Sukses

10 Cara Merawat Rambut yang Diwarnai, Jangan Salah Pilih Shampo

Liputan6.com, Jakarta Tren gaya rambut saat ini cepat sekali mengalami perubahan. Hal ini membuat banyak orang terpacu untuk terus mengikuti update gaya rambut terbaru. Namun, seringkali orang-orang luput dalam memahami cara merawat rambut yang diwarnai. Sehingga banyak rambut yang rusak akibat terlalu mengikuti tren di masyarakat.

Salah satu tren yang paling memiliki dampak besar terhadap rambut adalah disemir atau diwarnai. Meskipun nampak stylish, namun mewarnai rambut ternyata bisa membuat batang rambut menjadi kering dan rusak. Hal ini merupakan salah satu efek samping yang ditimbulkan oleh senyawa dalam cat rambut, yakni Ammonia. 

Maka dari itu sebelum Anda mewarnai rambut, ada baiknya untuk memahami cara merawat rambut yang diwarnai terlebih dahulu supaya tidak rusak. Merawat rambut yang diwarnai juga dikenal cukup sulit karena dibutuhkan perawatan yang khusus, bahkan shampo yang digunakan pun khusus.

Berikut ini merupakan 10 cara merawat rambut yang diwarnai dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (6/10/2020).

2 dari 6 halaman

Cara Merawat Rambut yang Diwarnai

1. Cara Perawatan Rambut dengan Clarifying Shampo

Setelah rambut di cat, gunakan tipe Clarifying Shampo untuk keramas. Hal ini lantaran warna cat rambut bisa cepat luntur jika hanya menggunakan shampo biasa.

Selain itu, shampo ini juga membuat kulit kepala lebih lembap dan tidak mudah kering. Cairan dari shampo ini biasanya memiliki warna ungu. Anda bisa mendapatkan shampo ini di supermarket terdekat dengan berbagai merek.

2. Manfaat Masker Rambut

Salah satu Cara Merawat Rambut yang diwarnai adalah dengan menggunakan masker rambut secara rutin. Hal ini lantaran rambut yang diwarnai cenderung mudah kering, maka dari itu, masker rambut bisa efektif mengembalikan kelembapan rambut.

Sebaiknya, anda menggunakan masker rambut seminggu sekali secara rutin. Masker rambut juga dapat mencegah rambut yang bercabang.

3 dari 6 halaman

Cara Merawat Rambut yang Diwarnai

3. Lindungi Rambut Saat Berolahraga

Untuk menjaga tubuh tetap bugar, anda mungkin selalu berolahraga rutin setiap minggunya. Jika anda melakukan aktivitas fisik outdoor, maka jangan lupa untuk menggunakan topi agar bisa melindungi rambut anda. Selain itu, jika anda memilih olahraga renang, maka jangan lupa untuk mengenakan topi renang agar dapat melindungi rambut dari bahan kimia penjernih air kolam.

4. Cuci Rambut dengan Air Dingin

Ketika rambut sudah terasa lepek dan berminyak, tentu anda ingin segera mencucinya dengan bersih. Namun, untuk rambut yang diwarnai, sebaiknya hindari penggunaan air panas.

Dengan menggunakan air dingin, bisa menjaga kutikula rambut, sehingga rambut lembut dan bercahaya. Memakai air hangat justru merampas kelembapan alami rambut dan membuat rambut mudah berminyak.

4 dari 6 halaman

Cara Merawat Rambut yang Diwarnai

5. Cara Merawat Rambut dengan Dry Shampo/Shampo Tanpa Bilas

Memiliki rambut yang diwarnai memang harus berani mengambil risiko untuk merawatnya dengan perhatian ekstra. Hal ini lantaran rambut yang diwarnai cenderung lebih kering dan mudah kusam.

Selain itu, anda juga tidak boleh terlalu sering keramas. Sebaiknya untuk menjaga kelembapan rambut, keramas hanya dilakukan dua kali dalam seminggu. 

Namun jika dirasa keramas tidak cukup, maka anda bisa menggunakan dry shampo. Sehingga kotoran yang melekat pada rambut bisa lebih terangkat dengan produk perawatan rambut ini.

6. Gunakan Serum Khusus

Menggunakan cat rambut bisa membuat rambut tampak kusam dan kering. Salah satu cara merawat rambut yang diwarnai adalah dengan menggunakan serum khusus rambut. Sehingga rambut menerima nutrisi ekstra dari serum yang bisa membantu untuk mengembalikan kelembapan rambut.

Sebaiknya, sebelum melakukan styling rambut seperti catok atau curling iron, anda harus mengenakan serum rambut terlebih dahulu. Sehingga rambut tidak rusak ketika terkena panas tinggi dari hair dryer atau catok.

5 dari 6 halaman

Cara Merawat Rambut yang Diwarnai

7. Minimalkan Penggunaan Alat Penata Rambut

Meskipun anda senang melakukan styling rambut, lebih baik mengurangi hal ini ketika rambut sedang diwarnai. Terlalu sering menggunakan alat penata rambut seperti hair dryer dan catok bisa merusak batang rambut. Bahkan, rambut yang diwarnai juga lebih rentan rusak ketika mengenakan alat-alat ini ketimbang rambut yang tidak diwarnai.

8. Cara Merawat Rambut dengan Minyak Zaitun

Terkenal karena manfaatnya yang luas untuk mempercantik penampilanmu, minyak zaitun mengandung nutrisi untuk menjaga kesehatan rambut. Caranya cukup mudah, usapkan satu hingga dua sendok teh minyak zaitun ke kulit kepala. Pijat secara perlahan lalu diamkan 20-30 menit, cuci seperti biasa. Rambut jadi berkilau dan lembut.

6 dari 6 halaman

Cara Merawat Rambut yang Diwarnai

9. Pisang Atasi Rambut Kering

Selain sedap dikonsumsi langsung, pisang juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan rambut. Agar rambut bebas dari masalah rambut kering dan rusak karena penggunaan cat rambut, cukup campurkan pisang yang sudah dihaluskan dengan yogurt.

Aplikasikan ke rambut secara merata, dari ujung hingga pangkal rambut. Diamkan selama 20 menit, lalu keramas seperti biasa. Lakukan secara teratur 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan ya.

10. Sehatkan Rambut dengan Madu

Karena lupa merawat rambut yang diwarnai, rambut jadi kering dan mudah rontok. Duh sayang banget kan, coba deh atasi dengan menggunakan madu. Ambil 2-3 tetes madu, lalu campurkan pada shampo atau kondisioner. Usapkan merata ke seluruh rambut, diamkan sebentar lalu cuci bersih.