Sukses

7 Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Wajah, Anti Penuaan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat masker lidah buaya untuk wajah penting untuk diketahui. Masker lidah buaya mempunyai banyak manfaat untuk wajah. Setelah seharian beraktivitas, wajah membutuhkan perawatan agar tetap terjaga dan tidak kusam. Kamu bisa membuat masker sendiri di rumah, salah satunya dengan lidah buaya.

Lidah buaya adalah tanaman herbal yang memiliki berbagai kegunaan, termasuk sebagai masker lidah buaya. Hal tersebut dikarenakan lidah buaya memiliki berbagai kandungan nutrisi, seperti vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Cara membuat masker lidah buaya untuk wajah tentunya sangat mudah dipraktikkan. Untuk mendapatkan manfaat masker lidah buaya untuk wajah, kamu harus rutin menggunakannya. Walaupun hanya perawatan di rumah, namun hal tersebut bisa menjaga kulit wajah kamu agar tetap sehat dan terawat.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat masker lidah buaya untuk wajah serta efek sampingnya yang harus diketahui, Rabu (7/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Wajah

Manfaat masker lidah buaya untuk wajah bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satu manfaat dari masker lidah buaya untuk wajah yakni dapat mengatasi jerawat.

1. Mengatasi Jerawat

Manfaat masker lidah buaya yang pertama untuk wajah adalah mengatasi jerawat. Manfaat Lidah Buaya telah terbukti dapat membantu mengurangi kemerahan, keparahan jerawat, dan luka jerawat ketika dikombinasikan dengan tea tree oil dan propolis lebah.

Kombinasi ketiga bahan herbal tersebut terbukti lebih efektif mencegah jerawat daripada salep lainnya yang merupakan obat topikal resep untuk jerawat. Lidah buaya diketahui memiliki sifat antimikroba, sehingga sangat ideal untuk mencegah jerawat.

2. Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari

Manfaat masker lidah buaya selanjutnya yakni dapat mengatasi kulit yang terbakar matahari. Sejak dahulu, lidah buaya adalah obat alami yang digunakan untuk mengobati kemerahan dan rasa sakit yang disebabkan oleh sengatan matahari.

Meskipun ilmu pengetahuan belum memastikan apakah lidah buaya benar-benar membantu menyembuhkan kulit terbakar, namun telah terbukti mengurangi rasa sakit karena sengatan matahari. Manfaat masker lidah buaya juga dapat membantu mencegah kulit terbakar matahari.

3. Mengatasi Eksim dan Psoriasis

Manfaat masker lidah buaya untuk wajah selanjutnya yakni dapat Mengatasi Eksim dan Psoriasis. Lidah buaya memiliki sifat penyembuhan luka dan kemampuannya untuk merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru, yang bisa menjadikannya obat untuk melawan eksim dan psoriasis. Satu penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada pasien penderita psoriasis ringan sampai sedang ketika diobati dengan krim lidah buaya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Wajah

4. Mengatasi Bekas Luka Jerawat

Selain mencegah jerawat, lidah buaya dapat membantu mengurangi pembentukan bekas jerawat ketika diterapkan pada kulit sejak dini. Manfaat masker lidah buaya dapat mengurangi peradangan yang menyebabkan jaringan parut, meningkatkan produksi elastin dan kolagen, dan memperkuat matriks kolagen untuk membantu penyembuhan dengan baik.

Efektivitas gel lidah buaya terhadap bekas luka mungkin sangat tergantung pada berapa lama Anda memiliki bekas luka jerawat. Aloesin, yang merupakan turunan dari lidah buaya, juga telah terbukti membantu mengurangi munculnya jaringan parut jerawat dengan meringankan hiperpigmentasi di jaringan parut.

5. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat masker lidah buaya untuk wajah adalah mencerahkan kulit wajah. Jika kondisi wajah Anda kusam, maka gunakanlah masker lidah buaya untuk mencerahkan kulit agar meningkatkan kepercayaan diri kamu.

Perlu ketahui, sifat antioksidan alami dalam lidah buaya dapat mengatasi kerusakan oksidatif yang dialami kulit. Ini akan mengurangi wajah kusam dan membuat kulit bersinar alami.

6. Anti Penuaan

Anti penuaan merupakan manfaat masker lidah buaya yang bisa kamu dapatkan. Masker lidah buaya untuk wajah dapat membuat penampilan kamu awet muda. Lidah buaya dikenal dapat mempertahankan kekencangan kulit, yang menjadikannya krim antipenuaan.

Tidak hanya itu, gel lidah buaya juga bisa meremajakan dan melembapkan kulit yang dapat menunda penuaan, menjaga kulit tetap awet muda, dan bercahaya. Satu lagi, lidah buaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan membantu pembentukan sel-sel kulit segar dan baru.

7. Mengatasi Kulit Kering

Bagi kamu yang memiliki kulit kering, Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah yakni dapat mengatasi kulit kering. Selain memiliki kemampuan menyerap minyak di kulit wajah dengan mudah, khasiat masker lidah buaya juga dapat membantu merawat kulit kering. Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti pelembap yang biasa Anda gunakan dengan lidah buaya setelah mandi untuk membantu mempertahankan kelembapan kulit wajah.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Masker Lidah Buaya

Setelah mengetahui manfaat masker bedak bayi untuk wajah, berikut ini cara membuat masker lidah buaya yang mudah dipraktikkan di rumah.

1. Lidah Buaya dan Air Mawar

Masker pertama yang bisa kamu buat dengan bahan dasar lidah buaya adalah lidah buaya dan air mawar.

Bahan :

- 1 sendok makan gel lidah buaya

- 1 sendok makan air mawar

Cara membuat:

- Campurkan 1 sendok makan gel lidah buaya dengan 1 sendok makan air mawar.

- Aduk sampai menjadi pasta.

Cara Mengaplikasikan:

- Oleskan pasta pada wajah.

- Pijat selama 2 sampai 3 menit.

- Biarkan selama 20 menit.

- Bilas menggunakan air dingin.

Kamu dapat memakai masker ini hingga tiga kali seminggu agar hasilnya maksimal. Masker ini cocok untuk kulit kering, kulit normal, dan kulit berminyak.

 

2. Lidah Buaya dan Kunyit

Bahan :

- 1 jumput bubuk kunyit

- 1 sendok makan gel lidah buaya

- 1 sendok teh madu

- Beberapa tetes air mawar

Cara Membuat :

- Campurkan ketiga bahan tersebut sesuai takaran.

- Aduk sampai menjadi pasta.

Cara Mengaplikasikan:

- Oleskan pasta secara merata pada wajah dan leher.

- Biarkan selama sekitar 20 menit.

- Cuci bersih dengan air hangat.

- Keringkan dengan handuk bersih.

Kamu bisa memakai masker dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Masker ini cocok untuk semua kondisi kulit wajah.

 

3. Lidah Buaya dan Pisang

Bahan :

- 1 sendok makan lidah buaya

- 3-4 potong pisang matang

Cara Membuat Masker Lidah Buaya dan Pisang :

- Tumbuk beberapa potongan pisang.

- Campur gel lidah buaya dengan pisang yang telah ditumbuk.

- Aduk sampai merata.

Cara Mengaplikasikan:

- Oleskan pada wajah secara merata.

- Diamkan selama 10 menit.

- Bilas dengan air hangat.

Kamu dapat menggunakan masker ini seminggu sekali atau dua kali seminggu jika diperlukan. Masker ini cocok digunakan bagi Anda yang memiliki kulit kering dan kulit normal.