Sukses

6 Jenis Kucing Peliharaan Bulu Lebat, Ketahui Cara Merawat dan Harganya

Liputan6.com, Jakarta Bagi yang ingin memiliki hewan peliharaan, bisa memilih kucing. Kucing dikenal memiliki sifat penyayang, menggemaskan, dan penurut. Jika masih bingung mau pelihara kucing yang seperti apa, jenis kucing peliharaan bulu lebat ini bisa dijadikan referensinya.

Jenis kucing peliharaan bulu lebat sudah dijelaskan beserta dengan harga bandrolannya. Enggak perlu menerka-nerka harga pasarannya lagi. Hanya perlu menyiapkan bajet yang sesuai dan jenis kucing yang diinginkan.

Alih-alih hanya melihat kucing dari unggahan video di media sosial, cobalah untuk memeliharanya sendiri. Memilih jenis kucing peliharaan bulu lebat akan membuatmu ingin berlama-lama di dekatnya. Menenangkan, jauh dari stres, dan bikin selalu semangat menjalani hari.

Selain itu, agar menjaga nutrisi sang kucing dan menjauhkan dari stress, diperlukan asupan yang bergizi. Salah satu makan kucing ialah Muezza. Muezza adalah makanan kucing halal dan bisa didapatkan dengan mudah di e-commerce Indonesia. Mulai dari Shopee dan Tokopedia.  

Berikut Liputan6.com ulas jenis kucing peliharaan bulu lebat dan harganya dari berbagai sumber, Rabu (7/10/2020).

2 dari 7 halaman

Ragdoll

Jenis kucing peliharaan bulu lebat ini harganya dibandrol dari Rp 3.500.000 sampai Rp 10.000.000.

Ragdoll merupakan jenis kucing berbadan besar dengan bulu yang lebat. Dinamai Ragdoll karena saat kucing ini diangkat, ia akan tampak lemas dan lunglai, sama seperti sebuah boneka kain.

Kucing ini pertama dikembangkan sejak 1960-an di Amerika Serikat. Ragdoll adalah salah satu ras kucing terbesar di dunia yang telah diakui oleh Guinness World Records.

Ragdoll sangat cantik dan manis. Jenis kucing ini memiliki warna yang cukup banyak. Mulai dari warna biru, coklat tua, coklat, ungu, merah, dan krem. Mata yang dimiliki kucing ini berwarna biru dan ciri khas wajahnya nampak selalu tersenyum.

Wajahnya imut dengan pipi yang bulat, sifatnya tenang, serta penyayang. Untuk memelihara kucing Ragdoll, kamu harus menyediakan tempat yang cukup luas karena kucing Ragdoll senang permain dan berpetualang.

 

3 dari 7 halaman

Maine Coon

Harganya dibandrol dari Rp 4.000.000 sampai Rp 15.000.000.

Maine coon merupakan jenis kucing besar dengan bulu panjang. Tubuhnya dapat mencapai ketinggian hingga sekitar 1 meter dengan bobot hingga 6 kg dan jantan sampai 8 kg.

Maine coon memiliki kepala yang sedang dan lebar dengan dahi yang sedikit melengkung dan tulang pipi yang menonjol. Ekornya panjang dengan bulu yang lebat. Bulunya seperti mantel karena tebal dan membuatnya tahan terhadap air.

Jenis kucing peliharaan bulu lebat ini cocok dipelihara di iklim dingin karena bulu yang dimilikinya sudah sangat menghangatkan. Maine Coon termasuk jenis kucing terbesar di dunia. Ada sekitar 75 kombinasi warna berbeda dan mata khas yang dimilikinya berwarna coklat dan biru.

Tipe kucing Maine Coon termasuk sangat cerdas dan menyukai berada di dekat manusia. Bahkan mereka akan menikmati perhatian dengan banyak "mengeong" untuk meresponsnya. Jenis kucing ini bisa tinggal dengan jenis kucing lain, bahkan anjing sekalipun.

