Sukses

6 Manfaat Lipstik untuk Bibir, Kenali Juga Jenis-jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Lipstik merupakan salah satu make up yang tak pernah ketinggalan digunakan oleh seorang wanita. Lipstik atau pewarna bibir ini menjadi make up yang dapat meningkatkan kepercayaan diri seorang wanita. Lipstik telah ditemukan sejak masa kuno ketika batu permata semimulia dihancurkan dan dioleskan ke bibir dan kadang-kadang ke mata. 

Pewarna bibir satu ini bisa membuat wajah kamu menjadi lebih fresh dan terlihat memesona. Setiap brand kosmetik yang memproduksi lipstik tentunya telah menghadirkan ragam warna yang kemudian dapat dipilih oleh kaum wanita.

Ragam warna lipstik ini terdiri dari warna nude hingga warna berani seperti merah salah satunya. Selain itu, lipstik menyimpan ragam manfaat untuk bibir kamu. Lipstik dapat membantu bibir kamu agar terlihat lebih sehat dan lembab.

Seiring dengan perkembangan zaman, jenis lipstik tidak hanya satu. Ada sejumlah jenis lipstik yang bisa dipilih sesuai dengan jenis bibir, warna bibir, sampai dengan keinginan penggunanya untuk memperoleh tampilan bibir tertentu.

Menyimpan ragam manfaat, berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat lipstik untuk bibir, Kamis (1/10/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Manfaat Lipstik untuk Bibir

1. Menyamarkan Luka dan Kerusakan pada Bibir

Manfaat yang pertama adalah lipstik mampu menyamarkan luka dan kerusakan pada bibir. Lipsitk mampu memberikan perlindungan jika bibir kamu kering. Jika bibir kering, biasanya bibir menjadi lebih mudah terluka. Oleh sebab itu, jika kamu mengoles lipstik pada bibir kamu tentunya dapat menyamarkan luka dan kerusakan pada bibir.

2. Melindungi dan Melembabkan

Manfaat satu ini tentunya sudah diketahui. Selain memberikan warna yang menarik pada bibir, lipstik juga mampu memberikan perlindungan dan melembabkan bibir dari paparan sinar matahari. Jika beraktivitas di luar ruangan tentunya akan membuat bibir menjadi kering jika tidak dilindungi dengan lipstik.

Kandungan vitamin E, UV protections, dan vitamin C pada lipstik tentunya bermanfaat bagi kesehatan dan dapat melindungi kecantikan bibir. Lipstik dengan kandungan vitamin E, UV protections, dan vitamin C tentunya berguna buat kamu yang sering berada di ruangan ber-AC hingga yang sering berkegiatan di luar ruangan karena bibir tetap terlindungi sehingga masih terasa lembab dan tidak pecah-pecah.

3. Mengkilapkan Bibir

Selain dapat melembabkan bibir, lipstik juga mampu mengkilapkan bibir. Apabila bibir mengkilap tentunya dapat mendukung penampilan kamu agar lebih menawan. Hal ini dapat dilakukan, terutama bagi anda yang memiliki kulit bibir yang gelap dan juga kusam. Dengan menggunakan lipstik ini, maka bibir anda yang tadinya terlihat kusam dan gelap akan langsung menjadi cerah dan menarik.

Namun demikian, hal ini memang tergantung dari jenis lipstick dan juga warna lipstik yang digunakan, karena memang tidak semua jenis dan juga merk dari lipstik cocok untuk kamu gunakan.

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Lipstik untuk Bibir

4. Membuat Wajah Agar Terlihat Tidak Pucat

Memoles bibir dengan lipstik tentunya dapat membuat wajah kamu menjadi lebih berseri dan tidak pucat. Wajah yang pucat tentunya memperlihatkan kamu sedang suntuk dan tidak bersemangat. Namun jika kamu memoles bibir kamu dengan lipstik, tentunya dapat memberikan gairah tersendiri agar kamu semangat menjalani aktivits.

Penggunaan lipstik dapat memberikan manfaat dan juga dampak yang signifikan terhadap wajah kamu. Kamu tidak perlu menggunakan make up terlalu banyak, cukup menggunakan bedak dan juga lipstick dengan warna yang terpat saja. Maka hal tersebut akan membantu membuat wajah anda tidak terlihat pucat.

5. Meningkatkan Mood

Mood seorang wanita kadang berubah-ubah dan tak jarang sangat sulit untuk dipahami. Seseorang yang sedang bad mood biasanya memilih untuk habiskan waktu dengan mengkreasikan diri dengan bermakeup. Salah satunya dengan mengkreasikan bibir dengan ragam warna lisptik yang menarik.

Penerapan lipstik ombre atau mengombinasikan satu warna dengan lainnya bisa menjadi salah satu cara memakai lipstik yang menyenangkan. Tidak ada salahnya mencoba berbagai macam tren warna bibir.

6. Menyegarkan Tampilan Wajah

Lipstik yang dipoleskan pada bibir tentunya mampun untuk menyegarkan tampilan wajah. Setelah seharian beraktivitas, apabila kamu kembali memoleskan lipstik pada bibir kamu itu mampu membuat wajah kamu menjadi lebih segar dan memesona. Ketika terburu-buru, lipstik bisa dijadikan menjadi salah satu makeup wajib buat mendukung pesona kamu agar lebih terpancar.

