Sukses

6 Makanan Kucing Persia yang Bagus untuk Bulu, Begini Perawatannya

Liputan6.com, Jakarta Memelihara kucing Persia memang butuh ketelatenan ekstra. Enggak melulu dimandikan saja. Memberi makanan kucing Persia yang bagus untuk bulu juga diperlukan sekali.

Makanan kucing Persia yang bagus untuk bulu ini tak hanya semata-mata melebatkan bulunya. Melainkan turut merawat kulit kucing Persia dan menjaga bulunya dari kerontokan.

Enggak perlu ragu untuk memberi makanan kucing Persia yang bagus untuk bulu. Jika nutrisi yang bagus untuk bulu ada, bisa dipastikan makanan ini aman.

Makanan untuk kucing persia ini tak hanya menggugah dari segi tampilan, aroma, dan nutrisinya. Makanan ini bisa sekaligus menggemukkan badan kucing Persia.

Berikut Liputan6.com ulas makanan kucing Persia yang bagus untuk bulu dari berbagai sumber, Selasa (6/10/2020).

2 dari 7 halaman

Makanan Kucing Persia yang Bagus untuk Bulu

Star Pro Feline

Star Pro Felin adalah makanan kucing persia yang bagus untuk bulu dan kegemukannya. Banyak pula review yang mengatakan makanan ini enggak bikin rontok dan menyuburkan pertumbuhan rambut kucing.

Meski terkenal dengan produksi makanan anjing, Star Pro Felin kini sudah banyak dipercaya pecinta kucing Persia. Bentuk makanan yang dimiliki Star Pro Felin ini cukup unik karena berbentuk seperti donat. Konon bentuk donat inilah yang membuat nafsu makan kucing Persia bertambah. Hingga membuatnya berbulu lebat dan gemuk.

Makanan Star Pro Felin ini memiliki tekstur seperti biskuit padat. Memang bakal susah dikonsumsi kucing tua. Namun sangat cocok diberikan untuk anak kucing dan kucing dewasa. Makanan ini memiliki kandungan asam fosfat, asam askorbat, vitamin A asetat, suplemen vitamin D3, vitamin E suplemen, suplemen vitamin B12, riboflavin suplemen, dan masih banyak lagi lainnya.

Equlibrio

Equlibro tak hanya menarik dari segi penampilan. Equlibrio juga termasuk makanan kucing persia yang bagus untuk bulu. Sementara untuk porsi gramnya cukup bervariasi. Ada yang 2 kg dan ada pula yang besar, yakni 7.5 kg.

Equlibrio memiliki bentuk dan tekstur kibble, segitiga dan gemuk-gemuk. Makanan ini lebih padat jika dibandingkan dengan jenis lain. Meski begitu, makanan kucing Perisia ini tetap empuk dan bikin kenyang lebih cepat juga.

Selain menjaga bulu kucing dan mampu melebatkannya, makanan ini ampuh bikin kucing gemuk. Poop yang dikeluarkan kucing ketika mengonsumsinya juga jadi padat dan bagus. Bahkan poop kucing Persia jadi tidak terlalu bau menyengat.

3 dari 7 halaman

Makanan Kucing Persia yang Bagus untuk Bulu

Pro Plan Adult dan Kitten

Makanan kucing persia yang bagus untuk bulu yang pertama adalah merk Pro Plan. Pro Plan merupakan salah satu makanan kucing terkenal dengan kualitas dan harga premium.

ProPlan memiliki berbagai jenis varian yang dapat di sesuaikan dengan masalah atau kebutuhan kucing. Makanan kucing persia yang bagus untuk bulu sendiri, ada Pro Plan Derma Plus yang baik untuk perawatan kucing berbulu panjang.

Hal ini didapatkan karena makanan kucing persia yang bagus untuk bulu ini mengandung berbagai nutrien penting seperti vitamin B kompleks, vitamin E, zink, omega 3 & 6, juga fiber yang baik untuk mencegah kerontokan rambut berlebih serta membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut yang indah. 

Kucing berbulu panjang umumnya juga memiliki risiko hairball karena volume rambut yang termakan lebih besar. Pro Plan Derma Plus juga mengandung kadar serat yang optimal untuk membantu mengikat rambut yang termakan agar keluar bersama kotoran.

