamu bakal ketagihan. Kamu bisa menemui kuliner ini di Alun-alun Kota Jombang.

5 dari 5 halaman

Rawon Rosobo dan Es Degan Durian

Rawon Rosobo

Salah satu wisata kuliner Jombang yang juga sangat legendaris adalah rawon Rosobo yang berlokasi di jalan utama Surabaya-Jombang tepatnya di jalan raya Mojoagung. Tempat ini memang terkenal karena menu rawon yang bikin ketagihan.

Ciri khas rawon Rosobo adalah potongan daging atau yang disebut empal berukuran besar dan tebal. Selain itu rawon di tempat makan ini memiliki kuah yang gurih dan lezat.

Es Degan Durian

Wisata kuliner Jombang selanjutnya adalah Es Degan Durian khas Jombang. Jika biasanya es degan akan diberi tambahan rasa sirup gula merah saja, di Jombang kamu akan menemukan es degan dengan campuran buah durian, alpukat serta nata de coco untuk isiannya.

Es kelapa ditambahkan dengan daging buah durian membuat es ini memiliki dominan rasa manis. Selain itu rasa serta aroma yang khas dari buah durian tersebut sangat menggugah selera. Rasanya tidak perlu dipertanyakan lagi, tentunya sangat nikmat dan menyegarkan.

Itulah beberapa wisata kuliner Jombang Jawa Timur yang bisa kamu kunjungi dan cicipi. Saat jalan-jalan menikmati alam Jombang, jangan lupa untuk mengisi perut dengan makanan khas Jombang yang tak ada duanya.