Sukses

5 Manfaat Kentang untuk Dapur, Bisa Hilangkan Noda di Alat Masak

Liputan6.com, Jakarta Kentang merupakan salah satu sayuran yang dikenal memiliki banyak manfaat. Ketika dikonsumsi, kentang juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Ternyata, mudah diolah sebagai berbagai macam hidangan yang lezat, ada pula manfaat kentang untuk dapur.

Jika anda sedang menerapkan gaya hidup zero waste, maka tips manfaat kentang untuk dapur ini bisa cocok untuk anda. Salah satunya adalah dengan tidak buru-buru untuk membuang kulit kentang. Hal ini dikarenakan ternyata kulit kentang memiliki banyak manfaat, di antaranya yakni untuk membantu membersihkan alat dapur yang sudah berkarat. 

Selain kulit kentang yang masih bisa dimanfaatkan, ada pula air rebusan kentang yang bisa menghapus noda pada peralatan makan perak. Hal ini lantaran dalam air rebusan tersebut, terdapat getah kentang yang efektif untuk membersihkan noda pada alat makan perak. Manfaat kentang untuk dapur juga masih ada banyak lagi.

Sehingga ketika anda sedang berniat untuk memasak kentang, mungkin anda bisa menyimak ulasan berikut sehingga bisa memanfaatkan sisa-sisa olahan kentang untuk turut membersihkan dapur anda. Berikut ini merupakan 5 manfaat kentang untuk dapur dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (6/10/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Bersihkan wajan besi cor yang sudah berkarat

Dalam kentang dan kulitnya, terdapat getah yang mengandung asam oksalat. Berdasarkan beberapa penelitian, asam oksalat ternyata mampu membantu permasalahan karat yang terdapat pada besi cor sehingga bisa pulih seperti sedia kala.

Caranya cukup mudah, yakni pertama anda kupas kentang terlebih dahulu, potong besar-besar tapi jangan dicuci. Kemudian cuci bersih bagian kulit kentang hingga tanah-tanahnya tidak bersisa. Jangan lupa bahwa kulit kentang jangan dibuang karena ini merupakan salah satu elemen yang penting. 

Jika sudah, celupkan potongan kentang  ke dalam sabun cuci piring atau soda kue.  Gosokkan ke area yang berkarat. Jika ujung kentang licin, potong dan celupkan ujung yang baru dipotong. Ulangi sampai karat hilang, lalu bilas dan keringkan. Mudah bukan?

3 dari 6 halaman

Bersihkan pisau dan alat masak berkarat

Salah satu manfaat kentang untuk dapur yakni membersihkan pisau yang berkarat. Seperti halnya yang sudah disebutkan di atas, asam oksalat pada kentang sangat efektif untuk membersihkan noda karat. 

Sehingga ketika anda memiliki banyak pisau yang berkarat di rumah, anda tidak perlu khawatir lagi karena karatnya bisa dibersihkan menggunakan kentang yang dicelupkan pada soda kue. Cara ini juga bisa anda terapkan ke alat masak yang lain seperti loyang, gunting dapur, gagang sotil, dan lain sebagainya.

4 dari 6 halaman

Hapus noda dari perak

Jika anda memiliki peralatan makan yang terbuat dari perak, kadang kala ada noda membandel yang sulit untuk dihilangkan lantaran alat tersebut sudah menahun dimiliki. Kini anda tak perlu khawatir, karena ternyata air rebusan dari kentang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda membandel yang ada pada perak.

Noda yang terdapat pada perak, harus dihilangkan dengan cara khusus. Tak bisa hanya menggunakan sabun cuci biasa.  Sehabis merebus kentang, jika air rebusan tidak dipakai untuk masakan kamu bisa manfaatkan untuk membersihkan perak. Taruh sisa air rebusan kentang ke dalam wadah. Kemudian rendam perak yang bernoda dan biarkan minimal selama satu jam. Setelah direndam, lap perak sampai kering dan noda hilang.

5 dari 6 halaman

Bersihkan dan hapus kabut pada kacamata

Bagi para pengguna kacamata tentu pernah mengalami lensa yang berkabut. Selain mengganggu penglihatan, tentu kabut tersebut juga membuat kita tidak nyaman ketika menggunakan kacamata. Terlebih lagi ketika menggunakan kacamata dan masker secara bersamaaan.

Maka dari itu, ternyata kentang bisa menjadi jawaban atas permasalahan anda. Salah satu manfaat kentang untuk dapur ternyata untuk menghilangkan kabut yang ada pada lensa kacamata. Caranya pun sangat mudah dan tidak memerlukan hal khusus. Anda hanya perlu menggosok lensa lensa kacamata dengan bagian potongan kentang mentah dan pati dari kentang. Hal ini akan membantu mengurangi penumpukan kabut pada kacamata.

6 dari 6 halaman

Bersihkan pecahan kaca

Ketika membersihkan rumah atau beraktivitas di dalam rumah, kadang kala terjadi hal yang tidak terduga. Misalkan kecerobohan anak-anak atau kita ketika menyenggol alat makan yang berbahan kaca. Untuk membersihkan serpihan pecahan kaca, harus benar-benar teliti agar tidak tersisa dan bisa membahayakan anggota keluarga. Terlebih lagi serpihan kaca berwarna bening dan berukuran kecil yang bisa saja bertebaran secara kasat mata.

Maka dari itu, ternyata kentang bisa menjadi solusi untuk permasalahan anda kali ini. Ketika sedang membersihkan pecahan kaca yang berukuran sangat kecil, anda bisa memanfaatkan kentang mentah yang masih bergetah agar serpihan tersebut bisa terangkat. Caranya adalah  manfaatkan potongan kentang mentah. Caranya ambil kentang mentah lalu potong menjadi dua. Kemudian gunakan bagian kentang yang dipotong untuk menyisir area tempat kaca pecah. Serpihan kaca akan menempel di kentang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS