Sukses

15 Contoh Makanan yang Mengandung Vitamin K, Punya Banyak Manfaat

Liputan6.com, Jakarta Contoh makanan yang mengandung vitamin K harus diketahui manfaatnya. Vitamin K adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Makanan yang mengandung vitamin K dibutuhkan tubuh karena berperan penting untuk mencegah perdarahan parah ketika Anda mengalami luka. Vitamin K merupakan salah satu nurtrisi penting bagi kesehatan.

Kekurangan vitamin K dapat meningkatkan risiko terkena osteoporosis dan penyakit jantung, serta menimbulkan sejumlah kondisi, seperti mudah memar dan luka sulit sembuh. Oleh sebab penting untuk mengetahui contoh makanan yang mengandung vitamin K agar dapat menjaga kesehatan tubuh kamu.

Contoh makanan yang mengandung vitamin K sangat mudah ditemukan di pasaran. Tak seperti vitamin lainnya, vitamin K ini terbilang asing dan jarang menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Kekurangan vitamin K jarang terjadi, tetapi, dalam kasus yang parah, dapat melambatkan waktu pembekuan dan menyebabkan perdarahan yang berlebihan.

Sayuran berdaun hijau mengandung jumlah vitamin K tertinggi, tetapi ada banyak sumber baik lainnya. Rata-rata, wanita dewasa membutuhkan 90 mikrogram (mcg) vitamin K per hari dan pria dewasa membutuhkan 120 mcg. 

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang contoh makanan yang mengandung vitamin K, Selasa (6/10/2020).

2 dari 4 halaman

Contoh Makanan yang Mengandung Vitamin K

Contoh makanan yang mengandung vitamin K ini bisa menjadi pilihan kamu untuk memenuhi asupan nutrisi dan vitamin kamu sehari-hari.

1. Kale

Kale mengandung 565 mcg vitamin K dalam per ½ gelas. Kale merupakan salah satu contoh makanan yang mengandung vitamin K yang bisa dijadikan salah satu menu untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian kamu. Kale adalah raja vitamin K. Kale kaya akan kalsium, kalium, dan folat, di antara vitamin dan mineral lainnya.

Bentuk vitamin K dalam kale adalah K1. Ini membantu mencegah penyakit jantung dan osteoporosis. Banyak antioksidan kuat ditemukan dalam kale, termasuk quercetin dan kaempferol, yang memiliki banyak efek menguntungkan bagi kesehatan.

2. Bayam

Contoh makanan yang mengandung vitamin K selanjutnya adalah bayam. Bayang mengandung vitamin K 444 mcg per ½ gelas. Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang memiliki banyak nutrisi. Nutrisi yang terkandung dalam bayam beberapa diantaranya adalah vitamin A, B dan E, ditambah magnesium, folat, dan zat besi. Setengah cangkir bayam yang sudah dimasak mengandung sekitar tiga kali lebih banyak vitamin K daripada secangkir bayam mentah, tetapi satu porsi mentah juga cukup untuk memenuhi asupan harian.

Bayam memiliki banyak senyawa tanaman yang dapat meningkatkan kesehatan, seperti lutein, kaempferol, nitrat, quercetin, dan zeaxanthin. Bayam dapat mengurangi stres oksidatif, meningkatkan kesehatan mata, melawan kanker, dan mengatur tekanan darah.

3. Brokoli

Ada banyak jenis makanan yang bisa diolah dengan bahan dasar brokoli. Selain dapat menambah selera makan, brokoli juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Sayur brokoli mengandung 110 mcg per ½ gelas.

Brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk folat, kalium, mangan, zat besi, dan vitamin C dan K1. Brokoli juga rendah karbohidrat yang dapat dicerna tetapi memberikan jumlah serat yang layak, yang meningkatkan kesehatan usus dan dapat mengurangi risiko berbagai penyakit.

4. Sayur Lobak

Sayur lobak merupakan salah satu contoh makanan yang mengandung vitamin K. Sayur lobak bisa membantu kamu memenuhi nutrisi dan vitamin harian kamu, khususnya vitamin K. Sayur lobak mengandung 425 mcg per ½ gelas.

Selain kaya vitamin K, sayur lobak juga tinggi kalsium, yang membantu memperkuat tulang. Konsumsi vitamin K yang cukup dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium, mengurangi ekskresi kalsium urin dan bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang.

Sayur lobak kaya akan serat dan air, yang membantu mencegah sembelit, meningkatkan keteraturan BAB dan menjaga saluran pencernaan yang sehat.

5. Peterseli

Contoh makanan yang mengandung vitamin K selanjutnya adalah peterseli. Daun peterseli adalah jenis daun khas Mediteranian yang sangat menyehatkan yang mengandung (520 mcg /125 ml). Konsumsi daun peterseli biasanya sebagai taburan dan juga lalapan. Biasanya daun peterseli juga menjadi hiasan namun jika dimakan ternyata memberikan manfaat untuk kesehatan. Daun peterseli mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, B12, C dan K.

Beberapa manfaat peterseli bisa mengendalikan tekanan darah dan kandungan asam folatnya sangat baik untuk kesehatan janin. Daun peterseli juga sangat baik untuk mendukung sistem pencernaan dan menghambat pertumbuhan jaringan tumor.