Whiskas

Makanan kucing persia yang bagus untuk bulu selanjutnya adalah whiskas. Tentunya produk satu ini sudah diketahui oleh banyak orang, karena memang produk yang mungkin paling sering digunakan oleh pemelihara kucing. Apalagi, Whiskas merupakan salah satu merk makanan kucing terkenal yang sangat mudah didapatkan karena tersebar di petshop dan supermarket.

Salah satu kelebihan merk ini adalah kemasan nya yang beragam mulai dari sachet sekali makan dan karungan untuk stok. Selain itu, varian whiskas juga tergolong lengkap karena tersedia wet food dan dry food untuk kitten dan kucing dewasa.

Bahkan makanan kucing persia yang bagus untuk bulu ini memiliki berbagai macam rasa seperti tuna, mackerel, ocean fish, grilled saba, seafood cocktail, salmon dan campuran tuna dan ayam. Whiskan secara umum diformulasikan untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu yang indah, serta meningkatkan keaktifan kucing.

Muezza

Muezza merupakan makanan kucing halal sehingga bisa membuat pemilik merasa lebih tenang dan nyaman. Selain itu, Muezza memiliki kandungan nutrisi seimbang, bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi, dibuat dari bahan alami, dan punya 4 varian rasa favorit kucing. Untuk informasi lebih lengkapnya kamu bisa kunjungi Instagram @muezza.feed atau langsung melakukan pemesanan Muezza Cat Food di Shopee dan Muezza Feed di Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

4 dari 7 halaman

Makanan Kucing Persia yang Bagus untuk Bulu

Royal Canin

Makanan kucing persia yang bagus untuk bulu berikutnya adalah Royal Canin. Royal Canin merupakan salah satu makanan kucing yang cukup terkenal dari perancis. Salah satu makanan kucing persia yang bagus untuk bulu ini dipercaya dapat melebatkan dan memanjangkan bulu kucing tersebut.

Varian yang ditawarkan pun cukup lengkap, mulai dari rasa yang beragam dan peruntukan yang lengkap untuk kitten, kucing dewasa, kucing dengan bulu panjang atau ras tertentu seperti persia, maine coon dan kucing yang di-steril yang menjaga saluran kencingnya agar tetap terjaga dan sehat.

Me-O

Me-O termasuk jenis makanan kucing persia yang bagus untuk bulu. Bahkan ada banyak varian rasa yang bisa dijadikan pilihan dari Me-O ini. Mulai dari Tuna, Salmon, Vegetable & Beef, Persian, Kitten, Gourmet, Seafood, dan masih banyak lagi.

Me-O cocok untuk merawat bulu kucing Persia karena kandungan taurin, vitamin, mineral, antioksidan, dan lain-lain. Satu hal yang pasti, kandungan yang dimilikinya baik untuk memelihara rambut dan kulitnya. Termasuk menjaga sistem kekebalan tubuh, kuatkan gigi, tulang, ginjal, jantung, dan tekanan darahnya.

Bentuk dari makanan Me-O bunga-bunga yang bergerigi. Warnanya juga menarik, merah dan bikin menggugah selera. Makanan ini pun memiliki aroma yang khas, jadi bikin kucing Persia makin doyan makan juga.

5 dari 7 halaman

Nutrisi yang Bagus untuk Bulu Kucing Persia

Asam Lemak Omega 6 & Omega 3

Kandungan pertama yang harus dimiliki adalah Asam Lemak Omega 6 & Omega 3. Saat membahas tentang perawatan bulu kucing, kamu tidak akan jauh-jauh dari fungsi Omega 6 & Omega 3. Dua lemak esensial ini sangat berperan pada kesehatan bulu kucing.

Omega 6 & 3 berperan untuk menjaga tingkat kerentanan kucing terhadap masalah peradangan. Jika kucing terhindar dari masalah kulit satu ini, secara otomatis bulunya akan terjaga. Omega 3 juga dibutuhkan untuk mempecantik bulu kucing, serta mempercepat pertumbuhan kuku setelah dipotong. Jadi pastikan merk makanan kucing yang kamu beli memiliki kandungan ini.

Vitamin & Mineral

Selain itu, kandungan makanan kucing persia yang bagus untuk bulu selanjutnya adalah vitamin dan mineral. Sebelum membeli makanan kucing untuk peliharaanmu, kamu wajib memperhatikan kandungan vitamin dan mineralnya juga. Pastikan makanan tersebut memiliki kandungan vitamin A dan Vitamin E.

Guna masing-masing vitamin tersebut sangat penting untuk kulit. Dimana Vitamin A bermanfaat untuk memperbaiki kulit. Sedangkan Vitamin E bermanfaat untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Jadi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan nutrisi yang dikandung oleh makanan kucing sebelum membelinya.

6 dari 7 halaman

Cara Merawat Bulu Kucing Peria

Perhatikan Makanan Kucing

Tips merawat bulu kucing agar tidak rontok yang pertama adalah dengan memperhatikan makanan. Kesehatan kucing tergantung pada makanan yang dikonsumsinya. Bulu kucing terutama terdiri dari protein. Jadi, kebutuhan kucing akan protein sangat besar.

Makanan kucing yang baik adalah makanan yang jumlah karbohidrat, protein, dan lemaknya seimbang. Ini diperlukan untuk menjaga bulu yang lebih sehat dan lebih tebal.

Kamu bisa memberi kucing makanan basah dan makanan kering dan mengombinasikannya setiap hari. Kombinasi ini penting untuk memaksimalkan keseimbangan cairan pada kucing. Cairan yang seimbang dapat mencegah kering pada kulit kucing yang memicu kerontokan.

Jangan Biarkan Kucing Stres

Hewan juga bisa merasa cemas dan stres. Kucing yang stres, tekanan darahnya bisa naik, membuat nutrisi yang dikirim ke seluruh tubuh melambat. Hal ini juga dapat memengaruhi kesehatan bulu dan kulit kucing.

Jadi tips merawat bulu kucing yang kedua adalah menghindarkannya dari stres. Satu hal yang dapat kamu lakukan adalah memberinya banyak perhatian. Berikan perawatan yang cukup dan gizi yang seimbang.

Menyisir Bulu Secara Rutin

Tips merawat bulu kucing agar tidak rontok tentunya tidak akan jauh-jauh dari memperhatikan kebersihan tubuhnya. Salah satunya adalah menyisir bulu kucing secara rutin. Sering menyisir bulu bisa memisahkan bulu yang rontok dari tubuh kucing.

Bulu yang rontok, jika tetap menempel pada kucing bisa menghambat pertumbuhan bulu lainnya. Ini karena bulu yang rontok bisa menutupi permukaan kulit di mana bulu baru akan tumbuh. Bulu yang tidak disisir juga bisa menggumpal bersama kotoran lainnya.

7 dari 7 halaman

Cara Merawat Bulu Kucing Peria

Mandikan Kucing

Selain menyikat dan menyisir, kamu bisa memandikan kucing untuk menghilangkan sisa bulu yang rontok dan serpihan kulit mati. Kamu dapat memandikan kucing sebulan sekali. Tips merawat bulu kucing ini harus dilakukan dengan saksama.

Memandikan kucing harus dilakukan dalam jumlah sedang karena mereka memiliki minyak esensial yang bisa hilang jika sering dimandikan. Gunakan sampo yang dibuat khusus untuk kucing, dengan komposisi yang tidak berbahaya bagi kulit dan bulunya.

Jaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kucing sangat penting sebagai tips merawat bulu kucing. Agar kucing memiliki bulu lebat, pastikan untuk menjaga kebersihan tempat tinggalnya. Rumah atau kandang yang kotor bisa menjadi sarang parasit yang bisa merusak bulu kucing. Pastikan kucing merasa nyaman berada dikandang atau lingkungan sekitarnya.

Berikan Cukup Sinar Matahari

Tips merawat bulu kucing selanjutnya adalah dengan memberikannya cukup sinar matahari. Sinar matahari bisa menguatkan bulu dan menghilangkan jamur, bakteri, atau parasit yang bisa menempel pada bulu kucing. Kamu bisa membiarkan kucing berjemur di pagi hari paling tidak selama 10 menit.

Jaga Suhu Ruangan

Kucing memiliki mekanisme sendiri untuk menjaga panas tubuh dan terletak di bulu. Kucing memiliki suhu normal di antara 37 hingga 38 derajat celcius. Suhu di atas itu akan membuat kucing merontokkan bulunya untuk menjaga panas tubuh. Jadi pastikan untuk kucing tidak kepanasan setiap harinya.

Itulah beberapa tips merawat bulu kucing agar tidak rontok. Selalu jaga kesehatan dan kebersihan hewan peliharaanmu agar kamu tetap bisa bermain setiap hari dengannya.

 Nah, itu tadi makanan kucing Persia yang bagus untuk bulu serta cara merawatnya.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia