Sukses

6 Danau Ubur-Ubur di Indonesia, Eksotis dan Tidak Berbahaya

Liputan6.com, Jakarta Pernahkan Anda membayangkan untuk berenang bersama ubur-ubur? Mungkin hal tersebut bisa jadi malah salah satu hal yang Anda hindari karena banyaknya berita tentang wisatawan yang berkunjung ke pantai dan terkena sengatan ubur-ubur. Meski demikian, makhluk indah ini sebenarnya memiliki banyak jenis, dan ada pula yang tidak berbahaya.

Bernang bersama ubur-ubur menjadi salah satu daya tarik dari Danau di Palau, sebuah negara tropis di kepulauan Samudera Pasifik. Danau ini terkenal dengan airnya yang asin dan merupakan danau ubur-ubur yang tidak menyengat. Sehingga banyak wisatawan mancanegara yang berbondong-bondong untuk mengunjungi danau ini.

Berikut ini merupakan danau ubur-ubur tanpa sengat yang bisa Anda kunjungi di Indonesia tanpa harus jauh-jauh ke Palau. Dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (8/10/2020).

2 dari 7 halaman

1. Danau Ubur-Ubur Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan

Salah satu destinasi untuk berenang di danau ubur-ubur yang paling populer di Indonesia adalah di Pulau Kakaban, Kepualauan Derawan, Kalimantan Timur. Pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan jika Anda mengunjungi Kepulauan Derawan.

Di danau ini terdapat empat spesies ubur-ubur yang bisa diajak berenang bersama oleh wisatawan, yakni ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik. Kabar baiknya adalah keempat spesies tersebut sangat aman dan tidak menyengat jika tersentuh.

3 dari 7 halaman

2. Danau Lenmakana, Raja Ampat

Bagi Anda yang gemar traveling, pasti sudah tak asing lagi dengan Kepulauan Raja Ampat. Di tempat ini wisata pantai dan divingnya sangat terkenal akan keindahannya. Jika berkunjung kesini, maka Anda juga wajib untuk mengunjungi Danau Lenmakana yang terletak di sekitar kawasan Karawapop, Raja Ampat. 

Jika dibandingkan dengan Derawan, ubur-ubur di sini jumlahnya lebih banyak karena tempatnya sedikit tersembunyi dan masih sangat sepi kunjungan wisatawan. Namun, bagi orang-orang yang pernah berkunjung kesini, banyak yang menggambarkan bahwa sensasinya bak memasuki ladang ubur-ubur Bikini Bottom di kartun Spongebob.

Selain itu, untuk menjaga lingkungan, wisatawan yang hendak snorkeling tidak diperbolehkan menggunakan bahan kimia seperti tabir surya atau produk sejenisnya agar tidak menyakiti ubur-ubur.

4 dari 7 halaman

3. Danau Karawapop, Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat memang dikenal dengan wisata alamnya yang eksotis. Ternyata selain di Danau Lenmakana, masih ada danau Karawapop yang memiliki wisata danau ubur-ubur. 

Danau Karawapop ini ada di Pulau Misool. Pulau yang kini tengah naik daun di Raja Ampat. Di Pulau ini sebenarnya masih ada banyak danau air asin yang memiliki ubur-ubur. Namun hanya beberapa saja yang dibuka dan boleh dieskplorasi oleh wisatawan. 

Untuk menikmati wisata alam di Karawapop, dibutuhkan perjuangan yang cukup menguras tenaga. Untuk mengunjungi danau ini, pertama anda harus terbang ke Sorong, Papua, kemudian dilanjutkan dengan menyeberang ke Pulau Misool dengan kapal speedboat. Setelahnya masih harus dilanjutkan dengan trekking yang cukup panjang hingga akhirnya bisa menacpai Karawapop.

5 dari 7 halaman

4. Danau Mariona, Taman Nasional Togean

Selain di Papua dan di Kalimantan, ternyata di Taman Nasional Togean yang ada di Sulawesi Tengah juga memiliki wisata danau ubur-ubur tanpa sengat. Hewan lucu yang mirip agar-agar itu bisa ditemukan di Danau Mariona yang terletak di Katupat.

Di Danau Mariona ini, terdapat ubur-ubur dengan spesies yang beraneka ragam. Ada yang berwarna oranye, kemerahan, bersemu ungu, hingga putih transparan. Ubur-ubur ini juga cukup ramah kepada manusia sebab mereka tak terbiasa bertemu predator. Banyak warganet yang melakukan selfie di danau ini. Namun para pengunjung disarankan untuk tidak menyentuh ubur-ubur tersebut karena mereka merupakan hewan yang rapuh.

6 dari 7 halaman

5. Danau Haji Buang, Pulau Maratua

Selain Pulau Kakaban, sebenarnya Kepulauan Derawan masih menyimpan banyak tempat indah yang belum di eksplor oleh wisatawan. Salah satunya adalah Danau Haji Buang di Pulau Maratua. 

Danau Haji Buang ini juga kerap disebut sebagai kembaran dari danau ubur-ubur Pulau Kakaban. Di danau ini masih asing dari telinga wisatawan sehingga wisata alamnya pun masih sangat alami. Namun sayangnya, akses ke Danau Haji Buang masih sulit.

7 dari 7 halaman

6. Danau Ubur-Ubur Mangiatan, Taman Nasional Pulau Komodo

Flores, Nusa tenggara Timur memang sudah dikenal dengan wisata baharinya, namun tahukah Anda jika ada wisata danau ubur-ubur di Pulau Mangiatan? Tak kalah dengan danau ubur-ubur yang disebutkan di atas, di Pulau Mangiatan juga memiliki daya tarik yang luar biasa.

Pulau Sembilan memiliki nama resmi Mangiatan, namun disebut demikian karena bentuknya menyerupai angka sembilan jika dilihat dari ketinggian. Tepat di tengah lingkaran yang membentuk angka sembilan adalah sebuah danau yang dihuni ubur-ubur biru. Ubur-Ubur dengan ujung tentakel berwarna biru tua ini tidak menyengat bila disentuh. Karena danaunya relatif kecil dan jumlah ubur-ubur yang sangat banyak, wisatawan tidak akan kesulitan jika ingin foto di bawah air bersama mereka.