Sukses

4 Cara Membuat Website Gratis untuk Pemula, Ketahui Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat website gratis bisa dilakukan dengan mudah untuk pemula. Website menjadi kebutuhan bagi sejumlah orang. Website bisa digunakan untuk kepentingan bisnis, mempublikasikan karya, hingga meningkatkan kredibilitas.

Pada bisnis misalnya, cara membuat website gratis bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk dan membangun citra. Website bisa menjangkau audiens dengan luas dan tak terhingga. Dengan website informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat.

Bagi pemula, cara membuat website gratis mungkin tampak rumit. Beberapa mungkin perlu menggunakan jasa untuk membuat website. Padahal saat ini sudah banyak cara membuat website gratis. Banyak pula cara membuat website gratis yang mudah dipahami untuk pemula.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam cara membuat website gratis. Berikut cara membuat website gratis, dirangkum LIputan6.com dari berbagai sumber, Senin(5/10/2020).

2 dari 7 halaman

Pilih Platform

Sebelum kamu melanjutkan cara membuat website, sebaiknya kamu pilih dulu platform yang akan kamu gunakan. Cara membuat website gratis yang mudah yaitu dengan menggunakan platform yang telah tersedia.

Saat ini telah banyak platform gratis yang membantu kamu untuk membuat website gratis. Beberapa platform gratis yang bisa kamu pakai untuk membuat website gratis antara lain Wordpress, Drupal, Joomla!, wixsite dan lain sebagainya.

Platform yang paling banyak digunakan ialah platform dari wordpress. Wordpress dianggap sangat cocok digunakan bagi pemula yang ingin membuat sebuah website pribadi. Hal ini dikarenakan platform yang dibuat oleh wordpress benar-benar gratis, baik itu saat mengunduh, menginstall ataupun saat kamu akan memodifikasinya.

Selain itu, platform dari wordpress bisa digunakan untuk membuat website kecil seperti blog atau untuk bisnis kecil ataupun website besar seperti yang dimiliki oleh perusahaan atau lembaga.

3 dari 7 halaman

Memilih domain dan hosting

Cara membuat website gratis selanjutnya adalah membuat alamat email melalui domain dan hosting. Pertama kamu harus memilih nama domain dan juga hosting yang sesuai dan mudah untuk diingat.

Nama domain ialah nama website yang akan kamu buat. Namun untuk membuat domain ini kamu akan dikenakan biaya. Kamu bisa membeli domain di web-web yang telah disediakan. Ada juga beberpa tempat penjualan domain ini yang akan menggratiskan domain apabila kamu membeli hosting seperti .com, .org, serta .net.

Tapi tak perlu khawatir, karena biaya yang akan kamu keluarkan tidak perlu untuk merogoh kocek dalam-dalam. Biaya rata-rata untuk membuat domain ini hanya sekitar Rp 100 ribu saja untuk satu tahun masa aktif.

4 dari 7 halaman

Buat alamat email melalui domain dan hosting

Setelah mendapatkan domain, nantinya kamu akan mendapatkan email tersendiri. Email yang digunakan pun berbeda dengan email dari Gmail.

Ada beberapa cara untuk kamu memberi nama domain untuk website. Jika kamu akan menggunakan website untuk kepentingan pribadi, kamu bisa menggunakan nama kamu.

Dan jika ingin digunakan untuk perusahaan atau toko online yang kamu miliki, usahakan menggunakan nama toko tersebut sebagai nama domain. Hal ini nantinya akan memudahkan kamu ataupun pelanggan dalam pengecekannya.

5 dari 7 halaman

Instalasi

Setelah kamu memilih platform dan juga nama domain dan hosting, langkah selanjutnya cara membuat website gratis ialah menginstall dan memodifikasi.

Untuk menginstall suatu aplikasi sangatlah mudah, karena saat ini banyak sekali hosting yang menggunakan one click installation untuk memudahkan pengguna baru.

Cara menginstall yang mudah pada platform ialah sebagai berikut:

1. Masuk dalam hosting account

2. Carilah tombol control panel

3. Klik pilihan softculous Apps Installer dan pilih wordpress

4. Kemudian klik install

5. Setelah itu akan muncul halaman software setup, kamu diharuskan menghapus kata yang berada di kolom In Directory untuk menginstall langsung pada website kamu.

6. Klik install kembali dan tunggu hingga proses penginstalan selesai.

7. Setelah proses penginstalan selesai maka website kamu sudah bisa digunakan.

8. Setelah bisa menggunakan website kamu sendiri, tentunya tampilan pada website masih sangat kosong, sehingga kamu perlu untuk memodifikasi tampilan pada website.

 

 

6 dari 7 halaman

Modifikasi

Kamu bisa memilih tampilan website sesuai dengan template yang telah tersedia. Kamu juga bisa membuat konten dengan page dan post.

Page ini fasilitas yang sudah disediakan oleh platform untuk menulis artikel ataupun kontak. Halaman page di sini pun termasuk statis, yaitu yang tidak diperbarui secara berkala. Sedangkan post sendiri dibuat untuk menulis sebuah artikel berdasarkan tanggal.

Selain itu kamu juga bisa mengatur website kamu sendiri. Kamu bisa memilih judul website apa pada kolom site title di menu pengaturan.

Halaman utama pada website juga tergantung template seperti apa yang kamu pilih sebelumnya. Tapi kamu bisa memilih artikel atau tulisan apa saja yang akan ditampilkan di halaman utama.

7 dari 7 halaman

Manfaat memiliki website

Pemasaran global

Dengan website, bisnis kecil sekalipun bisa berpotensi menjangkau ribuan dan jutaan orang yang tersebar di seluruh dunia. Memiliki website membuat usaha atau citra dirimu lebih dikenal oleh masyarakat.

Tingkatkan kredibilitas

Situs web memberimu kesempatan untuk memberi tahu banyak orang tentang dirimu dan mengapa kamu layak mendapatkan kepercayaan dan keyakinan mereka. Dengan situs web, kamu dapat membagikan pencapaian dan kualitas dirimu.

Fleksibel dan lebih murah

Internet sangat berbeda dari iklan cetak atau media tradisional lainnya. Dengan website, kamu bisa mengubah konten tanpa harus meminta seseorang untuk melakukannya untuk dirimu. Biaya maintenance website juga jauh lebih murah dibanding iklan.

Periklanan dan branding

Memiliki situs web juga merupakan salah satu bentuk iklan. Setiap orang yang kamu temui, pasti bertanya kepadamu, apakah kamu memiliki situs web atau email. Memiliki id email dengan nama dan domain nama bisnismu bisa membuat publisitas dari mulut ke mulut.