Sukses

Donald Trump Positif Corona Covid-19, Ini 5 Faktanya

Trump dan sang istri positif Corona Covid.

Liputan6.com, Jakarta Setelah sang asisten Presiden AS Donald Trump, Hope Hicks, dinyatakan positif terpapar Virus Corona COVID-19. Presiden AS Donald Trump mengatakan dia dan ibu negara Melania Trump dinyatakan positif Virus Corona COVID-19.

Kabar ini diunggah dari akun Twitter pribadi Donald Trump. “Kami akan segera memulai proses karantina dan pemulihan kami. Kami akan melewati ini bersama!"  seperti dikutip dari @realDonaldTrump pada Jumat (2/10/2020). 

Donald Trump mengumumkan Jumat pagi. Malam harinya, pemilik nama lengkap Donald John Trump ini sempat mengatakan akan melakukan karantina. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas fakta Donald Trump positif Covid-19, Jumat (2/10/2020). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Isolasi Mandiri

Presiden AS Donald Trump mengatakan dia dan ibu negara Melania Trump dinyatakan positif Virus Corona COVID-19.  Ia dan istri kini melakukan isolasi mandri. 

Kabar ini diketahui dari akun Twitter pribadi Donald Trump. “Kami akan segera memulai proses karantina dan pemulihan kami. Kami akan melewati ini bersama!" seperti dikutip dari @realDonaldTrump pada Jumat (2/10/2020).

3 dari 6 halaman

2. Melakukan Perjalanan

Dikutip dari laman BBC, penasihat presiden itu sempat melakukan perjalanan bersama Trump dengan Air Force One ke debat presiden AS di Ohio pada Selasa kemarin.

"Dia berada di tempat yang lebih dekat dengannya di atas helikopter Marine One," kata wartawan Gedung Putih pada Jumat (2/10/2020)

4 dari 6 halaman

3. Sebelumnya, Hick Asisten Trump Positif

Sebelumnya, penasihat terdekat Presiden AS Donald Trump, Hope Hicks, dites positif virus corona, seperti dilaporkan media AS pada Kamis 1 Oktober 2020 lalu. 

Pada hari Selasa (29/9/2020) lalu, Hicks digambarkan turun dari Air Force One turun tanpa masker. Setelah itu, ia melakukan perjalanan dengan presiden sehari kemudian ke rapat umum di Minnesota.

Menurut Bloomberg News, Hicks mengalami gejala terpapar tersebut, dan dikarantina di Air Force One dalam perjalanan kembali dari Minnesota.

 

5 dari 6 halaman

4. Menolak Menggunakan Masker

Trump memang menyatakan sering menolak penggunaan masker dan sering tidak melakukan social distancing dengan asisten atau orang lain selama kunjungan resmi.

Sebelumnya, Trump juga pernah mengatakan tidak setuju kalau warga AS memakai masker. Dalam sebuah wawancara dengan Fox News ia mengatakan memakai masker adalah kebebasan masing-masing orang.

"Saya tidak setuju kalau masker wajib digunakan semua warga AS. Memakai masker menjadi 'kebebasan tertentu,'" jelas Trump pada Juli 2020 lalu. 

6 dari 6 halaman

5. Corona di Gedung Putih

Sebelumnya, sekretaris pers Wakil Presiden Mike Pence Katie Miller dinyatakan positif pada bulan Mei 2020 dan telah pulih. Pada bulan yang sama, seorang anggota Angkatan Laut AS yang bertugas sebagai salah satu pelayan pribadi Trump dinyatakan positif terkena Virus Corona COVID-19.

Penasihat Keamanan Nasional Robert O'Brien, sejumlah agen Dinas Rahasia, pilot Marine One dan pekerja kafetaria Gedung Putih juga dinyatakan positif, lapor media AS. Terbaru, Hick asisten Donald Trump. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini