Sukses

9 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kecantikan, Jaga Kesehatan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Buah ciplukan ini termasuk tanaman liar. Tumbuh di area tegalan, hutan, dan sawah kering. Selain disebut ciplukan, banyak pula yang menyebutnya sebagai morel berry.

Kini, buah hijau berkulit ini semakin tinggi saja popularitasnya. Bukan karena keunikan bentuknya, tetapi karena manfaat yang dimilikinya. Ada banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Meski sebernarnya banyak pula manfaat buah ciplukan untuk kecantikan yang kerap diabaikan.

Manfaat buah ciplukan untuk kecantikan ini berasal dari kandungan yang dimilikinya. Ada vitamin C, antioksidan, air, mineral, senyawa fisalin, withanolid, dan zat besi. Kandungan-kandungan inilah yang membuat buah ciplukan wajib dikonsumsi dengan rutin.

Nah, enggak heran kan kalau manfaat buah ciplukan untuk kecantikan ini ada banyak sekali. Tak hanya menjaga kecantikan luar seperti kesehatan kulit. Buah ciplukan pun bisa membantu menjaga kesehatan organ kewanitaan juga.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat buah ciplukan untuk kecantikan dari berbagai sumber, Selasa (29/9/2020).

2 dari 6 halaman

Penuaan Dini dan Penyakit Kulit

Penuaan Dini

Buah ciplukan bisa membantu mengatasi penuaan dini. Mampu mencegahnya sekaligus mengobati keriput yang datang sebelum waktunya. Manfaat buah ciplukan untuk kecantikan ini berasal dari kandungan vitamin C dan antioksidan yang dimilikinya.

Keduanya sangat baik untu pembentukan kolagen. Kolagen yang terbentuk dengan baik akan berdampak pada kulit yang sehat. Kulit akan nampak lebih segar, kencang, dan tidak kusam.

Penyakit Kulit

Bagi yang merasa memiliki penyakit kulit tak perlu khawatir lagi. Ada manfaat buah ciplukan untuk kecantikan yang bisa diandalkan. Terutama bagi yang memiliki masalah pada kulit yang gatal dan iritasi.

Selain itu, masalah stretch mark dan selulit bisa dinormalkan kembali. hanya perlu melumatkan daun ciplukan, lalu oleskan pada kulit bermasalah. Cara ini pun cocok digunakan untuk mengatasi masalah bisul dan kurap.

3 dari 6 halaman

Menghaluskan dan Mengencangkan Kulit

Menghaluskan Kulit

Memiliki kulit yang halus adalah impian banyak wanita. Aura kecantikan akan terpancar jika kulit yang dimiliki halus secara alami. Maka dari itu, cobalah manfaat buah ciplukan untuk kecantikan ini.

Mengonsumsinya secara rutin dapat membuat kulit lebih halus secara alami. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin C yang dimilikinya. Hingga membuat kulit mampu meremajakan dirinya lebih maksimal.

Mencegah Kulit Kering

Saat cuaca sedang tak stambil. Terkadang hujan, panas, dan hujan lagi. Pada kondisi ini, kulit akan menjadi kering dan iritasi. Selain menggunakan pelembap, cobalah konsumsi buah ciplukan.

Manfaat buah ciplukan untuk kecantikan ini berasal dari kandungan vitamin C yang dimilikinya. Vitamin C ini mampu melembapkan kulit dari dalam secara alami. Cobalah untuk mengonsumsinya secara rutin dengan porsi yang cukup.

4 dari 6 halaman

Memutihkan Kulit

Kulit yang nampak putih memang terlihat sehat. Bagi sebagian orang pun kulit putih membuatnya lebih percaya diri di depan banyak orang. Alih-alih mengonsumsi obat yang belum tentu baik untuk kesehatan, cobalah gunakan buah ciplukan.

