Sukses

8 Cara Mengobati Kulit Kering di Sekitar Bibir, Begini Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Mengalami kulit kering di sekitar bibir memang bikin enggak nyaman. Area yang dimaksud, yakni pipi bawah, dagu, dan pinggir bibir. Penderita yang mengalami biasanya akan merasa seperti timbul ruam merah, kering, bersisik, lecet, dan seperti ada sensasi terbakar. Untuk bisa mengatasinya, bisa dengan menerapkan cara mengobati kulit kering di sekitar bibir.

Pada dasarnya, cara mengobati kulit kering di sekitar bibir ini juga termasuk upaya meminimalkan penyebabnya. Salah satunya dengan mengonsumsi lebih banyak air putih. Tak lain dan tak bukan karena penyebab kulit kering di sekitar bibir adalah kekurangan cairan atau dehidrasi. Kemudian berhenti menjilat bibir, karena kebiasaan menjilat justru membuat kulit di sekitar bibir semakin kering dan menjadi iritasi.

Tak hanya menghindari penyebab. Cara mengobati kulit kering di sekitar bibir juga mengandalkan bahan-bahan alami. Mulai dari lidah buaya, mentimun, madu, minyak kelapa, dan masih banyak lagi. Bahan alami ini memiliki kandungan antioksidan, vitamin, bersifat melembapkan, dan bersifat mendinginkan. Enggak heran kalau bahan ini memang cocok untuk mengobati kulit kering di sekitar bibir.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengobati kulit kering di sekitar bibir dari berbagai sumber, Kamis (8/9/2020).

2 dari 7 halaman

Cara Mengobati Kulit Kering di Sekitar Bibir

Lidah Buaya

Lidah buaya bisa dipakai untuk mengobati kulit kering di sekitar bibir. Hal ini disebabkan karena lidah buaya memiliki sifat melembapkan. Termasuk tinggi antioksidan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kulit kering.

Ada pula sifat antiinflamasi pada lidah buaya yang bisa mendinginkan kulit yang kemerahan karena mengalami iritasi. Jadi, coba terapkan lidah buaya pada kulit kering di sekitar bibir. Cukup oleskan lidah buaya yang sudah dibersihkan di area kulit keringnya.

Madu

Madu dikenal memiliki sifat alami menyembuhkan dan melembapkan. Tak heran jika madu juga bisa diterapkan untuk mengobati kulit kering di sekitar bibir. Bahkan rasa manis yang dimilikinya juga akan terasa menenangkan.

Tak hanya melembutkan kulit kering, tetapi juga mencegah iritasi semakin parah. Begitu ruam yang terjadi di kulit sekitar bibir. Hanya perlu mengoleskan madu murni ke area kulit kering di sekitar bibir. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimalnya.

3 dari 7 halaman

Cara Mengobati Kulit Kering di Sekitar Bibir

Minyak Kelapa

Minyak kelapa dikenal memiliki antioksidan cukup tinggi. Khasiat ini dipercaya bisa dijadikan sebagai obat kulit kering di sekitar bibir. Minyak kelapa ini bisa membantu meringankan ruam yang terjadi. Kemudian iritasinya bisa diredakan dengan lebih cepat dengan mengoleskan pada kulit kering di sekitar bibir. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimalnya.

Lip Balm

Lip balm biasanya dipakai untuk mengobati bibir yang mengelupas. Tak hanya bagian bibir saja, tetapi bisa pula diterapkan pada kulit kering di sekitar bibir. Lip balm akan membantu melembapkan kulit keringnya. Sehingga akan membuat ruam dan iritasi tak semakin parah.

Lip balm biasanya mengandung petroleum dan beeswax. Kandungan ini akan membuat kelembapan area kulit kering semakin terjaga. Lip balm bisa menjaga bibir dari sinar matahari, angin, dan udara dingin/kering. Enggak heran kalau area kulit sekitar bibir yang diolesi bisa merasakan manfaat serupa.

4 dari 7 halaman

Cara Mengobati Kulit Kering di Sekitar Bibir

Jangan Menjilat

Tidak menjilat bibir termasuk upaya pengobatan kulit kering di sekitar bibir. Sebab ketika menjilatnya, justru kulit kering di sekitar bibir akan semakin teriritasi karena semakin kering. Jadi mulai kurangi kebiasaan menjilat bibir ketika dirasa ada yang aneh dengan kulit di sekitar bibir. Lebih baik gunakan pelembap saja daripada air liur sendiri.

Air Putih

Air putih sebaiknya lebih banyak dikonsumsi ketika mengalami adanya kulit kering di sekitar bibir. Mengonsumsi cukup air putih ini terbilang ampuh karena dehidrasi bisa diatasi. Penuhi kebutuhan cairan tubuh sesegera mungkin. Tujuannya agar kelembapan bibir dan kulit di sekitar bibir secara alami segera kembali. Paling tidak konsumsi 8 gelas setiap harinya atau setara dengan 1 liter air putih.

5 dari 7 halaman

Cara Mengobati Kulit Kering di Sekitar Bibir

Mentimun

Mentimun memiliki sifat mendinginkan yang nyaman dijadikan masker kulit kering. Vitamin dan antioksidannya yang tinggi sangat baik mengembalikan kelembapan kulit kering di sekitar bibir.

Maka dari itu, mentimun merupakan salah satu bahan alami yang dapat diandalkan untuk mengatasi masalah ini. Potong mentimun yang masih segar dan sudah dibersihkan. Lalu tempelkan pada area kulit kering di sekitar bibir. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimalnya.

Teh Hijau

Teh hijau dikenal cukup tinggi antioksidan. Teh hijau ternyata juga bisa dijadikan masker alami pada kulit kering di sekitar bibir. Kandungan polifenolnya mengurangi inflamasi dan membantu melembutkan kulit yang kering.

Jadi memang masalah iritasi dan ruam merah karena kulit kering bisa dengan mudah teratasi. Bisa dengan mengonsumsinya secara langsung. Bisa juga dengan menempelkan ampas teh hijau pada kulit kering di sekitar bibir. Untuk hasil maksimalnya lebih baik terapkan saja secara langsung.

 

6 dari 7 halaman

Penyebab Kulit Kering di Sekitar Bibir

Dermatitis Perioral

American Osteopathic College of Dermatology (AOCD) mengatakan, dermatitis perioral biasanya menunjukkan gejala berupa ruam merah dan bersisik atau bergelombang. Terkadang, kondisi ini disertai rasa gatal ringan atau sensasi seperti terbakar.

Ruam dermatitis perioral ini bisa menyebar hingga ke kulit sekitar mata (dermatitis periorificial). Dan masalah kulit ini lebih sering menyerang wanita dewasa ketimbang pria ataupun anak-anak. Durasinya pun terbilang lama, dermatitis tersebut bisa bertahan beberapa bulan bahkan bertahun-tahun!

Eksim

Eksim yang dalam istilah medisnya disebut dermatitis atopik merupakan suatu kelainan kulit yang ditandai dengan ruam kemerahan yang gatal. Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, eksim dapat hilang dan timbul kapan saja.

“Pada bayi dan anak, pencetus eksim yang utama adalah alergi makanan. Tak heran jika eksim banyak diderita oleh anak yang memiliki riwayat alergi dalam keluarganya. Eksim dapat ditemukan pada lipat siku dan lipat lutut anak. Pada bayi, eksim umumnya timbul di wajah, terutama kedua pipi (sekitar bibir),” jelasnya. 

7 dari 7 halaman

Penyebab Kulit Kering di Sekitar Bibir

Dermatitis Kontak Alergi

Penyebab lain yang mungkin terjadi adalah dermatitis kontak alergi. Reaksi alergi kulit ini menyebabkan ruam merah dan gatal pada kulit. Adapun pemicu alergi atau alergen yang paling mungkin bisa membuat kulit di sekitar bibir kering adalah produk skin care, seperti krim atau pembersih.

Dermatitis Kontak Iritan

Satu lagi faktor yang mungkin jadi penyebab kulit di sekitar bibir kering, yaitu dermatitis kontak iritan. Ini terjadi ketika kulit Anda terpapar zat-zat keras dan mengiritasi kulit. 

Adapun gejala yang ditimbulkan, meliputi ruam merah, kering dan bersisik, lecet, dan seperti ada sensasi terbakar. Jika Anda punya kebiasaan menjilat bibir terlalu sering, berhati-hatilah. Sebab, risiko untuk mengalami dermatitis kontak iritan akan semakin tinggi.