Sukses

8 Manfaat Masker Kopi dan Minyak Zaitun untuk Wajah, Cegah Penuaan Dini

Masker kopi dan minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk wajah.

Liputan6.com, Jakarta Kopi selama ini dikenal sebagai minuman. Namun sebenarnya, selain rasanya yang nikmat untuk diminum, kopi juga menyimpan banyak manfaat lain untuk wajah. Kandungan antioksidannya yang tinggi merupakan manfaat masker kopi dan minyak zaitun untuk wajah.

Bagi Anda yang selama ini merasa takut untuk mencoba skincare berbahan kimia. Maka inilah saatnya untuk mencoba manfaat masker kopi dan minyak zaitun untuk wajah. Hanya perlu dicampurkan dengan minyak zaitun, masker kopi bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang menginginkan wajah glowing.

Selain manfaat masker kopi untuk wajah, serbuk dari kopi bisa digunakan sebagai scrub untuk eksfoliasi sel-sel kulit mati. Sehingga wajah Anda bisa jadi lebih halus dan cerah secara alami. 

Berikut ini merupakan 8 manfaat masker kopi dan minyak zaitun untuk wajah, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (5/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Masker Kopi dan Minyak Zaitun untuk Wajah

1. Menenangkan wajah 

Kopi selama ini dikenal memiliki efek stimulus untuk tubuh ketika diminum. Namun, dilansir dari Healthline, ada penelitian yang menunjukkan bahwa kopi memberikan efek yang berbeda ketika dioleskan ke kulit wajah.

Ternyata salah satu manfaat masker kopi untuk wajah adalah menenangkan kulit. Dalam kopi terdapat senyawa antioksidan yang tinggi, sehingga ketika dioleskan pada wajah sangat cocok untuk relaksasi. 

Cara penggunaannya pun cukup praktis, yakni dengan mencampurkan bubuk kopi asli dengan minyak zaitun atau madu, oleskan ke wajah dengan gerakan melingkar, kemudian diamkan selama 15-30 menit. Lalu bilas dengan air hingga bersih.

 

2. Melawan penuaan dini

Selain membuat wajah lebih rileks, kandungan antioksidan yang tinggi juga terkenal untuk melawan penuaan dini. Antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang memicu tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minyak yang ada dalam kopi cukup efektif untuk menangkal penuaan dini. Bahkan minyak dalam kopi ini juga memiliki efek yang sama dengan asam hialuronat. Minyak dari kopi ini juga bisa meningkatkan kolagen sehingga kulit menjadi lebih kencang.

3 dari 5 halaman

Manfaat Masker Kopi dan Minyak Zaitun untuk Wajah

3. Mencegah kanker kulit 

Selain dikenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, dalam kopi juga terkandung vitamin B3 (niacin). Senyawa ini biasanya didapatkan setelah biji kopi dipanggang atau disangrai. Menurut penelitian dari Skin Cancer Foundation, niacin dapat membantu mencegah kanker kulit nonmelanoma. 

 4. Mengurangi peradangan 

Salah satu manfaat masker kopi untuk kulit wajah adalah mengurangi peradangaan. Bagi Anda yang memiliki kulit kemeraan atau meradang akibat berjerawat bisa menggunakan kopi sebagai masker. 

Hal ini karena kopi mengangung senyawa chlorogenic acid (CGA) serta melanoidin. Senyawa ini dapat mengurangi hiperpigmentasi atau kulit yang gelap akibat peradangan jerawat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Masker Kopi dan Minyak Zaitun untuk Wajah

 5. Membantu menghilangkan jerawat

Selain membantu mengurangi efek hiperpigmentasi, kandungan CGA dalam kopi juga bisa menenangkan kulit wajah yang sedang berjerawat. Senyawa yang ada dalam kopi ini sangat baik dan alami untuk menangani jerawat di wajah.

Namun ketika Anda sedang mengalami peradangan parah akibat jerawat, ada baiknya untuk tak terlalu sering menggunakan masker kopi. Sebaiknya Anda menggunakannya maksimal seminggu satu kali supaya tidak merusak skinbarier.

6. Membantu menghilangkan mata panda 

Selain membantu mengatasi jerawat, ternyata kopi juga cukup efektif untuk menghilangkan mata panda. Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu melebarkan pembuluh darah biang lingkaran hitam membandel di bawah mata (mata panda). 

Cara penggunaan masker kopi dan minyak zaitun untuk mata panda sangatlah mudah. Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok teh bubuk kopi asli dan minyak zaitun. Kemudian tambahkan pula beberapa tetes air dan aduk campuran tersebut hingga mengental dan membentuk pasta.

Setelahnya Anda bisa mengoleskan kopi pada area di bawah mata. Namun hindari menggosok kulit area di bawah mata dengan kopi. Hal ini lantaran area di bawah mata biasanya sangat sensitif dan cenderung lebih tipis. Jika tidak hati-hati nantinya malah bisa terjadi iritasi. Cukup oleskan secara lembut dan diamkan selama beberapa menit. Setelahnya, bilas dengan air sampai bersih.

5 dari 5 halaman

Manfaat Masker Kopi dan Minyak Zaitun untuk Wajah

7. Mengecilkan pori-pori wajah

Salah satu manfaat masker kopi untuk wajah yakni mengecilkan pori-pori. Bagi Anda yang memiliki wajah yang berminyak, biasanya pori-pori akan cenderung besar dan dapat menggangu penampilan. Maka dari itu, kopi bisa menjadi salah satu solusinya agar pori-pori bisa mengecil.

Masker kopi dapat digunakan secara rutin selama seminggu sekali untuk mengatasi pori-pori membesar di wajah. Selain itu, kadar minyak yang ada di wajah pun akan berkurang ketika Anda menggunakannya secara rutin.

 

8. Mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari

Memiliki banyak aktivitas di luar rumah? Biasanya hal tersebut akan membuat kulit kita terbakar sinar matahari. Kulit yang terbakar biasanya akan terlihat memerah dan mengganggu penampilan. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan masker dari kopi dan campuran gel lidah buaya untuk mengatasi permasalahan ini. 

Namun, Anda perlu berhati-hati juga supaya hal yang Anda lakukan tidak berbahaya bagi kulit. Jika peradangan atau kemerahan pada kulit terlihat semakin parah, Anda harus segera menghentikannya dan berkonsultasi ke dokter kulit. Meskipun kondisi ini memang jarang terjadi, namun bisa jadi Anda memiliki alergi kepada serbuk kopi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.