Sukses

11 Macam-Macam Sudut Beserta Pengertian Lengkapnya

Liputan6.com, Jakarta Sudut merupakan sebuah istilah penting yang memiliki beberapa definisi. Salah satu definisi sudut sendiri yaitu bentuk yang dihasilkan dari adanya dua garis dengan arah yang menyebar dari satu titik yang disebut dengan titik vertex.

Besar dari sudut tersebut biasanya akan dinyatakan dalam satuan derajat. Besar maksimal sudut di dalam bidang dan ruang yaitu 360 derajat. Ada beberapa jenis sudut yang paling umum dan banyak dikenal, yaitu jenis sudut siku-siku. Jenis sudut ini memiliki besar 90 derajat. Kemudian ada juga sudut lancip yang besarnya kurang dari 90 derajat, serta jenis sudut tumpul yang besarnya lebih dari 90 derajat namun kurang dari 180 derajat. 

Di dalam ilmu matematika serta geometri, masih terdapat berbagai macam-macam sudut lainnya. Klasifikasi dari macam-macam sudut tersebut bisa berdasar dari besar sudutnya atau bisa juga berdasarkan posisi dari sudut tersebut.

Untuk membahas lebih dalam lagi mengenai berbagai macam-macam sudut tersebut, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber apa saja sebenarnya macam-macam sudut beserta penjelasan mengenai satuan yang digunakan, Selasa (6/10/2020).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Sudut dari Besarnya

1. Sudut Nol Derajat (0°)

Penjelasan mengenai macam-macam sudut ini dimulai dari jenis sudut nol derajat. Sudut ini merupakan jenis sudut yang mempunyai besar 0°, sebab kedua garis pada sudut saling berimpit dan sama sekali tidak membentuk daerah sudut.

Di dalam bahasa Inggris, sudut nol juga umum disebut "zero degree". Sudut tersebut hanya terlihat seperti sebuah garis lurus, padahal sebenarnya merupakan 2 sinar garis yang saling berimpit.

2. Sudut Lancip (0° < x < 90o)

Sudut lancip merupakan jenis sudut yang mempunyai besar sudut antara 0° hingga kurang dari 90°, atau jika diterjemahkan ke dalam notasi matematika 0° < x < 90°, di mana x merupakan besar sudut yang diukur. Di dalam bahasa Inggris sudut lancip disebut "acute angle".

3. Sudut Siku-Siku (90°)

Salah satu jenis yang cukup terkenal di antara berbagai macam-macam sudut yaitu sudut siku-siku. Sudut ini memiliki besar sudut tepat 90°. Sudut siku-siku, di dalam bahasa Inggris juga umum disebut dengan "right angle".

4. Sudut Tumpul (90° < x < 180o)

Sudut tumpul merupakan salah satu jenis sudut yang mempunyai besar sudut antara 90° hingga kurang dari 180°. Jika diterjemahkan ke dalam notasi matematika, dapat dituliskan dengan 90° < x < 180°, di mana x adalah besar sudut yang diukur. Dalam bahasa Inggris sudut tumpul disebut juga sebagai "obtuse angle".

5. Sudut Lurus (180°)

Sudut lurus merupakan sudut yang memiliki besar sudut 180°. Di dalam bahasa Inggris, sudut lurus disebut "straight angle".

6. Sudut Refleks (180° < x < 360°)

Selanjutnya yaitu sudut refleks. Sudut ini memiliki besar sudut antara 180° hingga kurang dari 360°, atau jika ditulis dalam notasi matematika 0° < x < 90°, dengan x merupakan besar sudut yang diukur. Sudut refleks sendiri memiliki julukan "reflex angle" dalam bahasa Inggris.

7. Sudut Penuh (360°)

Sedangkan sudut penuh merupakan jenis sudut yang mempunyai besar 360°. Sudut penuh cenderung membentuk daerah lingkaran penuh. Sudut penuh di dalam bahasa Inggris umum disebut dengan “complete angle”.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Sudut Berdasar Posisinya

Berbeda dengan macam-macam sudut berdasarkan besarannya. Sudut berikut ini diklasifikasikan berdasar posisi. Berikut penjelasan lengkapnya

1. Sudut Bersebelahan

Sudut bersebelahan merupakan jenis sudut yang terbentuk dari tiga garis dengan menggunakan satu titik vertex.

2. Sudut Vertikal

Sedangkan sudut vertikal atau sudut bertolak belakang, merupakan jenis sudut yang mempertemukan dua sudut dengan posisi saling bertolak belakang dan terbentuk dari perpotongan dua garis. 

3. Sudut Komplementer

Pada sudut komplementer, jenis sudut ini akan mempertemukan dua sudut bersebelahan yang jumlah keduanya tepat 90°.

4. Sudut Supplementer

Sudut supplementer sendiri adalah jenis sudut yang mempertemukan dua sudut bersebelahan di mana jumlah keduanya tepat sebesar 180°.

4 dari 4 halaman

Pengertian Derajat dan Radian

Setelah memahami macam-macam sudut di atas, mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa satuannya menggunakan derajat (o). Sebenarnya tidak hanya derajat, namun untuk menyatakan besaran sebuah sudut bisa juga menggunakan satuan radian. Di dalam satu putaran sudut penuh memiliki besar sudut 360o atau 2π radian.

Di dalam satuan derajat penuh, sudutnya sebesar 360o. Maksudnya, setiap 1o berarti 1/360 putaran dalam mengelilingi satu putaran sudut penuh. Sedangkan radian adalah satuan ukuran sudut pusat lingkaran yang memotong busur dengan panjang sama dengan radius lingkaran. Di dalam satu putaran penuh memiliki besar sudut 2π radian.

Apabila diperhatikan dengan seksama, sebenarnya memahami berbagai macam-macam sudut tidak sulit. Bahkan jika sudah sangat paham dan hafal dengan tiap jenisnya, tidak perlu menggunakan alat ukur sudah bisa mengetahui sudut dari sebuah benda dengan mudah.