Sukses

8 Penyebab Sakit Pinggang yang Harus Diwaspadai, Bisa dari Kebiasaan Buruk

Waspadai berbagai penyebab sakit pinggang berikut ini, bisa karena kebiasaan buruk.

Liputan6.com, Jakarta Timbulnya rasa sakit pada bagian pinggang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Bahkan, rasa sakit pada pinggang tersebut bisa menghambat aktivitas sehari-hari serta akan mengganggu kesehatan.

Maka dari itu, penting untuk memahami apa sebenarnya yang menjadi penyebab sakit pinggang. Sebab, penyebab sakit pinggang bisa diakibatkan kebiasaan sehari-hari. Mengingat pinggang merupakan salah satu bagian yang cukup besar perannya untuk membantu kelancaran gerak tubuh.

Biasanya, rasa sakit pada pinggang yang sudah akut dapat berlangsung beberapa hari bahkan hingga beberapa minggu. Namun, jika memang kondisi sakit pinggang sudah kronis, maka rasa sakit tersebut bisa berlangsung hingga lebih dari tiga bulan.

Agar tidak terlanjur menjadi sakit pinggang yang kronis, maka perlu dipahami sejak dini penyebab sakit pinggang. Tujuannya agar penyebab sakit pinggang bisa dihindari dan juga bisa diobati.

Jika Anda salah satu yang sedang mengalami sakit pinggang, maka ada baiknya untuk memahami berbagai penyebab sakit pinggang yang bisa saja berasal dari kebiasaan buruk sehari-hari. Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum penyebab sakit pinggang tersebut untuk Anda, Selasa (29/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Sakit Pinggang yang Pertama

1. Duduk Membungkuk

Duduk dengan posisi membungkuk bisa menjadi penyebab sakit pinggang. Bahkan penyebab sakit pinggang ini cukup sering dialami orang-orang zaman sekarang. Sebab hampir setiap orang memiliki kebiasaan untuk menghabiskan waktu luang dengan duduk dan bermain ponsel.

Kemudian, saat bermain ponsel tidak sadar jika posisi duduk semakin membungkuk. Lalu, ketika posisi duduk mulai sering membungkuk, maka lekukan pada tulang belakang akan mengalami perubahan. Untuk meredakan rasa sakit pinggang ini, Anda bisa kompres es yang sudah dililit dengan kain atau handuk.

2. Salah Posisi Tidur

Salah posisi saat tidur juga menjadi salah satu penyebab sakit pinggang yang banyak dialami. Jika saat bangun tidur Anda mengalami sakit pinggang, maka ada baiknya benahi posisi tidur Anda. Hal ini bertujuan agar kondisi tidak semakin parah.

Namun, jika sudah terlanjur timbul sakit pinggang karena salah posisi tidur ini, maka untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba untuk berbaring telentang dan pastikan pinggang lurus. Lalu, letakkan bantal tipis di bawah kepala serta lutut.

Penggunaan bantal tersebut akan berguna untuk mengurangi tegangan pada leher serta pinggang bawah. Apabila Anda merasa sulit telentang, maka Anda bisa tidur telungkup dan posisikan bantal tipis pada bawah pinggul agar tekanan pada tulang belakang berkurang.

3 dari 5 halaman

Penyebab Sakit Pinggang yang Jarang Disadari

3. Terlalu Lama Berdiri

Selain karena duduk terlalu lama, ternyata berdiri terlalu lama bahkan hampir sepanjang hari juga dapat menjadi penyebab sakit pinggang. Tidak hanya waktu berdiri yang lama, bahkan posisi ketika berdiri juga akan memengaruhi kondisi leher, tulang belakang, serta bahu.

Berdiri dengan postur yang salah akan menyebabkan kelainan pada sumsum tulang belakang, seperti nyeri kronis dan tulang belakang akan melengkung. Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut posisi tubuh dengan benar ketika berdiri, duduk, maupun berbaring.

Usahakan untuk sedikit menekan otot dan ligamen. Sebab hal ini bertujuan agar sumsum tulang belakang tetap pada tempatnya, terutama saat Anda bergerak dan berolahraga.

4. Kondisi Kasur Terlalu Keras

Kemudian, penyebab sakit pinggang lainnya karena faktor Kasur yang digunaan tidur. Ternyata menggunakan tempat tidur yang kurang nyaman, contohnya seperti yang terlalu keras, dapat memicu sakit pinggang. Itulah mengapa, Anda perlu memerhatikan pemilihan kasur yang tepat dan juga nyaman. Sebab hal ini sangat penting dilakukan untuk mencegah timbulnya sakit pada pinggang.

4 dari 5 halaman

Penyebab Sakit Pinggang karena Faktor Tubuh

5. Stres

Meski terlihat sepele, namun stres juga bisa menyebabkan ketegangan otot pada area pinggang, bahkan hingga menimbulkan rasa sakit. Selain itu, gangguan mental lain seperti depresi atau gangguan cemas juga berpotensi meningkatkan keparahan rasa sakitnya. Itulah mengapa, gangguan mental seperti stres termasuk penyebab sakit pinggang yang penting untuk dipahami.

6. Kegemukan

Tubuh yang mengalami kegemukan juga berpotensi menjadi penyebab sakit pinggang. Sebab, berat badan yang terlalu berlebihan berpotensi memberi tekanan yang lebih berat pada tubuh. Dengan beban yang mungkin tidak berimbang dengan kemampuan topang otot dan tulang tubuh, maka bisa memicu timbulnya sakit pinggang.

5 dari 5 halaman

Penyebab Sakit Pinggang karena Kondisi Medis

7. Saraf Kejepit

Saraf kejepit merupakan penyebab sakit pinggang yang disebabkan keluarnya jaringan lunak di cakram yang ada di antara persendian. Gejala yang timbul dari sakit pinggang karena saraf kejepit bisa berupa rasa nyeri pada bagian pinggang bagian bawah dan juga pinggul, karena saraf pada bagian tersebut tertekan.

8. Stenosis Tulang Belakang

Lalu penyebab sakit pinggang yang terakhir karena stenosis tulang belakang. Hal ini bisa terjadi saat bagian tulang belakang mengalami penyempitan, hingga akhirnya memberi tekanan berlebih pada sumsum serta saraf tulang belakang.

Ada beberapa gejala yang timbul dari stenosis tulang belakang, seperti mati rasa, kram, dan badan terasa lemah. Umumnya gejala stenosis tulang belakang bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, salah satunya pinggang. Bahkan, gejalanya bisa lebih parah jika Anda sedang berdiri atau berjalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini