Sukses

8 Tips Perawatan Kulit Wajah Pria yang Tepat, Jangan Asal

Tips perawatan kulit wajah pria bisa kamu terapkan secara rutin setiap harinya.

Liputan6.com, Jakarta Tips perawatan kulit wajah pria berbeda dengan wanita. Hal ini berkaitan dengan jenis kulit wajah hingga kebiasaan sehari-hari antara pria dan wanita yang tentunya juga berbeda. Tidak heran saat ini sudah banyak beredar produk perawatan wajah khusus pria di pasaran.

Namun, kamu harus tetap berhati-hati dalam memilih produk perawatan wajah ini. Perawatan yang tak sesuai dapat menimbulkan masalah kulit. Oleh karena itu, perawatan kulit wajah pria ini harus diperhatikan dengan benar, tidak boleh asal-asalan saja.

Tips perawatan kulit wajah pria bisa kamu terapkan secara rutin setiap harinya. Selain merawat kulit wajah dari luar, kamu juga harus merawatnya dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang sehat, perbanyak konsumsi air putih, sayuran dan buah, serta menghindari kebiasaan merokok.

Selain itu, bagi kamu yang memiliki masalah kulit wajah yang cukup kompleks, seperti jerawat membandel, kulit kusam, dan bekas luka jerawat yang mengganggu penampilan, berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit merupakan solusi yang tepat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/10/2020) tentang tips perawatan kulit wajah pria.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tips Perawatan Kulit Wajah Pria

Kenali Jenis Kulit Wajah

Tips perawatan kulit wajah pria yang pertama adalah mengenali jenis kulit wajah terlebih dahulu. Menurut American Academy of Dermatology, ada lima jenis kulit, yaitu kulit normal, kering, sensitif, berminyak, dan kombinasi. Dengan mengenali jenis kulit, cara merawat wajah pada pria pun akan lebih gampang, terutama dalam pemilihan produk yang tepat.

Bersihkan Wajah Secara Teratur

Membersihkan wajah secara teratur tentunya menjadi salah satu tips perawatan kulit wajah pria yang paling penting. Dibandingkan dengan wanita, pria memiliki segudang aktivitas di luar ruangan yang membuat kulit wajahnya lebih berisiko kotor.

Menggunakan facial wash yang tepat menjadi salah satu cara merawat kulit wajah pria dari berbagai masalah, seperti jerawat hingga kulit kusam. Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan saat membersihkan wajah:

- Pilihlah produk facial wash yang sesuai dengan jenis kulit.

- Cuci wajah minimal 2 kali sehari atau maksimal 4 kali sehari untuk wajah berminyak.

- Bersihkan wajah menggunakan air suhu ruangan (tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas).

- Usapkan facial wash dengan gerakan sirkular atau melingkar.

- Hindari menggosok wajah terlalu keras dengan handuk saat mengeringkan wajah. Cukup keringkan dengan menepuk-nepuk sisa air di wajah.

3 dari 5 halaman

Tips Perawatan Kulit Wajah Pria

Menggunakan Tabir Surya

Tips perawatan kulit wajah pria yang tidak kalah penting adalah menggunakan tabir surya. Hal ini sangat penting bagi kamu yang memiliki aktivitas terpapar sinar matahari selama lebih dari 2 jam. Sebaiknya menggunakan tabir surya sebagai pelindung kulit wajah (SPF minimal 30).

Tabir surya berfungsi mencegah kerusakan kolagen akibat sinar matahari dan terbentuknya flek. Selain penggunaan tabir surya, gunakan juga topi sebagai pelindung agar tidak terlalu lama terkena sinar matahari secara langsung.

Exfoliating

Tips Perawatan kulit wajah pria berikutnya adalah melakukan exfoliating, baik di rumah atau di klinik kecantikan. Exfoliating, baik berupa scrub atau bahan kimia (chemical peeling), bisa menjadi cara merawat wajah pria agar tidak kusam karena mampu mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam.

Selain itu, dengan exfoliating, kulit dapat menyerap produk skin care lebih baik sehingga kamu mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

4 dari 5 halaman

Tips Perawatan Kulit Wajah Pria

Gunakan Toner

Tidak hanya wanita yang membutuhkan toner pada wajahnya, pria juga memerlukannya. Toner digunakan setelah mencuci muka untuk mengembalikan pH kulit dan mengangkat sisa kotoran di wajah. Tips perawatan kulit wajah pria ini juga sangat penting diterapkan secara teratur.

Bagi kamu yang memiliki kulit kering, gunakan hydrating toner agar dapat membantu melembapkan. Untuk kulit berminyak, gunakan toner oil-free untuk membantu mengangkat minyak berlebih di wajah.

Gunakan Pelembap

Tips perawatan kulit wajah pria selanjutnya adalah menggunakan krim pelembap secara rutin. Dengan menghidrasi kulit wajah menggunakan pelembap, kulit menjadi tampak sehat, mencegah penuaaan dini dan keriput, serta produksi minyak berlebih. Jika sudah terbentuk kerutan di dahi atau ujung mata, sebaiknya gunakan krim khusus anti-aging.

5 dari 5 halaman

Tips Perawatan Kulit Wajah Pria

Penggunaan Pisau Cukur

Banyak yang tidak tahu kalau tips perawatan kulit wajah pria juga bergantung pada pemilihan pisau cukur. Pilihlah pisau cukur yang tajam sehingga lebih mudah membersihkan rambut di sekitar wajar. Hasil cukuran yang lebih bersih akan membuat tampilan wajah yang lebih sehat.

Selain itu, jangan abaikan penggunaan krim after-shave. Krim ini berfungsi untuk menghidrasi kulit dan menenangkan, sehingga kulit terhindar dari iritasi.

Perhatikan Kandungan Skin Care

Memperhatikan kandungan pada produk perawatan kulit juga penting. Hal ini berguna untuk menghindari kerusakan muka, seperti berjerawat, iritasi, dan infeksi.

Jika kamu memiliki kulit yang berjerawat, cari pembersih dan pelembap yang tertulis "bebas minyak" atau "non-comedogenic", karena produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori wajah. Jika memiliki kulit sensitif, gunakan produk ringan yang tertulis “bebas pewangi”, karena produk yang mengandung wewangian dapat membuat kulit terasa kering dan gampang iritasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini