Sukses

7 Cara Mengatasi Lidah Melepuh Akibat Makanan Panas, Gunakan Bahan Alami

Cara mengatasi lidah melepuh akibat makan panas bisa menggunakan bahan alami dan makanan sehat.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi lidah melepuh akibat makanan panas perlu diperhatikan. Kondisi ini biasanya terjadi saat kamu terburu-buru melahap makanan atau menyeruput minuman panas, sehingga lidah akan terasa seperti terbakar bahkan bisa berujung pada kondisi melepuh. 

Pada kondisi ini lidah mendadak mati rasa dan semua makanan terasa hambar, bahkan lidah menjadi kasar. Selain itu, rasa perih yang muncul di lidah juga dapat mengganggu proses makan. Oleh karena itu, kamu harus segera mengatasinya.

Cara mengatasi lidah melepuh akibat makan panas bisa menggunakan bahan alami dan makanan sehat. Kamu bisa menggunakan es batu, yoghurt, madu, hingga lidah buaya untuk menghilangkan sensasi terbakar hingga mengatasi lidah melepuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/10/2020) tentang cara mengatasi lidah melepuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Es Batu dan Yoghurt

Es Batu

Cara mengatasi lidah melepuh akibat makanan panas yang pertama adalah dengan es batu. Kamu bisa menempatkan es batu di bagian lidah yang terkena makanan atau minuman panas. Selain itu, kamu juga bisa mengulum es batu di dalam mulut hingga meleleh.

Walaupun hanya bersifat sementara, sensasi dingin yang dihasilkan oleh es batu dapat membantu menghilangkan rasa perih dan panas pada lidah yang melepuh.

Yoghurt

Yoghurt kaya akan antioksidan dan vitamin B5 akan bekerja cepat memberikan efek pendinginan pada lidah terbakar dan mempercepat proses penyembuhan. Cara mengatasi lidah melepuh akibat makanan panas ini bisa dengan menggunakan yoghurt tanpa rasa.

Olahan susu ini mampu menghilangkan panas dari lidah yang terbakar dan membantu meredakan rasa sakit dan perih. Jenis yoghurt yang paling efektif untuk meredakan iritasi pada lidah adalah greek yoghurt, yang memiliki tekstur kental dan dapat melapisi permukaan lidah secara efektif.

3 dari 4 halaman

Madu dan Air Garam

Madu

Madu dikenal bersifat anti-inflamasi, anti-oksidan dan anti-jamur, yang mana akan memberikan efek menenangkan lidah terbakar dengan cepat. Kandungan anti bakterinya mampu mencegah timbulnya infeksi pada jaringan yang rusak. Sedangkan sifat anti inflamasi pada madu mampu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang terjadi akibat melepuhnya lidah, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan.

Cara mengatasi lidah melepuh akibat makanan panas ini mudah saja, kamu tinggal Lumuri lidah dengan satu sendok madu dan biarkan selama beberapa saat sebelum menelannya. Ulangi dalam dua hingga tiga kali sehari sampai lidah sembuh.

Air Garam

Cara mengatasi lidah melepuh akibat makanan panas selanjutnya adalah menggunakan air garam. Hal ini berkat kandungan anti bakteri yang terdapat dalam air garam, yang dapat membantu mencegah terjadinya infeksi pada mulut dan rusaknya jaringan lidah.

Cara menggunakannya mudah saja, cukup campurkan setengah sendok garam dengan segelas air hangat dan kumur selama kurang lebih 30 detik. Lakukan selama beberapa hari hingga rasa perih pada lidah berkurang dan sembuh.

4 dari 4 halaman

Lidah Buaya, Susu Dingin, dan Pasta Gigi

Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi ldiah melepuh akibat makanan panas. Hal ini berkaitan dengan kandungan gel dari lidah buaya yang berfungsi untuk menenangkan dan mengobati iritasi pada lidah.

Cukup dengan mengoleskan air dari lidah buaya pada permukaan lidah yang melepuh menggunakan cotton bud, hal ini dapat membantu mempercepat proses pemulihannya.

Susu Dingin

Cara mengatasi lidah melepuh akibat makanan panas selanjutnya adalah minum susu. Meminum susu dapat melapisi dan menenangkan lidah yang terbakar. Bila perlu, pilihlah susu yang dingin. Hal ini karena cairan dingin di mulut akan membantu menghilangkan rasa panas di jaringan yang terbakar dan mengurangi peradangan.

Jika tak sempat mengambil susu dingin, segera ambil air dingin dan kumurlah. Hal ini membantu cepat meredakan rasa sakit pada lidah terbakar.

Pasta Gigi Mint

Cara mengatasi lidah melepuh akibat makanan panas berikutnya adalah menggunakan pasta gigi mint. Mengambil sejumput pasta gigi mint lalu mengoleskannya di atas area yang terbakar dipercaya memberikan efek pendinginan. Biarkan hingga kering dan kemudian bilas dengan air dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini