Sukses

Manajemen adalah Seni Melaksanakan dan Mengatur, Kenali Fungsinya

Liputan6.com, Jakarta Manajemen adalah suatu proses di mana seseorang dapat mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh individu atau kelompok. Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan atau target tertentu dari individu atau kelompok menggunakan sumber daya yang dimiliki.

Secara etimologi kata manajemen berasal dari Bahasa Prancis kuno, yang mana definisi manajemen adalah seni melaksanakan dan mengatur. Setiap orang pasti melakukan kegiatan manajemen.

Setiap kebiasaan yang dilakukan setiap hari merupakan hasil dari menerapkan ilmu manajemen. Contoh paling sederhana adalah dari cara kamu mengatur keuangan. Bahkan, tidak melulu soal uang, mengatur waktu juga tak luput dari sentuhan ilmu manajemen dalam kehidupan sehari-hari. 

Mempelajari ilmu manajemen sangatlah berguna untuk kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan ilmu manajemen, diharapkan sesuatu yang sedang dikerjakan dapat selesai tepat waktu dan tanpa ada hal yang menjadi sia-sia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/9/2020) tentang manajemen adalah.

2 dari 4 halaman

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Untuk lebih mengenal pengertian dari manajemen, kamu bisa memahami beberapa pengertian manajemen menurut para ahli:

Henry Fayol. Menurut Henry Fayol, manajemen adalah ilmu yang mengandung gagasan atau pun ide mengenai lima fungsi utama, yakni merancang, mengorganisir, memerintah, mengkoordinasi dan juga mengendalikan.

George R. Terry. Menurut George R. Terry, manajemen adalah suatu proses yang khas, yakni yang terdiri dari tindakan-tindakan: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang dilakukan dengan maksud menentukan dan mencapai sasaran-sasaran yang sebelumnya telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

Ricky W. Griffin. Sedangkan menurut Ricky W. Griffin, manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, serta pengontrolan terhadap sumber daya untuk mencapai sasaran dengan efektif dan juga efisien.

Lawrence A. Appley. Lawrence A. Appley mengartikan manajemen sebagai keahlian dalam membangkitkan orang lain agar bersedia melakukan sesuatu. Tak harus seseorang, keahlian manajemen juga dapat dimiliki oleh organisasi maupun kelompok.

Dari beberapa pendapat para ahli mengenai ilmu manajemen tersebut, bisa dipahami bahwa pengertian manajemen adalah proses perencanaan, mengorganisasi, mengarahkan dan mengendalikan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan dari organisasi dengan efektif serta efisien dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh organisasi.

3 dari 4 halaman

Fungsi Manajemen

Fungsi manajemen adalah elemen dasar yang harus melekat dalam manajemen sebagai acuan manajer (seseorang yang mengelola manajemen). Hal ini berguna dalam melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan dengan cara merencanakan, mengorganisir, mengoordinasi, dan mengendalikan.

Berikut beberapa fungsi manajemen yang perlu kamu ketahui:

Perencanaan (Planning)

Perencanaan adalah bagian terpenting dalam sebuah manajemen bisnis. Seorang manajer yang mengelola manajemen dalam perusahaan atau bisnis akan merencanakan dan mengevaluasi setiap tindakan yang sudah dan yang belum ditindaklanjuti dalam bisnis.

Pengorganisasian (Organizing)

Fungsi manajemen dalam bisnis yang kedua adalah sebagai pengorganisasian dengan membagi kegiatan besar menjadi beberapa kegiatan kecil atau serangkaian kegiatan. Tujuannya adalah untuk mempermudah manajer melakukan pengawasan yang lebih efektif dan menentukan sumber daya yang dibutuhkan untuk setiap kegiatan yang sudah dibagi menjadi lebih efisien.

Penempatan (Staffing)

Mirip dengan organizing, namun penggunaannya lebih luas. Bila organizing lebih memperhatikan manajemen sumber daya manusia, maka staffing lebih memperhatikan sumber daya secara umum. Beberapa sumber daya tersebut diantaranya; peralatan, perlengkapan, dan inventaris yang ada pada sebuah organisasi.

Pengarahan (Directing)

Fungsi manajamen dalam bisnis juga sebagai suatu tindakan yang mengupayakan agar setiap anggota bisnis atau kelompok mampu mencapai sasaran dan target sesuai prosedur manajerial yang sudah direncanakan. Seorang manajer akan melakukan pengarahan jikalau terjadi masalah atau jika apa yang dikerjakan tidak sesuai dengan yang direncanakan.

Pengawasan (Controlling)

Dari serangkaian rencana dan tindakan yang sudah dijalankan, perlu adanya pengawasan atau controlling. Fungsi manajemen bisnis dalam hal ini adalah melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap kinerja sumber daya perusahaan. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa strategi pelaksanaan sudah dijalankan sesuai dengan perencanaan.

4 dari 4 halaman

Unsur-unsur Manajemen

Unsur-unsur manajemen adalah penunjang kegiatan berbisnis agar berjalan lancar. Masing-masing unsur ini saling melengkapi dan harus diposisikan dengan setara. Secara umum, ada 6 unsur pada kegiatan manajemen, yaitu:

Manusia (Human)

Faktor yang paling penting dalam kegiatan manajemen adalah manusia. Dalam kegiatan manajemen, sumber daya manusia membuat rencana dan tujuan yang ingin diraih. Untuk itu, tanpa adanya manusia, kegiatan manajemen tidak akan pernah ada.

Uang (Money)

Uang merupakan unsur manajemen yang sangat berpengaruh karena hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah yang beredar di suatu perusahaan. Unsur uang dapat menjadi alat dalam proses pencapaian tujuan dengan penggunaannya yang diperhitungkan secara rasional. Biaya operasional dalam sebuah kegiatan manajemen tentu membutuhkan uang agar dapat berjalan baik.

Material (Materials)

Unsur material merupakan faktor penting dalam dunia usaha karena hasil yang baik hanya bisa dicapai bila terdapat material yang baik. Jadi, jika material yang dipilih buruk, tujuan manajemen akan sulit tercapai.

Mesin (Machines)

Mesin sangat dibutuhkan manusia untuk melakukan pekerjaan yang sulit menjadi lebih mudah dan cepat. Penggunaan mesin akan meningkatkan hasil dan keuntungan serta membuat proses kerja menjadi lebih efektif dan efisien.

Metode (Methods)

Proses pelaksanaan kerja hanya dapat berjalan dengan efektif dan efisien bila dilakukan dengan metode yang tepat. Suatu metode kerja harus mempertimbangkan sasaran, fasilitas, waktu, uang, dan kegiatan bisnis. Unsur ini perlu mendapat campur tangan manusia agar dapat tercipta dengan baik.

Pasar (Market)

Unsur ini terbilang krusial karena sebuah bisnis hanya dapat berkembang jika telah dikenal di pasaran. Unsur pasar dipengaruhi oleh unsur material karena barang atau jasa yang laku harus memiliki kualitas baik.