Sukses

Setelah Ikan Cupang, Kini Giliran Aquascape yang Naik Daun

Liputan6.com, Jakarta Pandemi membuat sebagian orang menemukan hobi baru. Mulai dari bersepeda, bercocok tanam, sampai memelihara ikan cupang. Yap, seketika hobi mengeliat di seluruh wilayah Indonesia. Selain hobi tersebut, ada pula hobi lama yang kini muncul kembali ialah Aquarium.

Selain memelihara ikan pada akuarium, terdapat pula memelihara ekosistem bawah air yang menonjolkan kehidupan bawa air yang disebut Aquascape.

Umumnya, Aquascape kerap disebut sebagai mendesain aquarium seperti kehidupan di laut sungguhan. Seperti bercocok tanam namun di bawah air. Adapun style Aquascape yang kini digemari, mulai dari Iwagumi style, dutch style, natural, sampai biotop.

Nah, bagi kamu pemula yang ingin mencoba hobi ini caranya gampang. Sebagai referensi, berikut tips membuat Aquacape untuk pemula.

Pilih aquarium yang sesuai

Hal pertama yang ialah memilih aquarium yang kamu inginkan. Saat ini terdapat beberapa ukuran aquarium atau biasa disebut tank untuk membuat aquascape. Mulai dari yang memiliki 30x20, 50x30 atau ukuran yang lebih besar lagi.

Sebagai contoh, bagi kamu pemula kamu bisa menggunakan tank dengan ukuran 30 – 40 cm. Dengan ukuran tersebut kamu bisa memaksimalkan tanaman yang ingin kamu gunakan.

Pilih style

Sebenarnya sah-sah saja jika kamu memiliki style sendiri untuk membuat aquascape. Namun, agar lebih terkonsep kamu bisa memiliki beberapa style yang mudah, seperti Iwagumi Style.

Style ini lebih mengedepankan batu besar dan rumput untuk ekosistemnya. Selain itu, style ini juga sangat mudah dilakukan bagi pemula.

Siapkan bahan lainnya

Untuk membuat aquascape, kamu memerlukan bahan-bahan berikut, seperti lampu LED, pupuk dasar, pupuk cair, tanaman dan CO2.

Nah, bagi kamu yang ingin membuat Iwagumi style, kamu memerlukan batu yang besar. Jenis batu yang cocok, seperti Lava Rock, fosil, garang stone, sampai sairyu stone.

Tata semua bahan

Bersihkan aquarium terlebih dahulu. Setelah kering dan bersih, masukan pasir sesuai yang kamu inginkan. Tata pasir untuk dasar. Setelah itu, masukan pupuk di atas pasir yang sudah kamu tata dengan bentuk yang kamu inginkan. Setelah itu, untuk lapisan terakhir gunakan pasir kembali agar pupuk tidak terlihat.

Setelah itu susun batu-batu sesuai keinginan mu. Nah, hal sangat seru dilakukan karena saat menyusun batu-batu ini, dibutuhkan sisi kreatifmu.

Untuk pemilihan tanaman, kamu bisa membeli bibit untuk ditaburkan di atas pasir atau kamu bisa membeli tanaman yang sudah hidup dan hanya ditanam secara langsung. Kamu juga memerlukan filter dan lampu saat memulai menanam tanaman di aquascape.

Lihat perkembangan

Setelah kamu tanam, tunggu beberapa hari untuk melihat perkembangannya. Jangan lupa untuk berikat air sedikit demi sedikit agar kebutuhan tanaman akan air terpenuhi. Kalau perlu tutup aquarium dengan plastik agar menjadi lembab.

Jika berhasil, tanaman akan muncul perlahan. Layaknya menanam di dalam pot, tanaman akan terlihat. Jika sudah terlihat. Berikan penuhkan aquascape dengan air dengan berkala. Mudahkan?  

Nah, bagi kamu yang tertarik membuat aquascape, beli bahan-bahan yang diperlukan di atas. Selama PSBB mungkin toko-toko aquarium tutup, kamu bisa membeli semua bahan melalui marketplace pilihan. Kamu bisa memilih situs belanja online dan jula beli mudah di Indonesia.

Beragam kebutuhan bahan untuk membuat aquascape ada di sana. Kamu tinggal duduk manis di rumah sembari menunggu bahan-bahan yang kamu beli datang. Nyaman dan mudahkan.

Yuk, salurkan kreatifmu selama pandemi.

 

(*)