Sukses

10 Cara Kompres File PDF dengan Mudah, Bisa Offline dan Online

Liputan6.com, Jakarta Cara kompres file PDF sangat berguna untuk kamu yang ingin mengecilkan ukuran file. Apabila ukuran file PDF tidak sesuai tentunya akan membuat file PDF kamu tidak dapat diunggah. Jika kamu ingin melamar kerja misalnya, setiap perusahaan tentunya memiliki persyaratan ukuran file PDF yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu penting buat kamu mengetahui cara kompres file PDF agar file kamu dapat diunggah. Banyak cara yang bisa kamu coba untuk kompres file PDF kamu. Selain online, cara komres file PDF juga bisa melalui offline.

Aplikasi yang tersedia pada laptop atau komputer, bisa digunakan untuk kompres file PDF agar ukurannya menjadi lebih kecil. Kamu sudah dapat kompres file PDF kamu dengan aplikasi yang tersedia ataupun situs online.

Selain mudah, situs online untuk cara kompres file PDF ini juga gratis dan bisa digunakan kapan saja jika kamu membutuhkan untuk kompres file PDF.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang cara kompres file PDF yang mudah dan gratis, Kamis (1/10/2020).

2 dari 7 halaman

Cara Kompres File PDF Secara Online

Jika kamu tidak mau ribet menggunakan aplikasi atau software pengedit foto, kamu bisa memanfaatkan situs kompresi fuile PDF yang bisa diakses gratis. Cara kompres file PDF secara online ini juga cukup mudah. Kamu cukup mengunggah file PDF yang ingin kamu kompres, sesuaikan ukurannya, dan tunggu proses kompresinya.

Berikut beberapa situs yang bisa mengecilkan foto secara online:

1. Situs smallpdf.com

Situs ini merupakan salah satu situs online cara kompres file PDF. Selain menyediakan cara kompres file PDF, situs ini juga menyediakan cara mengconvert file PDF kamu hingga cara menggabungkannya. Selain itu, situs smallpdf.com ini juga dapat membantu kamu agar mengedit file PDF jika kamu ingin mengeditnya.

Selain menyediakan layanan cara kompres file PDF, situs online ini juga menjelaskan bagaimana cara menggunakan situs ini agar file PDF yang ingin kamu kompres ataupun edit sekalipun. Situs ini tentunya dapat memberikan kemudahan untuk file PDF kamu yang ukurannya sangat besar.

2. Situs pdfcompressor.com

Situs selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk kompres file PDF adalah pdfcompressor.com . Selain menyediakan cara untuk kompres file PDF, situs ini juga dapat membantu kamu jika kamu ingin mengubah file PDF kamu menjadi DOC, Text hingga JPG sekalipun.

Situs ini juga merupakan situs gratis yang bisa kamu gunakan jika kamu butuhkan. Menggunakan situs pdfcompressor.com kamu dapat mengunggah 20 file dalam sekali unggah.

3. Situs ilovepdf.com

Situs online selanjutnya yang menyediakan cara kompres file PDF adalah ilovepdf.com . Selain dapat membantu kamu kompres file PDF, situs ini juga bisa membantu kamu untuk mengkonversi PDF kamu. Kamu juga dapat memisahkan hingga menggabungkan file PDF dengan situs online gratis satu ini.

Jika kamu ingin mengubah file PDF ke dokumen ataupun JPG, situs ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu. Situs online gratis dapat memberikan kemudahan, karena tak hanya bisa digunakan untuk kompres file PDF saja namun juga mengubah file PDF menjadi jenis file lainnya.

4. Situs pdfcandy.com

Situs PDF Candy merupakan situs yang menyediakan cara kompres file PDF. Tak perlu khawatir, situs ini adalah situs online gratis yang bisa kamu gunakan kapanpun kamu butuhkan. Tak hanya menyediakan cara kompres file PDF, situs ini sama seperti ilovepdf.com yang juga menyediakan layanan cara konversi PDF hingga mengubah PDF.

Situs online ini juga memberikan penjelasan bagaimana cara menggunakan situs ini agar kamu tidak bingung ketika sudah masuk ke laman situs tersebut.

5. Situs hipdf.com

Situs online cara mengecilkan file PDF yang gratis tentunya selalu dicari. Situs gratis tersebut biasanya dicari oleh mahasiswa ataupun freshgraduate yang ingin melamar kerja. Situs hipdf.com bisa menjadi pilihan untuk kamu yang sedang membutuhkan situs kompres file PDF.

Selain menyediakan cara kompres file PDF, situs online gratis satu ini juga menyediakan cara lainnya yang berhubungan dengan dokumen kamu.

3 dari 7 halaman

Cara Kompres PDF dengan Microsoft Word

Setiap orang tentunya memiliki Microsoft Word di laptop ataupun di komputernya. Selain menggunakan situs online, Microsoft Word merupakan salah satu cara kompres PDF yang bisa digunakan.

Cara ini diperuntukkan untuk kalian yang memiliki Microsoft Word versi 2013 keatas. Cara kompres file pdf dengan Microsoft Word adalah sebagai berikut :

1. Buka Word kalian kemudian Pilih File – Open dan buka file PDF kalian.

2. Saat membuka file PDF di Word, akan secara otomatis dikonversi menjadi file Word. Jika ada pop up pemberitahuan klik saja OK untuk melanjutkan.

3. Setelah dokumen terbuka, pilih Save As (File – Save As)

4. Pilih Save as type : PDF (*.pdf) dan Optimize for : Minimum size (publishing online), kemudian klik Save

 

4 dari 7 halaman

Cara Kompres File PDF di HP

Bagi kamu yang yang ingin kompres file PDF melalui HP, kamu bisa menggunakan aplikasi yang tersedia di ponsel pintar kamu denga mendownload terlebih dahulu aplikasi tersebut melalu playstore. Kamu bisa menggunakan aplikasi PDF Compress untuk kompres file PDF melalui HP.

Berikut cara kompres file PDF melalui HP :

1. Install Aplikasi

Hal utama yang pertama harus kamu lakukan yakni install aplikasi cara kompres file PDF yakni PDF Compress. Hanya membutuhkan jaringan internet, kamu sudah bisa mendapatkan aplikasi tersebut kemudian menggunakannya. Setelah terpasang, kamu langsung bisa menggunakannya.

2. Izinkan Aplikasi

Setelah kamu membuka aplikasi tentunya akan timbul tulisan ‘Izinkan Aplikasi’. Jika tulisan tersebut muncul kamu langsung bisa klik ‘Izinkan’.

- Pada penggunaan pertama, aplikasi ini akan meminta ijin akses penyimpanan terlebih dahulu.

- Silahkan klik OK kemudian pilih Izinkan, kemudian tunggu hingga app siap digunakan.

- Setelah itu, tap pada tombol Open PDF, kemudian cari file yang ingin kalian kompres dan tap pada Select. 

3. Atur Metode Kompres

Selanjutnya kamu bisa mengatur metode kompres dengan menggunakan cara di bawah ini agar memudahkan kamu menggunakan aplikasi tersebut.

- Selanjutnya kalian bisa mengatur level pengompresan yang akan dilakukan. Disarankan untuk memakai Recommended Compression, kemudian tekan Compress.

- Terakhir tinggal menunggu prosesnya, setelah selesai kalian akan melihat hasilnya sendiri.

- Ukuran file PDF berkurang bahkan lebih dari setengah dari sebelumnya.

5 dari 7 halaman

Cara Kompres File PDF dengan Photoshop

Aplikasi photoshop merupakan aplikasi yang selalu digunakan dan selalu tersedia di laptop ataupun komputer kamu. Selain untuk mengedit foto, aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk kompres file PDF kamu.

Adapun langkah-langkah kompres file pdf offline menggunakan Adobe Photoshop yaitu

1. Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa komputer atau laptop Anda sudah memiliki software Adobe Photoshop. Anda bisa menggunakan Adobe Photoshop Cs3 ataupun versi lainnya.

2. Jika sudah memilikinya, bukalah software tersebut.

3. Kemudian, klik menu File dan pilih Open. Anda juga bisa menggunakan cara langsung dengan menekan tombol Ctrl + O.

4. Setelah itu, akan muncul kotak dialog Open File. Pilihlah file pdf yang ingin diperkecil ukurannya dan klik Open.

5. Setelah file terbuka di Adobe Photoshop, simpan file tersebut dengan klik File dan pilih Save As atau menekan tombol Ctrl + Shift + S. Karena Anda hanya akan memperkecil ukuran file pdf, maka pada kolom Type file tetaplah menggunakan format pdf.

6. Langkah berikutnya yaitu klik Save (Simpan), maka akan muncul kotak dialog baru yang berisi pilihan kualitas file. Pilih kualitas yang rendah agar ukuran file pdf menjadi lebih kecil.

7. Akhiri cara kompres file pdf melalui Adobe Photoshop dengan klik Save.

6 dari 7 halaman

Cara Kompres File PDF dengan Adobe Acrobat

Adobe Acrobat merupakan aplikasi pengelola file PDF yang sangat populer. Biasanya ia digunakan untuk membuka dan membaca berkas berekstensi PDF. Selain itu juga bisa dipakai untuk membuat file PDF baru. Namun ternyata Adobe Acrobat ini juga punya fitur compress yang tak diketahui banyak orang. Nah mungkin kalian penasaran bagaimana cara memperkecil ukuran document dengan software ini.

1. Pertama, silahkan download dan install aplikasi Adobe Acrobat di PC/laptop kalian masing-masing.

2. Setelah itu, langsung saja buka softwarenya. Klik menu Tools kemudian pilih Optimize PDF.

3. Cari file yang ingin kalian kompres.

4. Setelah terbuka, pilih menu Reduce File Size dan simpan file.

5. Selanjutnya kalian bisa lihat ukuran file PDF tersebut akan jauh lebih kecil daripada sebelumnya.

7 dari 7 halaman

Cara Kompres File PDF dengan Orpalis PDF Reducer

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa aplikasi yang satu ini memang dikhususkan untuk mengecilkan size file PDF. Berikut cara kompres file PDF dengan Orpalis PDF Reducer :

1. Silahkan download dan install software Orpalis PDF Reducer pada perangkat PC kalian.

2. Kemudian buka aplikasinya, kalian akan melihat beberapa menu disana.

3. Pada bagian Source Folder silahkan pilih Folder tempat kalian menyimpan file PDF yang akan dikompres.

4. Sedangkan pada Destination Folder, silahkan pilih pada folder tujuan penyimpanan hasil kompres.

5. Setelah semuanya disesuaikan, tinggal klik Start Batch untuk memulai prosesnya.

6. Silahkan tunggu dan lihat progressnya pada bagian Status. Apabila sudah selesai, cek hasilnya pada Destination Folder yang telah kalian atur sebelumnya.