Sukses

6 Wisata Kuliner Mojokerto, Cita Rasa Tradisional dan Menggugah Selera

Liputan6.com, Jakarta Indonesia terdiri dari ratusan suku dan keanekaragaman budaya. Hal ini pula yang membuat kuliner di Nusantara menjadi beragam. Setiap daerah memiliki masakan khas dan andalan masing-masing, salah satunya yakni wisata kuliner Mojokerto.

Meski bukan termasuk kota besar di Jawa Timur, namun Mojokerto juga memiliki kuliner andalan yang sayang untuk dilewatkan. Ketika wisata kuliner Mojokerto, Anda bisa menemui berbagai macam pilihan rasa. Mulai dari makanan asin hingga makanan manis bisa anda temui di kota ini.

Wisata kuliner Mojokerto memiliki beragam masakan andalan yang sangat menggugah selera. Mulai dari makanan berat seperti Sate Bangil hingga makanan ringan seperti Bubur Struntul yang sangat sayang untuk anda lewatkan jika berkunjung ke Mojokerto, Jawa Timur.

Jika anda memiliki waktu, maka tak ada salahnya untuk mencoba wisata kuliner Mojokerto berikut ini, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (2/10/2020).

2 dari 7 halaman

Es Durian Pak Trimo

Untuk memulai wisata kuliner Mojokerto, tak ada salahnya untuk mencicipi hidangan ringan terlebih dahulu. Maka anda bisa mencoba manis dan sedapnya es durian Pak Trimo. Minuman ini sangat cocok ketika berada di cuaca panas di siang hari.

Rasa manis serta gurih dari perpaduan susu dan daging durian bisa menjadi pelepas dahaga di siang hari. Hal yang paling spesial dari tempat ini adalah rasa sirup khas buatan Pak Trimo yang dibuat khusus sehingga menghasilkan cita rasa yang sangat unik.

Lokasi: Jl. Gajah Mada No.49, Mergelo, Magersari, Kec. Magersari, Kota Mojokerto.

3 dari 7 halaman

Bubur Srunthul Bu Saudah

Selain menikmati es durian Pak Trimo, wisata kuliner Mojokerto yang wajib Anda cicipi adalah bubur srunthul Bu Saudah. Bubur Srunthul ini terbuat dari tepung sagu yang diolah berbentuk bulat-bulat dan dinamakan sebagai Srunthul. Tekstur dari bubur ini yakni manis, legit, dan kenyal.

Di Mojokerto, bubur Srunthul Bu Saudah merupakan salah satu makanan ringan yang paling terkenal kenikmatannya. Sehingga sangat sayang untuk dilewatkan jika anda berkunjung ke Mojokerto.

Lokasi: Jalan Mayjen Sungkono atau Wates bertepatan dengan barat lapangan sepak bola.

4 dari 7 halaman

Botok Tempe

Setelah dua makanan pembuka di atas, ada pula makanan makanan berat yang bisa anda coba, yakni botok tempe. Makanan ini merupakan salah satu makanan tradisional khas Mojokerto yang terbuat dari ampas kelapa yang diambil sarinya dan juga tempe.

Ampas kelapa dan tempe dipadukan dengan bumbu spesial dan dicampur bersama tahu, teri, serta udang. Botok tempe biasanya disajikan bersama nasi jagung yang menambah cita rasa unik serta lezat dari masakan ini.

Salah satu botok tempe yang paling terkenal di Mojokerto yakni Botok Mbah Parti yang biasa buka dari pukul 6 sore hingga pukul 11 malam. Satu porsi botok tempe dijual dengan harga yang cukup murah, yakni Rp 5 Ribu per porsinya.

Lokasi: Di depan Masjid Al Fatah dekat Alun Alun Mojokerto

5 dari 7 halaman

Waroeng Sego Sangit

Waroeng sego sangit merupakan salah satu wisata kuliner yang paling dicari di Mojokerto. Sesuai dengan namanya, rumah makan ini menyediakan menu spesial yakni sego sangit atau nasi bakar yang dibungkus dengan daun pisang hingga menimbulkan bau sangit atau bau hangus.

Dalam setiap porsinya, sego sangit biasa disajikan bersama dengan satu bungkus daun pisang yang dibakar beserta isiannya. Untuk bagian isinya, biasanya terdapat nasi dan lauk pauk sesuai dengan selera anda. Mulai dari daging sapi, daging ayam, dan lain sebagainya.

Lokasi: Jl. Raya Suromulan, Mergelo, Surodinawan, Kec. Prajurit Kulon, Kota Mojokerto

6 dari 7 halaman

Sate Bangil

Sate bangil merupakan salah satu kuliner andalan Mojokerto. Sate bangil sebenarnya adalah sate dari daging kambing seperti halnya yang biasa kita temui di daerah lain. Namun uniknya, di sate bangil ini kita bisa memilih isi sate kambing setiap porsinya sesuai dengan selera. Misalkan saja tanpa jeroan, atau tanpa lemak, dan lain sebagainya.

Sate bangil biasanya disajikan dengan bumbu kacang, irisan bawang merah, sambal kecap beserta lalapan. Salah satu sate bangil yang paling terkenal di Mojokerto yakni sate bagil Bang Soleh. Di tempat ini biasa buka mulai dari jam 9 hingga jam 10 malam. Tak hanya menyediakan sate bangil saja, namun kedai Bang Soleh juga menyajikan berbagai menu olahan daging kambing lainnya seperti gulai kambing, sop kambing, kambing gulai, hingga nasi kebuli.

Lokasi : Jalan Majapahit Nomor 428, Mojokerto

7 dari 7 halaman

Pangsit Mie Benteng Pancasila

Berbeda dengan mie ayam pada umumnya, Pangsit Mie Benteng Pancasila menggunakan pangsit berukuran besar yang digunakan sebagai mangkok. Uniknya, pangsit tersebut juga tetap bisa dimakan. Sehingga anda bisa merasakan nikmatnya menyantap mie ayam yang terbungkus pangsit goreng.

Selain itu, ditempat ini juga disediakan bakwan sebagai menu tambahan sehingga menambah kenikmatan saat menyantap mie yang Anda pesan. Mie disini diolah sendiri khusus oleh sang penjual, sehingga memiliki rasa yang sangat khas.

Lokasi: Jalan Benteng Pancasila Nomor 25, Balongsari, Magersari, Mojokerto