Sukses

Viral Aksi Bocah 5 Tahun Operasikan Ekskavator, Bantu Warga Pindahkan Puing Banjir

Liputan6.com, Jakarta Mampu mengoperasikan alat berat seperti ekskavator bukanlah perkara mudah. Ekskavator atau mesin pengeruk merupakan alat berat yang terdiri dari boom (bahu), lengan (arm) dan bucket. Biasanya kontruksi pembangunan membutuhkan alat berat ini karena mampu memindahkan material dari satu tempat ke tempat lainnya.

Melihat ekskavator atau mesin pengeruk di lokasi pertambangan atau pembangunan, mungkin sudah hal biasa. Lain halnya dengan kehebohan yang mendadak viral di berbagai media sosial ini. 

Lewat akun Facebook, terlihat seorang bocah bernama Theo Paays yang masih berusia 5 tahun sudah lancar mengendalikan ekskavator besar. Pemilik akun Facebook bernama Ayos Pattiasina mengunggah video berdurasi 4 menit 30 detik yang memperlihatkan aksi bocah tersebut.

Tentu saja aksi bocah 5 tahun itu kemudian viral di media sosial. Terlebih lagi setelah diketahui jika aksi Theo ini adalah murni ingin membantu warga membersihkan puing-puing jembatan di Desa Hutumuri, Kecamatan Leitimur, Ambon.

2 dari 4 halaman

Operasikan Ekskavator

Sebuah video berdurasi lebih ari 4 menit memperlihatkan aksi bocah 5 tahun yang begitu lancar mengoperasikan alat berat ekskavator. Kejadian ini terjadi pada Minggu (4/10/2020) lalu.

Dilansir dari akun Facebook Ayos Pattiasina, bocah bernama Theo Paays membantu membersihkan puing-puing jembatan di Desa Hutumuri, Kecamatan Leitimur, Ambon saat kegiatan kerja bakti usai banjir.

"NAMANYA THEO PAAYS.. USIANYA BARU 5 TAHUN.. SUDAH BISA MENGOPERASIKAN ALAT BERAT EXCAVATOR.. THEO MEMBANTU WARGA MEMINDAHKAN BATU BESAR YANG MENGHIMPIT PIPA AIR MINUM WARGA AKIBAT BANJIR SEMALAM DI KOTA AMBON TERLEBIH KHUSUS DI HUTUMURI..." dikutip dari Facebook Ayos Pattiasina.

3 dari 4 halaman

Bersihkan Sungai dan Puing Jembatan Usai Banjir

Dalam video, tampak Theo mengendalikan operasi ekskavator yang mengikuti arahan beberapa warga yang turut kerja bakti di pinggir sungai tersebut. Bocah itu mengangkat puing-puing di sungai, menggeser dan menarik batu besar yang menghalangi arus air.

"BERKAT BANTUANNYA KAMI SUDAH BOLEH MENIKMATI LAGI AIR BERSIH.... " lanjut pemilik akun. 

Theo mengikuti perintah untuk mundur, maju hingga menggerakkan perlahan dan seterusnya. Ia ikut andil dalam membantu membersihkan puing-puing di jembatan akibat banjir di Desa Hutumuri, Kecamatan Leitimur, Ambon.

4 dari 4 halaman

Bahagia Bisa Bantu Warga

Tentunya aksi Theo ini adalah aksi yang ajrang sekali ditemui untuk bocah bersuia 5 tahun. Tak heran jika video yang diunggah pada Minggu (4/10/2020) lalu ini sudah disukai hampir 2 ribu pengguna Facebook.

Berkat aksinya, banyak warga yang mengucapkan terima kasih pada Theo. Pemilik akun Facebook juga turut mengucapkan terima kasih atas bantuan bocah itu dengan alat berat ekskavator. 

"BERKAT BANTUANNYA KAMI SUDAH BOLEH MENIKMATI LAGI AIR BERSIH.... TERIMA KASIH THEO.. TUHAN BERKATI (LOKASI DESA HUTUMURI KECAMATAN LEITIMUR SELATAN KOTA AMBON MALUKU)" tutupnya. 

Saat ditanya oleh sang perekam video, Theo bisa menjawab layaknya seorang bocah yang bersemangat. Menggunakan nada panjang dan seraya berteriak cukup senang.