Sukses

10 Tanaman Hias yang Cocok Ditaruh di Jendela, Tahan Panas

Liputan6.com, Jakarta Tanaman hias yang cocok ditaruh di jendela bisa jadi pemanis eksterior sekaligus interior rumah. Jendela rumah merupakan tempat yang banyak terkena sinar matahari. Beberapa jenis tanaman sangat cocok di tempat ini.

Tanaman hias yang cocok ditaruh di jendela biasanya membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh subur. Bersama dengan air, cahaya adalah elemen terpenting dalam menumbuhkan tanaman yang sehat. Tanaman hias ini bisa mempercantik rumah dan memberi kesan asri.

Tanaman-tanaman ini bisa digantung di jendela atau ditaruh di pinggir jendela. Perawatan tanaman ini juga cukup mudah. Berikut 10 tanaman hias yang cocok ditaruh di jendela, dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(30/09/2020).

2 dari 6 halaman

Tanaman hias untuk jendela

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman serbaguna yang bisa tumbuh dengan mudah. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan tidak memerlukan perawatan khusus. Lidah buaya bisa diletakkan di pinggir jendela atau digantung pada pot gantung. Lidah buaya bisa mentolerir sinar matahari penuh dan sangat tahan akan kekeringan.

Lidah mertua

Lidah mertua juga menjadi pilihan terbaik untuk tanaman hias di dalam maupun luar ruangan. Lidah buaya akan tumbuh subur dalam cahaya terang. Tanaman ini juga akan tumbuh dalam kondisi teduh. Jika beruntung, lidah mertua bisa menghadiahimu bunga putih yang harum.

3 dari 6 halaman

Tanaman hias untuk jendela

Jade plant

Jade plant juga dikenal sebagai tanaman giok, pohon uang, atau tanaman keberuntungan. Jade plant termasuk dalam jenis sukulen dengan daun kecil dan bunga merah atau putih. Tanaman giok membutuhkan setidaknya empat jam sinar matahari setiap hari, jadi jendela yang menghadap ke selatan sangat ideal.

Tanaman ini sangat ideal pada sinar matahari penuh dengan drainase yang baik. Jaga kelembapan tanaman giok dengan menyiramnya saat permukaan tanah kering untuk mencegah daun rontok.

Sukulen tasbih

Jenis sukulen lain yang bisa ditanam di ambang jendela adalah sukulen tasbih atau String of Pearls. Tanaman ini termasuk jenis sukulen dengan batang panjang dan daun mirip butiran tasbih yang menjulur ke bawah. Sukulen tasbih menyukai cahaya tidak langsung yang cerah, tanah berpasir, dan penyiraman yang jarang. Tanaman ini sangat mudah dibiakkan dengan cara stek batang.

4 dari 6 halaman

Tanaman hias untuk jendela

Euphorbia trigona

African Milk Tree atau Euphorbia trigona merupakan jenis sukulen yang bisa mentolerir cahaya matahari yang kuat. Tanaman ini memiliki batang tegak dan jumlah cabang daun yang tumbuh ke atas. Meski bukan kaktus, sukulen ini memang menumbuhkan duri tajam. Tanaman ini berumur panjang dan dapat tumbuh sangat kuat. Euphorbia trigona juga sangat tahan kekeringan.

Croton

Croton atau puring merupakan tanaman hias yang sering ditemui di taman. Tanaman ini termasuk jenis perdu yang memiliki bentuk dan warna daun bervariasi mulai dari hijau, kuning, jingga, merah, ungu, serta campurannya. Tanaman hias ini juga cocok ditempatkan di ambang jendela rumah.

Tanaman ini cukup disirami saat permukaan tanah terasa kering. Tanaman puring membutuhkan suhu hangat untuk tumbuh subur dan mungkin akan mati jika suhu turun di bawah 15 derajat celcius.

 

5 dari 6 halaman

Tanaman hias untuk jendela

Areca Palm

Areca Palm atau yang juga dikenal sebagai palem kuning merupakan tanaman hias yang populer untuk interior rumah. Tanaman ini dapat tumbuh sekitar 6 hingga 8 kaki di dalam ruangan. Areca Palm cocok ditaruh di sisi jendela besar untuk memberi sudut hijau yang asri.

Tanaman ini termasuk tanaman yang membutuhkan cahaya yang cukup terang. Areca Palm adalah pilihan yang populer dan relatif murah. Di dalam ruangan, pohon pinang tumbuh paling baik dengan cahaya terang seperti dari jendela yang menghadap ke selatan atau barat dan dapat bertahan lebih lama dengan sinar matahari langsung.

Sago Palm

Jenis tumbuhan palem yang bisa ditaruh di jendela adalah sago palm. Sago Palm memiliki daun mirip sikat yang lebat. Tanaman hias ini cocok dengan skema dekorasi modern. Sago Palm juga termasuk tanaman yang jarang merontokkan daunnya, menjadikannya pilihan yang rapi untuk kamar tidur atau ruang tamu yang cerah. Namun, tanaman ini bisa sangat beracun bagi hewan peliharaan dan anak anak.

6 dari 6 halaman

Tanaman hias untuk jendela

Kembang sepatu

Tak cuma tanaman hijau yang bisa ditempatkan di ambang jendela. Kamu juga bisa memberi warna menarik di jendela dengan tanaman berbunga yang indah. Kembang sepatu bisa jadi pilihan untuk hiasan di jendela.

Tidak ada tanaman hias yang membawa bunga lebih besar di dalam ruangan selain kembang sepatu. Tanaman ini membutuhkan cahaya yang kuat agar dapat berbunga. Agar kembang sepatu tetap sehat, berikan kelembapan yang teratur dan merata dan hindari tanah yang basah.

Melati

Selain keindahan warna kembang sepatu, Anda juga bisa memberi keharuman di jendela. Jenis tanaman yang bisa menambah keharuman di rumah adalah melati. Melati putih memang sederhana tetapi memiliki bunga yang berlimpah.

Beberapa varietas juga mekar dalam warna merah muda. Tanaman melati menyukai sinar matahari yang terang tapi tidak langsung. Mereka membutuhkan kondisi lembap dan air yang teratur.