4 dari 5 halaman

Jenis-jenis Lipstik

Lipstik memiliki ragam jenis dan setiap jenisnya memiliki manfaat yang berbeda-beda. Penting untuk mengenali jenis-jenis lipstik agar dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan bibir kamu.

1. Satin

Jenis lipstik yang pertama adalah satin. Jenis lipstik ini cocok untuk bibir kering. Kalau tipe bibirmu tergolong kering, kamu memang membutuhkan lipstik yang mampu memberikan efek glossy. Lipstik satin adalah pilihan yang tepat karena akan membuat tampilan bibir yang kering jadi lebih berkilau. Tak tanggung-tanggung, lipstik satin ini mengandung pelembab yang cukup tinggi di dalamnya.

Walaupun bersifat full coverage, lipstik satin ini tidak tahan lama dan mudah luntur jika kamu melakukan aktivitas yang melibatkan mulut, seperti makan dan minum. Kamu harus rajin-rajin memoleskan bibirmu dengan lipstik satin jika ingin warna bibirmu tetap on point.

2. Lip Tint

Lip tint diciptakan untuk mempercantik warna alami bibir Anda, menghadirkan warna yang lebih menempel dan tahan lama, tetapi tidak full coverage seperti lipstik. Mayoritas lip tint atau lipstain ini berbentuk cair, namun beberapa hadir juga dalam bentuk pensil, spidol atau krim. Produk ini merupakan senjata yang tepat untuk menciptakan gradient lips atau just bitten lips yang sedang tren.

Sejatinya, yang membedakan lip tint dengan jenis lipstik lainnya bukanlah teksturnya. Lip tint tidak mengandung lilin layaknya jenis lipstik lain. Bahan yang digunakan untuk membuat lip tint adalah air, alkohol, dan gel tanpa tambahan lilin maupun minyak. Lip tint bersifat mudah kering di permukaan bibir. Namun, daya tahan lip tint tidak sekuat lipstik matte.

3. Sheer

Jenis lipstik satu ini hampir sama dengan lipstik satin. Lipstik sheer juga sangat ideal dipakai oleh pemilik bibir kering. Bagaimana tidak, jenis lipstik ini mengandung pelembab yang sangat tinggi sehingga selain mewarna bibir, lipstik ini juga bisa menjadi pelembab layaknya lip balm.

Pigmentasi yang ditawarkan lipstik sheer ini tidak terlalu kuat. Hasil yang diberikan lipstik sheer tidak sepekat lipstik satin. Warna alami bibir tidak akan tertutup sempurna dengan lipstik sheer, melainkan lipstik ini hanya menambah sedikit rona pada bibirmu.

4. Matte

Lipstik mattebersifat pigmented dan tidak mudah terhapus. Bahkan, ada jenis lipstik matte yang tidak akan pudar meskipun kamu makan dan minum.

Sayangnya, lipstik matte sangat tidak cocok dipakai pada bibir yang kering. Garis-garis bibir yang kering bakal terlihat jelas ketika bibirmu dipoles dengan lipstik matte ini. Selain itu, bibir juga akan terasa kaku dan semakin kering jika menggunakan lipstik matte.

Solusi bagi pemilik bibir kering yang tetap ingin menggunakan lipstik matte adalah meng-cover bibir dengan lip balmterlebih dahulu. Kemudian, kamu pun bisa memilih lipsik matte yang terdapat kandungan pelembab di dalamnya agar bibir tidak terlalu kering. 

 

5 dari 5 halaman

Jenis-jenis Lipstik Lainnya

5. Creamy

Jenis lipstik creamy ini sangat cocok untuk bibir kering. Sesuai dengan namanya, lipstik creamy pasti akan terasa sedikit ‘basah’ di permukaan bibir. Meskipun begitu, warna yang ditawarkan cukup intens dan menghasilkan efek dewy.

Untuk mengaplikasikan lipstik creamy sebaiknya gunakan kuas khusus lipstik. Agar warnanya juga terlihat lebih matang, kamu boleh menggunakan lip liner terlebih dahulu pada permukaan bibir, lalu lapisi dengan lipstik creamy. 

6. Glossy

Lipstik glossy adalah jenis lipstik yang pasti bakal memberikan kesan basah untuk permukaan bibir. Kamu tak perlu menambahkan lip balm lagi ketika mengenakan lipstik jenis ini.

warna lipstik glossy ini biasanya tidak terlalu pekat sehingga tidak benar-benar memberi coverage penuh untuk menutupi warna asli bibir. Jadi, kalo tipe bibirmu kehitaman, kamu tidak disarankan untuk memakai lipstik yang satu ini. 

7. Crayon

Lipstik crayon memiliki ujung yang bulat dan besar. Cara pemakaian lipstik ini sama saja dengan ketika kamu memakai lipstik pada umumnya. Lipstik crayon juga mampu memberikan hasil warna yang pigmented. Terdapat kandungan pelembab yang cukup tinggi di dalam lipstik crayon.

8. Frosty 

Frosty lipstick atau disebut juga pearlescent lipstik adalah lipstik dengan taburan shimmer yang berlimpah, umumnya dalam tekstur yang creamy. Saat dipulaskan, lipstik ini akan melapisi bibir dengan nuansa keperakan dan memberi nuansa icy look yang tidak selalu cocok dengan semua orang. Mungkin itu sebabnya lipstik yang pernah berjaya di tahun 80-an ini tak mampu mampu mempertahankan eksistensinya hingga sekarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.