4 dari 7 halaman

Himalaya dan Anggora

Himalaya

Harganya dibandrol dari Rp 650.000 sampai Rp 3.000.000.

Kucing himalaya merupakan hasil persilangan antara kucing persia dengan kucing siam. Kucing ini bertubuh gemuk, besar, dan bulat dengan kaki yang pendek seperti kucing persia.

Seperti kucing siam, kucing himalaya adalah kucing yang aktif, senang bermain, dan tidak senang bermalas-malasan. Kucing ini adalah kucing yang cerdas, tenang, lembut, komunikatif, dan manis seperti kucing persia.

Untuk bisa memelihara jenis kucing ini, pastikan memilih yang sehat. Kucing himalaya yang sehat bertubuh kekar, berkaki pendek, bulunya panjang lembut, kepalanya bulat lebar, dan matanya bulat dengan warna biru.

Anggora

Harganya dibandrol dari Rp 8.000.000 sampai Rp 12.000.000.

Salah satu jenis kucing berbulu panjang yang paling populer adalah anggora. Kucing ini berasal dari Turki yang juga sering disebut Anggora Turki. Sama seperti Persia, Anggora merupakan salah satu ras kucing tertua di dunia.

Anggora memiliki hidung yang panjang, kepala yang berbentuk segitiga, serta telinga yang panjang, lebar, dan berbentuk segitiga. Ciri khas kucing ini adalah bulunya yang panjang, tubuh panjang, ramping, langsing, dan elegan.

Cakar yang dimiliki jenis kucing anggora Turki, panjang, halus, dan ujungnya berbentuk bulat atau lonjong. Sementara bagian kaki belakang lebih panjang daripada kaki bagian depannya. Ciri khas bulunya lembut, halus, dan mengambang.

5 dari 7 halaman

Persia

Harganya dibandrol dari Rp 5.000.000 sampai Rp 16.000.000.

Persia merupakan salah satu jenis kucing berbulu panjang yang paling banyak dipelihara. Ciri khas dari kucing ini adalah bulunya yang panjang, lebat, berwajah bulat dan hidung pesek. Kucing persia merupakan salah satu ras kucing tertua yang ada di dunia.

Jika ingin menjadikannya hewan peliharaan, pastikan mau merawatnya dengan lebih telaten. Bulu panjang kucing Persia membutuhkan perawatan harian agar bebas kusut dan menjadi simpul. Jika bulunya sudah terlanjur menjadi kusut, maka bulu ini harus dipotong dan dibiarkan tumbuh kembali.

Kucing Persia termasuk peranakan yang membutuhkan perawatan rutin. Nggak heran kalau kucing ini kebanyakan berperilaku manja, penyayang, dan setia. Kucing Persia memiliki beberapa jenis lagi lho, di antaranya, Persia Peaknose, Persia Flatnose, Persia Himalaya, dan Persia medium.

6 dari 7 halaman

Ragamuffin

Harganya dibandrol sekitar Rp 12.000.000.

Kucing ragamuffin merupakan hasil persilangan antara kucing Ragdoll dengan Persian, Himalayan, dan kucing berbulu panjang lain. Ragamuffin terkenal karena kepribadiannya yang ramah dan bulunya yang mirip bulu kelinci yang tebal. Ragamuffin adalah kucing yang ramah, baik, sangat jinak, manis, lembut, dan penyayang.

Jenis kucing ini memang hampir mirip dengan Ragdoll. Satu-satunya perbedaan yang dimiliki Ragamuffin ada pada warna dan pola bulunya. Bulunya tidak seketat Ragdoll. Kucing ini memiliki perawakan yang cukup kuat, berat, dan berotot.

Jenis kucing jantannya bisa memiliki berat 12 hingga 20 pon. Sementara betinanya 8 hingga 15 pon. Kucing ini memiliki cakar yang bulat dengan jumbai lebat. Moncongnya agak bulat, pipinya penuh, dan dagunya kuat. Ekornya sedikit meruncing dan bulunya lembut.

