Sukses

Cara Membuat Lukumades Donat Yunani yang Viral, Gampang Pakai 3 Bahan

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini viral donat khas Yunani bernama Loukoumades atau Lukumades. Kalau biasanya donat berbentuk bulat bundar dengan bagian tengah bolong, jajanan khas Yunani ini bentuknya bulat padat dengan ukuran kecil seperti bola dan tidak ada lubangnya. Tak heran banyak orang penasaran dengan cara membuat lukumades donat Yunani ini.

Lazimnya, Lukumades bercitarasa tawar dan dihadirkan dengan berbagai topping yang manis, seperti sirup ataupun gula putih. Namun, kamu juga bisa berkreasi dengan cara membuat Lukumades ala kamu sendiri dan menyajikannya dengan berbagai toping sesuai seleramu lho.

Perbedaan lainnya dengan donat biasa adalah Lukumades bertekstur lebih lembut, kenyal, dan empuk dengan bagian luar yang crispy. Sementara dari segi rasa, donat Yunani ini tidak semanis donat pada umumnya.

Menariknya lagi, cara membuat lukumades atau donat Yunani ini enggak ribet dan enggak membutuhkan banyak bahan lho. Kamu bisa menjajal resep lukumades dengan 3 bahan saja. Sudah tak sabar membuat lukumades sendiri di rumah?

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, cara membuat lukumades donat khas Yunani menggunakan 3 bahan saja.

2 dari 2 halaman

Resep Lukumades Donat Yunani Simpel dengan 3 Bahan

Bahan utama membuat Lukumades donat Yunani:

  • 250 gram Tepung Terigu Protein Sedang
  • 1/4 sdt Ragi atau Fermipan
  • 250ml Susu Full Cream

Cara membuat lukumades:

  1. Hangatkan 250ml susu full cream.
  2. Masukkan susu hangat ke dalam wadah yang berisi tepung dan ragi.
  3. Aduk adonan hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Diamkan adonan selama lebih kurang 60 menit dalam kondisi wadah tertutup.Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulatan ukuran kecil.
  5. Panaskan minyak dan goreng lukumades hingga berwarna kecokelatan.
  6. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin sajikan lukumades dengan toping sesuai selera.
  7. Rasa manis lukumades didapatkan dari topping yang kamu pilih.

Tips: Donat Yunani ini bercitarasa hambar, oleh karena itu disarankan kamu menambahkan madu, gula putih, SKM, atau cokelat manis sebagai topingnya.

Nah, itu tadi cara membuat lukumades donat Yunani yang sedang viral. Mudah bukan? Selamat berkreasi dengan resep lukumades ala kamu sendiri ya.