Manfaat buah ciplukan untuk kecantikan ini bisa didapat dengan rutin mengonsumsinya. Sementara bagi yang tak suka buahnya, bisa memanfaatkan daun ciplukan. Bisa dibuat menjadi masker dan terapkan pada kulit lebih rutin.

Ciplukan ini sangat baik dan mampu mengoptimalkan pengangkatan sel-sel kulit yang mati. Tak hanya mengangkatnya, tetapi juga menggantinya dengan sel kulit yang baru. Hal inilah yang membuat buah ciplukan dapat memutihkan kulit secara alami.

5 dari 6 halaman

Obat Jerawat dan Kanker Payudara

Obat Jerawat

Bagi remaja yang sedang berajak dewasa, kemunculan jerawat rasanya sudah menjadi hal lumrah. Sementara bagi orang dewasa, kehadirannya cukup mengganggu dan bikin enggak percaya diri. Nah, alih-alih mengonsumsi obat, lebih baik andalkan manfaat buah ciplukan untuk kecantikan.

Ciplukan sangat baik untuk pemulihan radang yang menyebabkan jerawat menjadi lebih gawat. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan, air, mineral, dan vitamin yang dimilikinya. Ciplukan ini pun cocok dikonsumsi oleh ibu hamil.

Kanker Payudara

Wanita memang kerap dihadapkan dengan berbagai macam penyakit berbahaya. Penyakit ini pun kerap menyerang bagian-bagian cantiknya. Misalnya saja seperti payudara dan vagina.

Masalah yang kerap muncul adalah kanker. Salah satunya kanker payudara. Nah, untuk bisa menghindarkan masalah kanker payudara ini, cobalah konsumsi buah ciplukan.

Manfaat buah ciplukan untuk kecantikan wanita ini berasal dari senyawa fisalin dan withanolid. Keduanya sangat baik untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Sementara bagi yang sedang menjalani kemoterapi, buah ini tetaplah cocok dikonsumsi.

6 dari 6 halaman

Mengencangkan Payudara dan Jaga kehamilan

Mengencangkan Payudara

Memiliki payudara yang kencang memang nampak indah di tubuh wanita. Hanya saja tak semua wanita dianugerahi bentuk dan tekstur payudara yang demikian. Hal inilah yang kemudian membuat banyak wanita melakukan banyak upaya untuk mendapatkannya.

Upaya ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah ciplukan. Alih-alih mengonsumsi pil pengencang payudara, lebih aman konsumsi ciplukan. Manfaat buah ciplukan untuk kecantikan ini memang tak begitu kencangkan secara maksimal, tetapi masih bisa diandalkan.

Jika tak suka mengonsumsi, cobalah menjadikannya masker. Memang sedikit rumit, tetapi sebenarnya mudah saja dipraktikkan. Cukup ambil 13 lembar daun ciplukan muda, lalu campurkan dengan 1 buah pinang muda.

Tambahkan dengan 1 sendok teh garam. Lalu tumbuk semua bahan menjadi satu secara merata. Jika sudah menjadi adonan lebih halus, oleskan. Oleskan pada kulit payudara secara merata dan lakukan dengan lebih rutin.

Kehamilan

Dikaruniai kehamilan adalah anugerah bagi wanita. Hanya saja banyak wanita justru mengabaikan segala yang dibutuhkannya. Padahal ibu hamil sangat membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak dibanding saat tak hamil.

Asupan nutrisi yang seimbang ini pun akan berdampak pada kesehatan janin dan tubuhnya. Maka dari itu, cobalah konsumsi ciplukan. Ciplukan bisa membantu menjaga kehamilan dengan baik dan maksimal.

Manfaat buah ciplukan untuk kecantikan ini berasal dari kandungan zat besi yang dimilikinya. Zat besi ini bisa membantu cegah ibu hamil mengalami anemia. Hingga membuat perkembangan janin tak terganggu karenanya. Cobalah konsumsi buah ciplukan setiap hari untuk hasil maksimal.