Sukses

8 Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur, Mengurangi Tingkat Stres

Banyak manfaat yang didapatkan ketika membiasakan diri membaca buku sebelum tidur.

Liputan6.com, Jakarta Membaca buku merupakan salah satu rutinitas yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan. ‘Membaca adalah jendela dunia’ adalah slogan yang kerap terdengar dan tentunya sudah tak asing lagi. Selain dapat menambah wawasan, membaca buku juga menyimpan ragam manfaat untuk kesehatan.

Saat ini, banyak dari kita yang memilih untuk stalking media sosial sebelum tidur. Hal tersebut dilakukan tentunya untuk menghilangkan kebosanan dan penat setelah seharian melakukan aktivitas. Namun, membaca buku juga dapat membantu kamu menghilangkan penat juga memberikan dampak positif hingga menambah wawasan.

Setelah mengetahui manfaat membaca buku sebelum tidur, kamu bisa mencoba untuk menerapkannya ketika kamu hendak tidur. Jika kebiasaan tersebut sudah tertanam dalam diri kamu tentunya kamu selalu menyempatkan membaca buku selama 30 menit sebelum tidur.

Tak perlu membaca buku yang berat dan membutuhkan pemahaman yang lebih, dengan membaca cerita fiksi saja kamu sudah bisa menambah wawasan walaupun hanya kosakata sederhana.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat membaca buku sebelum tidur yang perlu kamu ketahui, Senin (5/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur

1. Mempertajam Daya Ingat

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dari membaca buku sebelum tidur yakni dapat mempertajam daya ingat kamu. Hal tersebut juga berkaitan dengan bahwa baca buku juga dapat mencegah pikun.

Ketika malam hari otak akan bekerja lebih keras. Ketika semua anggota tubuh beristirahat, maka semua energi terfokus pada otak, ini sangat bagus dilakukan untuk belajar atau membaca. Bila kegiatan tersebut dilakukan dapat melatih daya ingta semakin tajam.

Selain dapat mempertajam daya ingat, membca buku juga dapat mencegah pikun. Seiring dengan pertambahan usia, seseorang mulai sering lupa atau pikun. Membaca buku dapat mencegah pikun. Hal tersebut dikarenakan otak akan lebih aktif untuk mengingat. Tidak dengan buku bahasan berat, namun semua dapat dibaca mulai dari majalah, koran, atau novel.

Selain mendapatkan ilmu juga memberikan kesehatan untuk tubuh terutama otak. Jadi jangan bermalas-malasan untuk membaca, daripada melakukan kegiatan yang tidak mermanfaat, terlebih dilakukan di malam hari sebelum tidur. Tetap perhatikan saat membaca, jangan lakukan dengan tidur, karena membaca sambil tidur dapat membuat sakit mata.

2. Melatih Otak

Membaca buku juga dapat melatih otak kamu agar lebih aktif dan tentunya membantu kamu agar mendapatkan kosakata baru. Selain menambah pengetahuan juga memiliki manfaat untuk kesehatan otak. Salah satunya untuk melatih otak, dengan membaca otak akan lebih aktif untuk mencermati setiap kata dan kalimat.

3. Mengurangi Tingkat Stres

Stres merupakan kondisi psikologis yang tak bisa dibiarkan begitu saja. Stres bisa berlangsung dalam jangka pendek hingga jangka panjang. Stres adalah perasaan alami ketika seseorang tidak mampu mengatasi tuntutan dan peristiwa tertentu.

Faktor penyebab stres dapat berasal dari pekerjaan, hubungan, tekanan keuangan, dan situasi lain. Stres bisa menjadi kondisi kronis jika dibiarkan begitu saja. 

Bahkan ketika hendak tidur, mungkin masih terpikirkan dengan masalah yang akan mengganggu tidur malam. Untuk mengurangi rasa stres tersebut dapat dilakukan dengan membaca buku sebelum tidur. Hal ini dapat mengalihkan pikiranmu tentang pekerjaan yang membuat stres.

4. Mengurangi Kadar Kortisol yang Berlebih

Saat stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol lebih banyak. Dampak yang ditimbulkan adalah masalah pada pencernaan, berat badan, lelah dan depresi. Salah satu manfaat dari membaca sebelum tidur adalah mengurangi kadar kortisol tersebut, artinya stres dan beban yang dirasakan pun semakin berkurang.

3 dari 3 halaman

Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur

5. Mengurangi Permasalahan Mental

Permasalahan mental merupakan salah satu permasalahan yang kini kerap terjadi. Permasalahan mental ini lebih sering menyerang anak muda. Jenis dari permasalahan mental ini sendiri memiliki beberapa jenis, yakni seperti depresi hingga insomnia. Permasalahan tersebut dapat dikurangi dengan membiasakan diri melakukan hal-hal positif agar dapat mengurangi beban pikiran.

Pada mulanya buku tidak pernah dikaitkan dengan terapi pengobatan mental. Namun seorang dokter di Inggris melakukan hal ini pada pasiennya yang menderita kecemasan dan depresi ringan hingga sedang. Tak disangka, hasilnya pasien-pasien tersebut berhasil mengurangi gejala permasalahan mental tersebut.

6. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat yang bisa didapatkan dari membaca buku sebelum tidur selanjutnya adalah meningkatkan fungsi kognitif. Fungsi kognitif adalah proses mental yang memungkinkan seseorang dapat melakukan tugas apa pun. Salah satu manfaat membaca adalah melatih dan mengetes fungsi kognitif tersebut. 

Northern Illinois University melakukan penelitian dan memublikasikan bahwa pembaca mempunyai kosa kata dan pengetahuan umum yang lebih tinggi daripada non-pembaca. Disimpulkan olehnya bahwa membaca sebelum tidur akan membuat seseorang semakin berwawasan.

7. Mengurangi Risiko Alzheimer

Penyakit alzheimer adalah penyakit yang menyerang otak dan dapat mengakibatkan kebingungan, memori jangka pendek, disorientasi, dimensia, hingga gangguan bicara. Namun dengan membaca, daya tangkap otak akan selalu diasah. Otak juga akan mengingat hal-hal yang sudah kamu baca, dan menstimulasi atau merangsang otak untuk lebih mudah menghafal hal-hal lain.

Pada kenyatannya alzheimer bukan suatu hal yang bisa dicegah. Namun dengan dibiasaan membaca sebelum tidur dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan hal ini dihubungan dengan alzheimer yang lebih rendah. Setiap hal yang berhubungan dengan otak akan membantu berkurangnya gejala alzheimer.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Setelah sehari dipadatkan dengan aktivitas, seseorang terkadang sulit untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Hal tersebut bisa disebabkan karena beberapa faktor salah satunya masih terbebani dengan pekerjaan. National Sleep Foundation mengemukakan bahwa membaca secara santai sebelum tidur artinya mempersiapkan tubuh untuk tidur dan membantu pikiran terlepas sejenak dari tekanan hidup. Bahkan membaca sebelum tidur pun membuat kualitas tidur lebih bagus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.