Kucing ini cocok dijadikan peliharaan keluarga karena perangainya yang tenang. Sabar dan tidak temperamen. Bahkan Ragamuffin tidak mengenal orang asing sama sekali. Semua tamu yang asing akan disambutnya dengan senang hati.

7 dari 7 halaman

Tips Melebatkan Bulu Kucing Peliharaan

Beri kuning telur matang

Kuning telur menawarkan banyak nutrisi termasuk protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan kucing. Nutrisi ini sangat membantu pertumbuhan dan pemeliharaan bulu dan kulit kucing. Kamu bisa memberikan kuning telur maksimal tiga kali seminggu.

Minyak ikan

Minyak ikan mengandung asam omega-3 yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas bulu kucing. Mencampurnya dengan asam lemak omega-6, yang terkandung dalam lemak ayam dan minyak sayur dapat menjaga daya tahan kulit terhadap peradangan. Ini dapat mencehah kerontokan bulu pada kucing. Kamu bisa memberikan minyak ikan pada kucing seminggu sekali.

Perhatikan makanan kucing

Seberapa sehat kucing tergantung pada apa yang ia makan. Bulu kucing terutama terdiri dari protein. Jadi, kebutuhannya akan protein sangat besar. Makanan kucing yang baik adalah makanan yang jumlah karbohidrat, protein, dan lemaknya seimbang. Ini diperlukan untuk menjaga bulu yang lebih sehat dan lebih tebal.

Menyisir bulu dengan rutin

Sering menyisir bulu bisa memisahkan bulu yang rontok dari tubuh kucing. Bulu yang rontok, jika tetap menempel pada kucing bisa menghambat pertumbuhan bulu lainnya.

Ini karena bulu yang rontok bisa menutupi permukaan kulit di mana bulu baru akan tumbuh. Bulu yang tidak disisiri juga bisa menggumpal bersama kotoran lainnya.

Mandikan kucing

Selain menyikat dan menyisir, kamu bisa memandikan kucing untuk menghilangkan sisa bulu yang rontok dan serpihan kulit mati. Kamu dapat memandikan kucing sebulan sekali.

Memandikan kucing harus dilakukan dalam jumlah sedang karena mereka memiliki minyak esensial yang bisa hilang jika sering dimandikan. Gunakan sampo yang dibuat khusus untuk kucing, dengan komposisi yang tidak berbahaya bagi kulit dan bulunya.

Jangan biarkan kucing stres

Hewan juga bisa merasa cemas dan stres. Kucing yang stres, tekanan darahnya bisa naik, membuat nutrisi yang dikirim ke seluruh tubuh melambat. Ini juga dapat memengaruhi kesehatan bulu dan kulit kucing. Satu hal yang dapat kamu lakukan adalah memberinya banyak perhatian. Berikan perawatan yang cukup dan gizi yang seimbang.

Jaga suhu ruangan

Kucing memiliki mekanisme sendiri untuk menjaga panas tubuh dan terletak di bulu. Kucing memiliki suhu normal di antara 37 hingga 38 derajat celcius. Suhu di atas itu akan membuat kucing merontokkan bulunya untuk menjaga panas tubuh. Jadi pastikan untuk kucing tidak kepanasan setiap harinya.

Berikan cukup sinar matahari

Kucing memang tidak bisa menyerap vitamin D dari sinar matahari sama seperti manusia. Namun, kucing sangat suka kehangatan, begitu pula kehangatan sinar matahari. Sinar matahari bisa menguatkan bulu dan menghilangkan jamur, bakteri, atau parasit yang bisa menempel pada bulu kucing. Kamu bisa membiarkan kucing berjemur di pagi hari paling tidak selama 10 menit.

Jaga kebersihan tempat tinggal kucing

Agar kucing memiliki bulu lebat, pastikan untuk menjaga kebersihan tempat tinggalnya. Rumah atau kandang yang kotor bisa menjadi sarang parasit yang bisa merusak bulu kucing. Pastikan kucing merasa nyaman berada dikandang atau lingkungan sekitarnya.

 

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia