Sukses

10 Ras Kucing dengan Umur Terpanjang, Ada yang Sampai 20 Tahun

Kucing dengan umur panjang bisa jadi teman sepanjang masa.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai hewan peliharaan favorit, banyak orang menginginkan kucing yang memiliki umur panjang. Rata-rata kucing bisa hidup 2 sampai 15 tahun. Namun, beberapa ras kucing bisa hidup sampai 20 tahun.

Memilih jenis kucing yang berumur panjang bisa membuatmu memiliki teman setia selama bertahun-tahun. Sifat dan cara pemeliharaan bisa jadi faktor penentu panjangnya umur kucing. Meski tidak ada jaminan kucing bisa hidup belasan tahun, memilih ras kucing yang berumur panjang bisa meningkatkan peluang memiliki kucing yang berumur panjang.

Nutrisi yang berkualitas, olahraga yang cukup, dan pemeriksaan kesehatan secara teratur akan memaksimalkan umur kucing. Berikut ras kucing yang dikenal memiliki umur panjang, dilansir Liputan6.com dari The Spruce Pets, Kamis(8/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ras kucing berumur panjang

Siam

Kucing siam merupakan kucing yang berasal dari Thailand. Kucing Siam memiliki tubuh ramping, ekor panjang, mata berwarna biru, bulu pendek, dan memiliki titik gelap di beberapa bagian tubuh seperti wajah dan kaki. Umur rata-rata kucing siam adalah 12 hingga 20 tahun.

Burmese

Burmese atau kucing burma adalah persilangan antara kucing cokelat kecil dari Burma dan kucing Siam. Kucing ini memiliki sifat sosial yang tinggi, suka bermain dan berpetualang. Meskipun ras ini secara umum sehat, Burma memiliki kecenderungan mengalami kelainan bentuk tengkorak, serta glaukoma. Terlepas dari masalah kesehatan ini, umur rata-rata orang Burma adalah 16 hingga 18 tahun.

3 dari 6 halaman

Ras kucing berumur panjang

Savannah

Savannah dikenal sebagai kucing yang liar dan sangar. Meski tidak sepenuhnya dijinakkan, kucing Savannah bisa bersahabat dengan manusia. Kucing ini direkomendasikan hanya untuk pemilik yang berpengalaman. Kucing savannah cenderung memiliki temperamen yang tidak dapat diprediksi, aktif, dan berani. Ras hibrida kucing ini umumnya sehat dan memiliki perkiraan umur rata-rata 12 hingga 20 tahun.

Egyptian Mau

Ras kucing ini banyak disebut dalam seni Mesir kuno. Egyptian Mau adalah kucing cantik dengan bulu berbintik khas. Kucing ini umumnya nyaman dengan manusia. Egyptian Mau bisa menjadi bagian dari keluarga yang setia. Meskipun beberapa rentan terhadap penyakit jantung, umur rata-rata ras ini bisa sampai 12 hingga 15 tahun.

4 dari 6 halaman

Ras kucing berumur panjang

Ragdoll

Ragdoll adalah kucing berbadan besar, dengan dada dan panggul yang lebar. Ragdoll memiliki sifat tenang dan penyayang. Ini menjadikan ragdoll favorit banyak orang. Dinamai Ragdoll karena saat kucing ini diangkat, ia akan tampak lemas dan lunglai, sama seperti sebuah boneka kain. Umur rata-rata ragdoll bisa sampai sekitar 15 tahun atau lebih.

Balinese

Balinese atau kucing Bali, sebenarnya bukan berasal dari Bali. Ras ini ditemukan di Amerika Serikat dan dinamai Bali karena keanggunan mereka mirip seperti penari Bali. Orang Bali kemungkinan besar berasal dari mutasi spontan dari kucing siam asal Thailand. Seperti orang Siam, Kucing Bali ramah, energik, dan cerewet. Umur rata-rata ras ini sekitar 12 hingga 20 tahun.

5 dari 6 halaman

Ras kucing berumur panjang

Russian Blue

Russian Blue merupakan ras kucing yang agak pendiam dan cenderung menyayangi keluarganya. Seperti namanya, kucing ini berasal dari Rusia dan bulunya berwarna biru keabu-abuan yang terlihat mengkilap. Russian Blue adalah anggota keluarga yang hebat dan rukun dengan hewan peliharaan lain, bahkan anjing, dan baik dengan anak-anak yang lembut.

Matanya yang berwarna hijau cerah memancarkan pesona tersendiri. Kucing biru rusia adalah kucing yang ramah, cerdas, penasaran, dan tenang. Ras ini rentan terhadap batu kandung kemih, serta masalah mata, tetapi umur rata-rata yang mereka miliki adalah 15 hingga 20 tahun.

Bombay

Kucing bombay kerap disebut kucing paling hitam di dunia kucing. Ras kucing bombay dikembangkan dengan tujuan terlihat seperti miniatur macan kumbang. Namun, kucing ini umumnya santai dan penyayang. Mereka suka bermain, tetapi mereka juga sangat senang meringkuk di pangkuan orang favoritnya. Umur rata-rata kucing ini adalah sekitar 12 hingga 16 tahun.

6 dari 6 halaman

Ras kucing berumur panjang

American Shorthair

American shorthair merupakan kucing populer untuk keluarga karena sifatnya yang menyenangkan dan santai. Ciri yang paling menonjol dari ras ini mungkin adalah wajahnya yang bulat dan agak rata, hampir mirip dengan Persia. American Shorthair memiliki bulu tebal yang semakin tebal di musim dingin.

Kucing ini biasanya pandai menghibur diri, dan tidak menuntut perhatian. Secara fisik, American Shorthairs adalah kucing sehat dengan umur panjang. Ras ini memiliki umur rata-rata 15 hingga 20 tahun.

Sphynx

Kucing Sphynx memilki penampilan unik dan istimewa. Jika dilihat sepintas, maka tubuhnya tampak botak. Namun kucing ini sebenarnya memiliki bulu sangat pendek dan sangat sedikit. Kucing sphynx bisa membutuhkan perawatan yang tinggi. Kucing ini tidak memiliki bulu sehingga sering kali perlu memakai sesuatu agar tetap hangat dalam cuaca dingin. Sphynx juga harus sering mandi untuk menghilangkan minyak berlebih di kulit. Kucing Sphynx memiliki umur rata-rata 10 sampai 15 tahun.

 

Agar kucing lebih sehat, diperlukan makanan kucing yang bernutrisi, seperti Muezza. Makanan kucing yang sudah mengantongi serifikat halal ini, memiliki kandungan kaya nutrisi. Kamu bisa mendapatkan Muezza di Shopee dan Tokopedia. 

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.