3 dari 4 halaman

Ragam Contoh Makanan yang Mengandung Vitamin K

6. Sawi Hijau

Sawi hijau merupakan contoh makanan yang mengandung vitamin K. Kamu bisa mengonsumi sawi hijau untuk memenuhi nutrisi dan vitamin harian kamu. Beberapa nutrisi yang ditemukan dalam daun sawi hijau seperti vitamin A, vitamin K, karoten, flavonoid dan bahan antioksidan. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari sawi maka sebaiknya cukup memasaknya singkat saja.

7. Daun Bawang

Daun bawang adalah sayuran khas Asia yang memiliki tekstur rasa yang menyegarkan, berbau harum dan bisa menjadi campuran masakan seperti sup atau mie. Daun bawang berbeda dengan jenis daun bawang putih karena ini sayuran alami yang memiliki bentuk lingkaran padat, bau tajam dan tumbuh sepanjang musim.

Contoh makanan yang mengandung vitamin K satu ini menyimpan ragam manfaat untuk kesehatan, beberapa diantaranya adalah mencegah ketebalan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan menjaga agar pembuluh darah tetap sehat.

8. Asparagus

Contoh makanan yang mengandung vitamin K selanjutnya adalah asparagus. Asparagus mengandung vitamin K (60 mcg/125 ml). Asparagus adalah salah satu jenis kelompok tanaman lily yang bisa menjadi sayuran lezat. Asparagus bisa langsung dimakan mentah atau dimasak sebentar saja. Rasanya sangat segar dengan daun hijau alami yang tidak akan rusak ketika sudah dimasak. Asparagus sangat baik untuk anak-anak hingga orang lanjut usia.

9. Buah Delima

Buah delima merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin K. Buah delima merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin K. Terdapat sekitar 20 mikrogram vitamin K di tiap 1 buah delima. Untuk mengonsumsinya, Anda dapat mengolahnya menjadi jus atau dijadikan es buah.

Selain buah delima, buah lain yang mengandung vitamin K adalah prem, kiwi, blueberry, alpukat, tomat, dan anggur.

10. Minyak Nabati

Minyak nabati adalah minyak yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Minyak nabati sering kali diklaim sebagai minyak yang sehat. Selain karena diperkaya vitamin K, beberapa minyak nabati juga memiliki kadar kolesterol yang rendah dibandingkan jenis minyak lainnya.

Salah satu minyak nabati yang mengandung vitamin K adalah minyak kanola. Hanya dengan menggunakan 1 sendok makan minyak kanola untuk masak, Anda sudah mendapatkan sekitar 10 mikrogram vitamin K. Selain minyak kanola, minyak zaitun dan minyak kedelai adalah minyak nabati yang mengandung vitamin K.

4 dari 4 halaman

Contoh Makanan yang Mengandung Vitamin K Lainnya

11. Kacang Mete

Contoh makanan yang mengandung vitamin K selanjutnya adalah kacang mete. Kamu bisa mendapatkan 10 mikrogram vitamin K dari 30 gram kacang mete. Jumlah ini berarti sudah memenuhi sekitar 20% kebutuhan harian orang dewasa. Selain vitamin K, kacang mete juga diperkaya beragam nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan, di antaranya protein, kalsium, magnesium, folat, dan serat.

Selain kacang mete, vitamin K juga terkandung dalam jumlah yang cukup tinggi pada jenis kacang lainnya, seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang polong, dan kacang merah.

12. Bit

Bit merupakan salah satu contoh makanan yang mengandung vitamin K. Bit mengandung vitamin K (350 mcg/125 ml). Bit memiliki ubi berwarna merah dengan daun berwarna hijau. Ubi bit bisa dikonsumsi dengan cara diolah menjadi campuran jus atau salad. Bit juga bisa dijadikan campuran sup namun sebaiknya dimasak dalam waktu yang singkat saja.

13. Kedelai

Kedelai mengandung vitamin K (50 mcg/125 ml). Kedelai termasuk sebagai salah satu jenis makanan yang memberikan nutrisi dalam jumlah yang sangat lengkap. Kedelai bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan seperti tempe, tahu, susu, dan miso. Kedelai adalah sumber protein yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga pertumbuhan tubuh dan sumber energi.

14. Hati Sapi

Hati sapi merupakan salah satu contoh makanan yang mengandung vitamin K selanjutnya yang bisa dijadikan dikonsumsi untuk memenuhi asupan dan vitamin kamu. Hati sapi mengandung vitamin K 106 mcg/100 gram.

Hati sapi sering disebut makanan super dari dunia hewan karena merupakan salah satu makanan padat nutrisi. Hati adalah sumber protein yang sangat baik, satu-satunya sumber terbesar vitamin A preformed, mengandung vitamin B12 dan B-kompleks yang berlimpah, choline, biotin, zat besi, tembaga, seng, folat, dan mengandung semua vitamin yang larut dalam lemak (A, D, E, K) .

4 Nutrisi yang terdiri dalam hati sapi adalah blok bangunan sinergis dari metabolisme, kekebalan, hati, kulit, mata, reproduksi, dan kesehatan mental.

15. Ayam

Ayam adalah daging yang paling populer di dunia. Daging ini tinggi dalam banyak nutrisi bermanfaat dan sumber protein yang sangat baik. Ayam mengandung vitamin K 60 mcg/100 gram.

Dada ayam adalah salah satu makanan tinggi vitamin K2. Tiga ons daging jenis ini memberi Anda 17% dari nilai harian vitamin K. Selain itu, dada ayam sangat kaya akan niacin dan vitamin B6. Ini juga merupakan sumber selenium dan fosfor.

Nah, itu tadi beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin K. Konsumsi secara rutin setiap hari agar nutrisi Anda tercukupi.