Sukses

Bikin Salut, Pria Lansia Ini Mengajar Anak-anak Selama 75 Tahun Secara Gratis

Pria lansia ini tulus mengajar anak-anak tanpa dibayar.

Liputan6.com, Jakarta Seseorang yang peduli akan pendidikan, akan melakukan ragam cara untuk memfasilitasi anak-anak agar dapat mengenyam pendidikan. Salah satunya adalah memfasilitasi anak-anak yang tidak mampu untuk menempuh pendidikan di bangku sekolah. Kisah pria ini salah satunya.  

Ya, menuntut ilmu tak hanya di bangku sekolah, namun juga bisa di alam dan lingkungan sekitar. Seorang pria Lansia asal India ini dengan tulus memberikan fasilitas untuk anak-anak yang kurang mampu untuk mengenyam pendidikan.

Aksi inspiratif ini sudah dilakukan selama 75 tahun dan tidak memungut biaya sepeser pun. Tentunya kisah tentang apa yang dilakukan pria lansia ini membuat warga sekitar salut dengan ketulusannya dan kepeduliannya terhadap pendidikan.

Kisah inspiratif tentang pria lansia yang mengajar anak-anak selama 75 tahun terakhir secara gratis ini dilansir Liputan6.com dari Indiatimes.com pada Rabu, (30/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengajar Anak-anak Selama 75 Tahun Secara Gratis

Pria lansia yang berasal Odisha, India ini sudah mengajar anak-anak selama 75 tahun terakhir. Tak hanya mengajar anak-anak, pria yang bernama Nanda Prasty ini juga mengajar lansia pada malam harinya. Sehari-hari, Nanda Prasty mengajar di bawah pohon bersama murid-muridnya. Dia mengambil jeda dari mata pencaharian profesionalnya untuk mendidik anak-anak muda dari distrik Jajpur.

“Saya dulu bekerja di ladang dan melihat banyak orang di desa kami yang buta huruf. Mereka bahkan tidak dapat menuliskan nama mereka dan hanya terbatas pada jejak jempol. Saya menelepon mereka hanya untuk mengajari mereka cara tanda tangan. Tetapi setelah itu, banyak yang menunjukkan minat dan mulai membaca. Saya sekarang mengajar cicit dari siswa angkatan pertama saya, ”kata Prasty dikutip Indiatimes dari ANI.

Nanda Prasty sudah diminta untuk memanfaatkan bantuan pemerintah membuat infrastruktur agar dirinya dapat mengajar dengan nyaman. Namun, hal tersebut selalu ditolak oleh pria lansia yang berasal dari Desa Bartanda ini.

Terlepas dari penolakannya, dan mengingat usia tuanya, desa telah memutuskan untuk membangun fasilitas pengajaran dan meminta lelaki lanjut usia itu untuk melanjutkan pelayanannya dengan damai.

Ketika ditemui, masyarakat desa menuturkan jika Nanda Prasty tetap semangat dan gigih ketika mengajar walaupun cuaca sedang tidak mendukung. Walaupun cuaca sedang panas hingga cuaca hujan sekalipun, pria lansia ini tetap mengajar anak-anak di bawah pohon.

 

3 dari 3 halaman

Jadi Inspirasi

Kisah inspratif tersebut awal mula diunggah di lama Twitter ANI pada 27 September 2020. Dalam kolom komentar postingan tersebut, banyak warganet yang salut dengan niat baik pria lansia ini yang tulus mengajar anak-anak dan warga lansia lainnya. Peduli dengan pendidikan, pria lansia ini tulus mengajar selama 75 tahun terakhir walaupun tanpa di bayar dan menolak bantuan dari pemerintah.

“Kerja bagus Pak, jangan terima bantuan pemerintah.”

“Pria hebat. Definisi untuk guru yang ideal.”

“Dia adalah pahlawan sejati negara.”

“Ini adalah guru sejati . Tuhan Memberkati.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini