Sukses

Biografi Mario Teguh Singkat, Motivator Ulung yang Menginspirasi

Biografi Mario Teguh singkat patut dijadikan pelajaran, menilik berbagai pencapaiannya.

Liputan6.com, Jakarta Biografi Mario Teguh singkat sebagai motivator bisa kamu simak sebagai bahan pembelajaran. Sebagai seorang motivator yang sangat terkenal di Indonesia, tidak heran banyak orang terinspirasi dari kata-katanya untuk menjadi lebih baik.

Mario Teguh terkenal setelah membawakan acara Mario Teguh Golden Ways yang tayang satu kali dalam seminggu. Acara ini telah menamani malam para penggemarnya selama 10 tahun, mulai dari tahun 2006 hingga 2016.

Biografi Mario Teguh singkat patut dijadikan pelajaran, menilik berbagai pencapaiannya. Perjuangannya dalam mencapai karier sebagai motivator tentunya tidak mudah. Menilik kariernya sebagai motivator ulung, tidak ada salahnya kamu mengenal berbagai fakta tentang Mario Teguh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/10/2020) tentang biografi Mario Teguh singkat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Biografi Mario Teguh Singkat

Mario Teguh Lahir lahir di Makasar pada tanggal 5 Maret 1956 dari pasangan Siti Maria dan Gozali Teguh. Nama asli dari Mario Teguh adalah Sis Maryono Teguh, namun saat tampil di publik, ia menggunakan nama Mario Teguh.

Berikut biografi Mario Teguh singkat yang perlu kamu ketahui:

Nama Lengkap: Sis Maryono Teguh

Alias: Mario Teguh

Istri: Linna Teguh

Agama: Islam

Tempat Lahir: Makassar

Tanggal Lahir: 5 Maret 1956

Warga Negara: Indonesia

Pada tahun 1993, Mario Teguh menikahi Linna Teguh yang kemudian dikaruniai dua orang anak yaitu Audrey Teguh dan Marco Teguh.

Selain itu, Mario Teguh juga memiliki seorang anak dari pernikahannya dengan Aryani Soenarto yang bernama Ario Kiswinar. Berita ini sempat menghebohkan masyarakat Indonesia dengan berbagai kontroversinya.

3 dari 6 halaman

Biografi Mario Teguh Singkat (Pendidikan)

Biografi Mario Teguh singkat juga memperlihatkan bagaimana perjuangannya dalam menjalankan pendidikannya. Sejak kecil, Mario Teguh adalah anak yang sudah terkenal dengan kecerdasannya. Ia pernah menempuh pendidikan sekolah menengah atas di New Trier West High jurusan arsitektur pada tahun 1975 di Chicago, Amerika Serikat.

Setelah lulus, ia kembali pulang ke Indonesia dan melanjutkan sekolahnya di Jurusan Linguistik dan Pendidikan Bahasa Inggris, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) di Malang dalam program S1. Selama di Malang, ia memiliki komunitas yang diberi nama MTSC yang merupakan singkatan dari Mario Teguh Super Club.

Tak berhenti dalam mencari ilmu, Mario Teguh terbang ke Jepang untuk menimba ilmu di Sophia University, Jurusan International Bussiness. Kemudian tahun 1983, ia mengambil jurusan Operations Systems di Indiana University, Amerika Serikat dengan gelar MBA.

 

4 dari 6 halaman

Biografi Mario Teguh Singkat (Karier)

Sebelum tampil di layar televisi, Mario Teguh beberapa kali sempat bekerja di bidang perbankan. Pada tahun 1983 hingga 1986 ia menduduki jabatan sebagai Head of Sales Citibank Indonesia. Tahun 1986 sampai 1989, ia menjadi Manager Business Development BSB Bank. Ia juga sempat menjabat sebagai Vice Presiden Marketing Aspec bank pada tahun 1990 hingga 1994.

Biografi Mario Teguh singkat terus berlanut. Sudah merasakan berbagai pengalaman yang ia jalani, di tahun 1994 Mario Teguh mendirikan  Bussiness Effectiveness Consultant, Exnal Corp yang menjabat sebagai CEO (Chief Executive Officer) di Jakarta dan Senior Consultan.   

Exnal Corp merupakan sebuah perusahaan konsultan di bidang pengembangan kualitas pelayanan dengan spesialiasi pada penyediaan Solusi Keefektifan Bisnis. Pada tahun 2002, Exnal Corp berhasil meluluskan lebih dari 68.000 orang melalui beberapa seminar dan workshop.

5 dari 6 halaman

Perjalanan Awal Menjadi Motivator

Berbagai perjalanan dan pengalamannya di bidang bisnis seperti ditunjukkan pada biografi Mario Teguh singkat menjadikan sosoknya sering menjadi pembicara di program bisnis, yaitu Bussiness Art di O’Channel pada tahun 2007. Dengan keluwesannya berbicara dan penyampaiannya kepada masyarakat yang mudah dipahami menjadi salah satu ciri khasnya.

Setelah dianggap sukses menjadi pembicara di acara tersebut, Mario Teguh kemudian tampil di acara yang ia bawakan sendiri yaitu “Mario Teguh Golden Ways” di salah satu channel televisi swasta tahun 2006 hingga 2016. Dari acara tersebutlah nama Mario Teguh mulai dikenal luas oleh masyarakat Indonesia dan dikenal sebagai salah satu motivator terkenal di Indonesia.

Hal yang membuatnya begitu “dicari” sebagai seorang motivator adalah cara ia menyampaikan motivasi-motivasi dengan metode Emotional Inteligent atau kecerdasan emosi. Ia melakukan pendekatan melalui ilmu kejiwaan menurut agama seperti tasawuf dan pengendalian amarah (Anger Management) ketimbang ilmu kejiwaan barat, karena menurutnya lebih cocok untuk diterapkan pada masyarakat Indonesia yang sifatnya plural. Hal inilah yang membuatnya lebih mudah diterima oleh semua kalangan.

6 dari 6 halaman

Biografi Mario Teguh Singkat (Pencapaian)

Biografi Mario Teguh singkat tentunya belum lengkap tanpa membahas berbagai pencapaian dan penghargaan yang telah diterimanya. Dari semua usaha dan perjalanan karier Mario Teguh tentu saja ia mendapatkan pengakuan dari banyak kalangan. Berbagai penghargaan selama ia meniti karier telah ia terima.

Pada tahun 2010, Mario Teguh mendapatkan kehormatan untuk menerima penghargaan “Satu dari 8 Tokoh Perubahan 2009 Versi Republika”, kemudian di tahun yang sama juga menerima penghargaan dari “Museum Rekor Indonesia sebagai Motivator Dengan Halaman Penggemar Facebook Terbesar di Indonesia”.

Tahun 2013, ia mendapatkan penghargaan “Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai Penyelenggara Seminar berhadiah Mobil Pertama di Indonesia”.

Dengan berbagai penghargaan yang ia terima, tak membuatnya berhenti untuk terus berkarya. Pada tahun 2006, ia mengeluarkan buku berjudul Becoming a Star. Di tahun yang sama ia kembali meluncurkan buku dengan judul One Million Second Change. Berselang tiga tahun, Mario Teguh merilis buku berjudul Life Charger dan Leadership Golden Ways.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.